9 Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Asam Lambung





Gejala asam lambung merupakan salah satu kondisi yang bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini biasanya ditandai dengan sensasi terbakar (mulas), sakit pada perut atau ulu hati sebagai akibat asam yang berlebihan di lambung kita. Karena itulah bagi mereka yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya memperhatikan makanannya.

Lalu bagaimana dengan nasi? Sebenarnya nasi masih bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung tetapi jika dengan memakan nasi menyebabkan nyeri maka sebaiknya mencari makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung misalnya oatmeal, kentang, singkong, dan jenis karbohidrat lainnya.

Saat asam lambung sedang melonjak naik, maka tidak semua karbohidrat bisa dikonsumsi. Hal tersebut bertujuan agar tidak semakin mengiritasi dinding lambung yang menyebabkan penderita merasa nyeri seperti terbakar pada ulu hati.
 

9 Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Asam Lambung

Bagi mereka yang memiliki penyakit asam lambung dan ingin mengganti sumber karbohidrat mereka selain dari nasi, berikut beberapa pilihan makanan pengganti yang bisa dikonsumsi:

1. Jagung


Sama-sama memiliki kandungan karbohidrat, tetapi jagung berbeda dengan nasi karena jagung memiliki berbagai macam nutrisi yang tidak dimiliki oleh nasi yakni fosfor, magnesium, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B9, dan serat.
 

2. Jelai


Jelai atau disebut juga dengan barley mengandung tinggi karbohidrat dan hampir menyamai nasi. Maka dari itu, jelai bisa dijadikan salah satu alternatif pengganti nasi. Zat beta-glucan yang terkandung di dalamnya sangat optimal untuk mengurangi kolesterol jahat.

3. Kentang

Kentang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalium, protein, zat besi, omega 3, dan vitamin B6. Kentang yang sudah direbus atau dikukus merupakan salah satu makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung karena sifatnya lunak.

4. Labu

Labu termasuk jenis sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena kadar keasamannya netral.

5. Oatmeal

Serat yang ada pada oatmeal mampu menyerap asam lambung berlebih sehingga bisa meredakan penyakit tersebut.

6. Pisang

Kandungan pH sekitar 5,6 yang terdapat pada pisang menjadikan buah ini baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena sifatnya yang menenangkan. Buah ini tergolong jenis non sitrus yang bisa membantu mendorong makanan dan menurunkan asam lambung

7. Sagu

Makanan tidak hanya cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung, tetapi juga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes karena memiliki kandungan karhohidrat tinggi dengan indesk glikemik rendah.

8. Singkong

Kandungan gizi yang dimiliki singkong hampir mirip seperti kentang. Oleh sebab itu, singkong cocok dikonsumsi penderita asam lambung sebagai pengganti nasi.

9. Ubi Jalar

Keberadaan ubi jalar sangat populer di kalangan para vegan sebagai pengganti nasi karena umbi ini kaya akan serat dan memiliki berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, beta-karoten, serta tanpa lemak. Ubi jalar memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah sehingga baik untuk digunakan sebagai pengganti nasi.


Aturan Makan untuk Penderita Asam Lambung


Pola makan yang sehat merupakan salah satu cara efektif untuk meredakan penyakit asam lambung. Ikuti beberapa pola makan berikut agar penyakit asam lambung tak mengganggu aktivitas sehari-hari.

1. Makan Dalam Porsi Kecil Tetapi Sering

Sering makan dalam porsi besar menyebabkan produksi asam lambung meningkat sebab asam lambung diperlukan untuk proses pencernaan. Jika asam lambung selalu meningkat, maka dinding lambung rentan terkena iritasi. Dengan makan makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung dalam jumlah kecil akan mengurangi produksi asam lambung yang berlebih.

2. Tidak Makan sebelum Tidur

Usahakan untuk makan tiga jam sebelum tidur untuk mencegah terjadinya refluks asam atau naiknya asam lambung.

3. Mengubah Cara Mengolah Makanan

Cara mengolah makanan yang baik adalah dengan mengukus, merebus, atau memanggang. Memasak makanan dengan digoreng bisa memicu terjadinya refluks asam.

4. Menghindari Berbagai Jenis Makanan yang Bisa Mengiritasi Lambung

Beberapa jenis makanan yang bisa menjadi iritan pada dinding lambung diantaranya sebagai berikut:

  • Minuman beralkohol
  • Kopi atau minuman berkafein
  • Produk susu
  • Daging berlemak tinggi
  • Makanan pedas, asin, dan asam
  • Cokelat.
Jangan biarkan asam lambung mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari. Selain mengkonsumsi berbagai makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung, ada baiknya menghindari segala jenis makanan yang bisa memicu kambuhnya asam lambung.

Jika sudah bosan dengan bahan pangan yang begitu-begitu saja, maka kita bisa menggunakan Nutriflakes sebagai pengganti menu. Sereal sehat ini bisa menjadi menu sarapan dan makan malam yang mengenyangkan dan tentu saja menyehatkan.


Post a Comment

Previous Post Next Post