Cerita Nasi Berbau di Magic Com dan Penyebabnya

nasi berbau di magic com
pixabay

Pagi itu, seperti biasa saya menyiapkan menu sarapan untuk suami dan anak-anak. Berhubung hari libur, biasanya saya memasak menu sarapan ini agak lebih santai dibanding hari kerja yang mengharuskan saya memasak dari subuh hari untuk bekal makan siang di kantor. Menu sarapan juga biasanya yang ringan-ringan saja seperti nasi goreng, telur dadar atau bahkan menu sisa malam sebelumnya. 

Setelah selesai menggoreng ikan dan menatanya di piring, saya membuka magic com yang saya gunakan untuk menanak nasi di malam sebelumnya. Alangkah terkejutnya saya ketika tutup magic com terbuka, tercium bau tak enak dan nasi yang ada di dalamnya ternyata sudah lembek atau kalau bahasa Banjarnya "banyai."

"Astaga. Ini nasi baru 8 jam kok sudah bau dan benyek? Nyebelin banget nih magic com," omel saya begitu mendapati kondisi nasi yang tak layak lagi untuk dimakan tersebut. Karena sudah terlanjur menyiapkan menu, akhirnya suami dan anak-anak hanya makan lauk dan pelengkapnya saja tanpa nasi. Saya sendiri kemudian memutuskan untuk memasak nasi di kompor gas saja untuk makan siang kami.

Persoalan nasi yang bau dalam magic com ini sebenarnya bukan hal baru. Sejak beberapa bulan terakhir magic com yang saya beli kurang lebih 2 tahun lalu itu mulai berulah. Nasi yang saya masak tak pernah berumur panjang. Belum genap 24 jam nasinya sudah berbau dan tak enak dimakan. Padahal sebelum memasak nasi, baik wadah maupun lubang uap di magic com tersebut sudah dibersihkan tapi tetap saja nasinya berbau setelah 12 jam. Bahkan saya tak bisa sembarangan memasukkan kembali nasi yang sudah dikeluarkan dari magic com karena beberapa jam kemudian nasi tersebut malah jadi bau.

Kesal dengan kejadian nasi berbau di magic com ini, saya pun menuliskan pertanyaan tentang rekomendasi magic com yang nggak bikin nasi berbau di instagram. Beberapa teman di Instagram memberikan jawaban produk yang digunakan ada juga yang memberikan saran untuk menghindari bau yang muncul pada nasi di magic com. Berikut adalah beberapa saran yang diberikan teman-teman saya tersebut:

  1. Matikan magic com di malam hari. Jadi magic com hanya dinyalakan di siang hari sementara malam tidak perlu dinyalakan
  2. Aduk nasi yang sudah tanak, setengah jam kemudian matikan magic com. Saat pagi nyalakan lagi magic com setengah jam lalu matikan lagi
  3. Rendam dulu beras sebelum dimasak lalu tambahkan perasan jeruk nipis saat dimasak

Sebelum memutuskan apakah akan membeli magic com baru atau mempertahankan yang ada, saya akan mencoba tips-tips yang diberikan teman-teman saya tersebut. Semoga saja ada yang cukup manjur mengatasi masalah nasi berbau di magic com ini.

Penyebab nasi di magic com berrbau

Sebagai salah satu perangkat elektronik yang bagi sebagian orang wajib dimiliki di dapur, magic com memang biasanya bermasalah pada bau tak enak yang muncul dari nasi setelah beberapa waktu. Tak peduli apakah itu magic com merk mahal atau murah, biasanya di waktu tertentu akan muncul masalah seperti ini. 

Ada beberapa faktor yang bisa membuat nasi di magic com jadi berbau tak enak setelah beberapa jam. Berdasarkan beberapa informasi yang saya dapat di internet, berikut adalah beberapa hal yang bisa membuat nasi yang dimasak di magic com menjadi bau, yakni:

Faktor wadah yang sudah tidak bagus

Ada beberapa jenis wadah yang digunakan pada magic com. Ada yang terbuat dari teflon dan juga stainless steel. Wadah magic com yang terbuat dari teflon memiliki fungsi menyerap bau yang ada pada nasi. Namun karena lapisan teflon ini biasanya rentan mengelupas maka bisa jadi mempengaruhi kualitas nasi yang dimasak sehingga cepat berbau.

Nasi tercampur dengan nasi sisa

Penyebab berikutnya dari nasi yang berbau pada magic com bisa berasal dari wadah yang tidak dicuci dengan bersih saat akan digunakan. Kadang kala saat membersihkan wadah magic com masih ada sisa kerak nasi yang sulit dibersihkan. Sisa kerak nasi ini bisa membuat nasi yang dimasak menjadi bau. Selain itu, nasi di magic com juga bisa berbau karena kita mencampurkan nasi yang terdahulu dengan nasi yang baru. Hal ini terjadi pada magic com saya.
 

Lubang pembuang uap tidak rutin dibersihkan 

Pada peralatan magic com terdapat sebuah lubang untuk membuang uap dari nasi yang dimasak. Ada kalanya lubang tersebut tidak dibersihkan dengan baik sehingga mengurangi kemampuannya mengeluarkan uap dari magic com. Hal ini secara tidak langsung juga akan membuat nasi jadi cepat berbau. 
 

Faktor listrik yang tidak stabil

Faktor listrik yang tidak stabil mungkin juga bisa menjadi penyebab nasi di magic com cepat berbau. Di malam hari, biasanya merupakan jam di mana listrik mengalami beban puncak. Pada saat jam beban puncak ini bisa membuat listrik tidak stabil dan tegangan listrik menjadi turun. Saat tegangan listrik turun, heater atau pemanas di magic com kehilangan kemampuannya untuk menghasilkan panas yang maksimal. Heater kemudian akan menyala lebih lama untuk menghasilkan panas yang maksimum dan bisa jadi ini malah membuat nasi jadi cepat bau. Karena itulah kita disarankan untuk mematikan magic com di malam hari.

Demikian sedikit cerita saya tentang magic com di rumah yang nasinya berbau. Buat teman-teman yang mungkin punya pengalaman yang sama yuk bagi juga cerita kalian dalam mengatasi nasi yang berbau ini.

37 Comments

  1. Bener mbak, perkara nasi bau ini uda berapa kali ganti magic com beda2 sebabnya

    ReplyDelete
  2. Aku selama ini mikirnya Krn rice cookernya yg bermasalah juga mba. Sebelumnya kan aku pernah pake rice cooker merk luar dan itu bertahan Ampe 7 THN tetep bagus nasi yg di masak. Ga cepet bau. Trus Krn tombolnya rusak, padahal semuanya msh berfungsi, aku JD mikir ganti. Eh si suami beli merk lokal. Sejak itu tuh nasi JD cepet Baum makanya aku pikir ini salah rice cooker kali yaaa. Cuma aku msh ttp mau pake, Krn sayang aja baru beli.

    Jadinya cara yg aku pake palingan, masak nasi ga pernah banyak. Utk sekali makan dulu. Trus malamnya masak lagi 😁. Boros listrik memang. Tapi drpd nasi yg kebuang.

    Cuma ntr cara yg pake jeruk nipis mau aku coba deh. Ada yg bilang memang ampuh. Asam jeruk membuat bakteri penyebab basi nya ga bisa berkembang

    ReplyDelete
  3. aku rutin dibersihkan semua bagiannya, dan magic comnya gak dinyalakan terus , setelah makan dimatikan dan mau makan sekitar sejam sebelumnya dinyalakan, malam dimatikan. alhamdulilah gak pernah bau

    ReplyDelete
  4. Beneran ini problem sejuta emak deh kayaknyaaa
    Aku juga gt.
    Ntar aku mau praktekin tips2nya mba

    Makasih yaakk

    ReplyDelete
  5. Kalau saya selalu mematikan magic com setelah nasi matang mom soalnya ya bau kalau terlalu lama dipanaskan. Saya juga mengaduk nasi yang udah matang biar pulen gitu lho hehe..

    ReplyDelete
  6. Lubang uap itu sih sering bikin masalah dan emang harus rutin bersihin ya. Saya juga membiasakan nggak nyalain rice cooker terus, soalnya bener tuh cepet bau nasinya terus besoknya antara jadi benyek atau malah kering kerontang tu nasi jadi kerak. Haha..

    ReplyDelete
  7. nah..tips yg ketiga yaitu menambahkan jeruk nipis nih yg blm kucoba, karena kami pun seringkali mengalami hal yg sama. terima kadij tips dan infonya ya mba..mau dicoba dulu ah sblm buru2 cari magicom baru hehe..

    ReplyDelete
  8. Aku selalu mencampur nasi sisa, cuma aku taruh di bagian atas nasi baru. Selama ini gak masalah, gak pernah bau. Dulu ada mitos kalo masak nasi jadi bau katanya ada yang sakit di keluarga kita. Nah soap masak nasi dikasih jeruk nipis, aku juga sesekali kasih tapi kalo ingat sih

    ReplyDelete
  9. Ohiya lubang pembuang uap tu kadang bisa jadi masalah juga ya mbak. Aku pernah ngalamin juga setelah dibersihkan nasi jd ga bau lagi

    ReplyDelete
  10. Wah makasih tipsnya, mbaak. Aku selama ini jarang ngaduk nasi di magic com setelah matang. Padahal ada manfaatnya ya ternyata. Kalau soal bersih, rutin sih. Tutupnya juga selalu aku cuci kalau udah kotor dikit. Soalnya gak betah aja lihat kalau kotor. Apalagi pas masak nasmer gitu kan bisa kemana2 tuh nodanya.
    Jadi harus rajin dicuci

    ReplyDelete
  11. Memang penting banget menakar sesuai porsi harian dan ga bersisa gini. Aku juga sula kesal sendiri kalau cepat bau nasinya

    ReplyDelete
  12. Saya baru tahu kalau listrik yang tidak stabil bisa menyebabkan nasi bau. Kalau begini, cara mengatasinya bagaimana ya? 🤔

    ReplyDelete
  13. Woah ternyata wadah dan listrik yang tidak stabil bikin nasi di magicom jadi cepet bau ya. Pantesan, aku punya 2 magicom, yang lama memang sering bermasalah bikin nasi cepet basi, maklumlah magicom warisan turun temurun wkwk. Terimakasih sharingnya..

    ReplyDelete
  14. Eyang saya dari dulu sampai sekarang selalu menambahkan perasan jeruk nipis sebelum memasak nasi, dan ibu saya selalu mengingatkan untuk mengaduk nasi setelah nasi tanak, dan hasilnya memang nasi lebih awet dan terasa enak
    Untuk mematikan magic com di malam hari, sepertinya bisa dicoba juga nih, mengurangi penggunaan listrik juga sih
    Terima kasih untuk tips2 nya

    ReplyDelete
  15. Dewi klo malam selalu cabut magic com, alhamdulillah nasi sudah aman tdk bau. Tapi pernah kejadian bau lagi. Baca ulasan mbak Ayana ternyata rasanya krn listrik yg tidak stabil krn sempat mati lampu saat itu. Terima kasih infonya ya mbak

    ReplyDelete
  16. Oooooh kayaknya aku suka kurang rajin membersihkan wadah pembuang uap pada magic com deh. Pantesan aja suka bau nih nasi akuh. Oh gitu ya malam2 dicabut aja colokan listriknya? Kok khawatir basi ga ya nasinya? Aku dulu pakaikan jeruk nipis peras saat masak nasi. Nanti aku coba lagi deh, TFS mbak.

    ReplyDelete
  17. Asli sebel banget deh nasi bau karena masak di magic com. Akhirnya saya ganti magic com baru. Hahahaha

    Udah coba dibersihkan, sampai coba masak nasi yang bagus, tetep aja bau.

    Jadi ya, ganti baru aja deh.

    Btw, kalau malam gak dicabut ru colokannya, kalaupun naso gak bai, pasti keras dsn kering.

    ReplyDelete
  18. Aku juga pernah kaya gini, mana lagi laper banget pas buka magic com kena zonk. Tambah mules deh rasanya. Iya bener, abis mateng harus langsung diaduk. AKu juga sekarang kalau udah matang langsung lepas colokannya sih.

    ReplyDelete
  19. Aku pernah mengalami hal yang Mbak Antung alami di rice cooker ku sebelum yang sekarang. 3 tahun pakai aman, tapi pas di tahun 3 akhir baru masalah. Setelah kuperiksa ternyata bagian dalam panci nya udah ada yang rusak. Lapisannya kayak mengelupas. Langsung aku ganti baru, pakai rice cooker yang pancinya menggunakan lapisan Bakuhanseki. Hasilnya? nasiku pernah 2 hari dalam rice cooker mode penghangat, ga ada bau sama sekali. Listrik nya nyala ga dicabut-cabut. 3 rice cooker sebelumnya (sebelum yang bermasalah itu) ga pernah sampe bau sih nasinya. Tapi ga sehebat panci rice cooker yang sekarang. Bener2 aman. Ga lengket. Mudah dibersihkan. Disiram bentar pakai air udah bisa dibersihkan pakai spon lembut.

    ReplyDelete
  20. Wah aku kadang mencampurkannya dengan yang sebelumnya, ternyata itu bisa menyebabkan bau yaaa.. Wah harus dikurangin nih hal seperti ini, baru tau banget sekarang..

    ReplyDelete
  21. Dulu awal-awal punya magicom, aku bikin nasi sering gitu. Bau dan benyek. Tapi sejak diaduk saat sudah matang dan dimatiin saat semua orang sudah makan, terus diangetin lagi saat pada mau makan, Alhamdulillah, aman nasinya. Gak pernah nyisa kecuali yang kering-keringnya aja.

    ReplyDelete
  22. memang kuncinya harus rajin membersihkan magic com ya mba supaya gak meninggalkan bau tak sedap

    ReplyDelete
  23. Paling sebel emang kalo nasi bau dan tiba tiba berair, hicks. Aku pernah dan bikin bt banget, mau nggak mau nasinya dibuang padahal masih banyak. Makasih mbak tipsnya

    ReplyDelete
  24. Memang harus rajin bersihin magic com ya mbak, soalnya pernah juga aku mengalami ini, nasi baunya ngak enak plus cepat basi, ternyata teflon udah bermasalah dan lubang pembuangan lupa aku bersihkan, sejak itu aku rutin periksa2 dan bersih-bersih biar ngak ada masalah lagi, mana nasinya lumayan banyak lagi, terpaksa dibuang karena baunya udah ngak enak.

    ReplyDelete
  25. Terimakasih informasinya Mak. Saya malah tidak pernah membiarkan rice cooker menyala lama. Saya ingat pepatah majikan waktu kerja di Taiwan, jadi mereka kan makan nasi itu sedikit gak kaya kita di Indonesia satu piring masih kurang. Masak nasi sekali untuk makan habis
    Mereka tahunya nasi dihangatkan terus menerus dalam rice cooker itu tidak bagus untuk kesehatan. Akhirnya saya terbiasa sampai berumah tangga sekarang masak nasi untuk bertiga sehari tiga kali makan paling satu liter. Setelah matang, nasi diangkat dan didinginkan. Makan itu aja sampai malam. Besok baru masak lagi.

    ReplyDelete
  26. Dulu di rumah Kami sering banget mengalami nasi berbau di magic com. 0 padahal baru satu hari. Otak-atik tidak juga menyelesaikan solusi akhirnya ganti brand. Oh ya salah satu sebab juga nasi cepat bau adalah beras. Beras lama yang terlalu lama disimpan di gudang Bulog biasanya kalau dimasak cepat banget baunya

    ReplyDelete
  27. Kalau di rumahku pemanas nasi gak pernah nyolok lama, aku colokin setengah jam pas mau makan aja. Trus sisa nasi sebelumnya kumasukin kotak, masuk kulkas buat dibikin nasgor esok hari hehe.
    Kalau berbau terus2an emang sebaiknya ganti aja magic com-nya, udah waktunya beli baru xixixi
    Wah aku baru tau tips nasi direndam jeruk nipis, baunya jd lebih enak gitu ya?

    ReplyDelete
  28. Saya pernah alami juga Mbak, faktor beras juga bisa sepertinya. Jadi waktu itu beli beras, saya baru perhatikan pas di rumah seperti udah lama gitu. Padahal bukan yang jelek kualitasnya. Beneran, nasi jadi cepet basi. Akhirnya, sampai si beras habis saya masak dikit kayak buat sekali makan aja

    ReplyDelete
  29. Wah aku pernah mengalaminya mbak
    Nasi jadi berbau saat di magic com
    Mau coba terapi tips ini ah

    ReplyDelete
  30. Noted nih Mak. Aku pernah ngalamin nasi di magic com bau, kupikir ya magic com nya rusak dan kuservice deh. Baru tahu penyebab dan tipsnya nih..

    ReplyDelete
  31. Kalau aku tipe yang masak nasi untuk sekali makan, jadi nasi tuh di rumahku jarang nginep. Tapi biasanya kalau sudah matang langsunv ku aduk dulu.

    ReplyDelete
  32. Kalau tips dari mertuaku, kalau pas magic com nya dimatikan, di atas panci nanak nasi, sebelum ditutup, dikasih serbet dulu.. agar air saat magic com dimatikan gak turun ke bawah dan menjadi benyek.

    Aku termasuk jarang matikan magic com karena huhuu...kalau anakku suka makan sewaktu-waktu, inginnya makan nasi hangat yang manis dan pulen.

    ReplyDelete
  33. Makasih tipsnya mbak, saya pernah mengalaminya nih. Terus heran, kok belum ada sehari, nasinya udah bau aja. Hiks. Akhirnya kami putuskan untuk masak yang langsung mau dimakan aja, jadi emang masaknya gak banyak. Mikirnya ya biar nasinya gak kelamaan di magic com.

    ReplyDelete
  34. Iya tetangga juga mengalami ganti berapa kali rice cooker tetap nasinya bau ternyata bisa juga penyebabnya yang dirimu sebutkan di atas ya jadi mending diaduk dulu pas nasinya tanak ya

    ReplyDelete
  35. Nah iya nih mbak Antung, pengalaman aku - sesudah menggosok teflon akhirnya nasi berbau tak sedap :(

    waktu belum beli rice cooker lagi terpaksa gunakan dandang besi jadoel!

    ReplyDelete
  36. Alamdulilah sampai magic com rusak belum mengalami nasi bau. Yang sering kejadian seperti ini tuh mamaku mba. Kalu udah gitu solusinya ya beli magic com baru, hehe

    ReplyDelete
  37. alhamdulillah bisa diatasi ya mak masalahnya. beli baru mak hihihi. Magic com ku sementara ini masih oke nih mak. Sekarang juga banyak pilihan magic com baru yang bagus nih fiturnya.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post