Novel-novel Bertema Parfum

 


Dalam salah satu adegan di web series yang lagi booming Layangan Putus, diperlihatkan bagaimana Kinan yang mulai curiga pada Aris karena mencium wangi parfum wanita di pakaian kerja suaminya itu. Kinan pun mengecek semua koleksi parfum yang ada di rumah mereka dan sayangnya tak menemukan wangi yang sama dengan yang ditemukannya. Dari sinilah kemudian muncul kecurigaan Kinan akan perselingkuhan Aris.

Sebagai salah satu produk wewangian, parfum memang kadang bisa menjadi salah satu benda yang mengungkapkan identitas seseorang. Tak jarang kita mendengar seseorang dikenali hanya dari wangi parfumnya. Apalagi jika seseorang memang memiliki Parfum favorit yang selalu dipakainya dalam keseharian. Indera penciumaan kita akan merekam wangi yang hadir dari tubuh seseorang tersebut dan menyimpannya di otak sehingga saat wangi itu muncul maka sosok seseorang yang muncul.

Ada beberapa jenis wewangian yang bisa dipilih untuk melengkapi penampilan kita. Saat masih remaja dulu, saya mengenal splash Cologne yang digunakan sehari-hari dari berbagai merk salah satunya dari brand Pucelle Indonesia. Bagi mereka yang melewati masa remajanya di tahun 90-an pasti kenal dong ya, dengan brand yang satu ini. Di masa saya SMA dulu, splash cologne Pucelle memiliki kemasan khas berbentuk oval dengan berbagai jenis varian wangi.

Parfum sendiri terbuat dari campuran minyak essential dan senyawa aroma, fiksatif, dan pelarut yang digunakan untuk memberikan bau wangi untuk tubuh manusia, objek atau ruangan. Saat ini, ada banyak pilihan parfum yang bisa dengan mudah kita temukan di pasaran dengan harga yang terjangkau. Mulai dari parfum EDC (Eau de Cologne), EDT (Eau de Toilette) hingga toko-toko yang menjual bibit parfum yang memiliki wangi mirip dengan brand tertentu. 


Novel-novel dengan tema parfum

Bicara soal parfum sendiri, saya jadi ingat 2 novel bertema parfum yang pernah saya baca dalam beberapa tahun terakhir. Novel pertama adalah novel terjemahan dengan setting kota Paris sedangkan novel kedua adalah novel yang ditulis oleh penulis novel Supernova yakni Dewi "Dee" Lestari. Berikut review singkat saya untuk 2 novel bertema parfum tersebut:


Perfume : The Story of a Murderer


 

Perfume : The Story of a Murderer merupakan novel karya penulis Patrick Suskind yang menceritakan seorang pemuda bernama Jean-Baptiste Grenouille yang memiliki penciuman yang sangat tajam. Jean-Baptiste Grenouille merupakan anak yang lahir di sebuah pasar kumuh. Karena ibunya tak menginginkannya maka Jean-Baptiste pun berpindah-pindah pengasuhan hingga akhirnya bekerja di sebuah tempat penyamakan kulit. Penciumannya yang sangat tajam kemudian mengenalkan Jean-Baptiste pada dunia parfum saat ia diminta bekerja di toko parfum Monsieur Baldini, pembuat parfum yang tokonya sering dikunjungi Jean-Baptiste. 

Bekerja di toko pembuatan parfum membuat Jean-Baptiste mulai melakukan berbagai percobaan untuk menemukan wangi parfum yang terbaik. Dengan menggunakan laboratorium milik majikannya, Jean-Baptiste mencampurkan berbagai bahan untuk membuat parfum. Tak hanya tumbuhan, bahkan binatang juga menjadi bahan percobaan Jean-Baptiste yang terobsesi menemukan parfum dengan wangi. Hingga akhirnya, Jean menemukan formula parfum paling wangi yang terbuat dari kulit wanita. 

Untuk bisa menciptakan parfum dari kulit perawan ini, Jean-Baptiste tak segan membunuh para gadis yang berada di lingkungannya. Pada akhirnya tindakan pembunuhan yang dilakukan Jean-Baptiste diketahui dan dirinya pun dijebloskan ke penjara untuk diadili. Namun pada saat dirinya akan dihukum, Jean-Baptiste melakukan sebuah tindakan yang tak diduga. Dia menyiramkan parfum buatannya ke tubuhnya hingga membuat orang-orang yang akan menyaksikan proses eksekusi menjadi kehilangan akal. Jean-Baptiste pada akhirnya bisa lepas dari hukuman pengadilan namun tak berarti ia benar-benar bebas. Dengan parfum yang menempel di tubuhnya membuatnya menjadi korban dari produk buatannya sendiri.

Novel Perfume : The Story of a Murderer ini sendiri sudah difilmkan dengan judul yang sama dan dibintangi oleh Ben Wishaw. Baik novel maupun filmnya menurut saya sama mengesankannya. Tapi untuk endingnya, versi novel lebih memberikan efek merinding pada saya ketimbang filmnya

Aroma Karsa by Dee Lestari



Novel Aroma Karsa merupakan novel karangan Dee Lestari yang diterbitkan pada tahun 2018. Jika Perfumer : The Story of a Murderer bercerita tentang pembunuhan, maka Aroma Karsa bercerita tentang pencarian sebuah bunga sakti yang bisa membuat pemiliknya bisa mengendalikan kehendak orang lain bernama bernama Puspa Karsa.

Adalah Jati Wesi adalah seorang pemuda yang dikaruniai penciuman yang sangat tajam. Sehari-hari dia melakoni berbagai pekerjaan pengurus taman, pegawai pabrik kompos, pegawai tanaman hias dan juga peracik parfum di sebuah toko parfum bernama Attarawala. Berkat indera penciumannya yang sangat tajam ini, Jati Wesi pernah membantu seorang  menemukan mayat suaminya yang terkubur di gunungan sampah di TPA. 

Kemampuan Jati Wesi diketahui oleh Raras Prayagung, seorang wanita pemilik brand parfum Kemara yang terobsesi untuk menemukan bunga sakti bernama Puspa Karsa. Jati Wesi kemudian dipekerjakan di pabrik milik Raras Prayagung. Di sinilah Jati Wesi kemudian bertemu dengan putri angkat Raras yakni Tanaya Suma ternyata juga memiliki indera penciuman yang sama dengan dirinya. 
 
Raras Prayagung sendiri sebenarnya memiliki tujuan lain saat merekrut Jati Wesi menjadi salah satu karyawannya. Dia ingin Jati Wesi bisa ikut dalam ekspedisi pencarian Puspa Karsa ke Gunung Lawu. Dengan penciumannya yang tajam, Raras berharap Jati Wesi mampu menemukan bunga tersebut, tugas ini sebenarnya akan diberikan Raras pada Suma.
 
Dalam perjalanan ekspedisi pencarian Puspa Karsa ini, mulailah terkuak asal usul Jati Wesi dan Tanaya Suma yang ternyata bukan berasal dari dunia yang sama dengan dengan manusia. Baik Jati Wesi dan Tanaya Suma adalah penghuni dunia gaib bernama Dwarapala tempat Puspa Karsa berasal. Inilah yang membuat Jati Wesi dan Tanaya Suma memiliki kelebihan dibanding orang biasa. Berhasilkah ekspedisi kedua yang dilakukan Raras Prayagung ini menemukan Puspa Karsa?

Jujur membaca novel Aroma Karsa karya Dee Lestari ini membuat saya lagi-lagi terkagum-kagum dengan tulisan mbak Dee ini. Layaknya novelnya yang sudah-sudah, Aroma Karsa ditulis dengan sangat apik dan pastinya dengan riset yang lengkap. Lewat novel ini saya jadi mendapat ilmu tentang dunia pembuatan parfum. Jujur saya berharap banget novel ini bisa difilmkan seperti novel Dee Lestari yang lain. Semoga yaa ada yang tertarik bikin filmnya. Hehe.
 
Itulah dia 2 novel bertema parfum yang bisa saya bagikan di tulisan ini. Apakah teman-teman sekalian sudah membacanya?


21 Comments

  1. jadi ingat saya mau beli novel Perfume : The Story of a Murderer, tapi gak jadi

    masih ada di Gramed gak ya?

    Drama Korea berjudul "Perfume" juga ada, berkisah tentang perempuan yang merasa buruk rupa bisa kembali cantik setelah memakai perfume

    ReplyDelete
  2. Yg buku pertama aku udh baca, tapi blm nonton filmnya mba. Setuju siih, bukunya baguuus dan bikin merinding. Aku tuh sampe ngebayangin mba, gila aja kalo bener kulit wanita perawan bisa menghasilkan wangi begitu yaaa ..

    Tapi yg Dee lestari blm nih. Jujur aku agak trauma baca buku Dee, sejak baca Supernova ūü§£ ga mudeng aku. Makanya msh blm bisa baca buku2nya yg lain. Tapi memang si aroma karsa ini banyak direview bagus dan ga sejelimet kayak buku supernovanya. Agak tertarik sih mau beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. aku dulu pas baca supernova juga bingung banget sama bahasanya. hehe. tapi setelah supernova aku sudah bisa menikmati novel-novelnya Dee Lestari ini dan aroma karsa ini keren kalau menurutku

      Delete
    2. aku juga samaan nih sama kak Fanny, buku tentang parfum yang pernah aku baca yang pertama. Perfume : The Story of a Murderer. ini termasuk buku yang bikin aku ngilu juga. buku novel thriller yang serem sih. meski sekarang scene serem kaya gitu udah banyak di novel lain. cuman endingnya emang tragis ya.

      Delete
  3. Yang judulnya Perfume : The Story of a Murderer malah nonton filmya dulu, pengen baca novelnya biar lebih dapet feel. Tapi belum cari2 sampe sekarang��. Nah, novelnya Dee nih aku juga penasaran pengen baca, pasti seru dan sekaligus bikin puyeng bacanya.

    ReplyDelete
  4. Saya punya buku perfume story of murderer tp ga selesai bacanya, entah kenapa ga menikmati cerita pembunuhannya :( atau mgk karena literasi saya yg kurang ya

    ReplyDelete
  5. Aku yg pernah baca cuma yg aroma karsa nya Dee lestari
    Tapi kok penasaran sama parfum story of murderer

    ReplyDelete
  6. Novel Perfume itu jaman aku kuliah. Temenku yang beli bukunya, aku baca sinopsis doang hehee. Dan baru tau ada filmnya ternyata.

    ReplyDelete
  7. Aku hanya pernah nonton film tentang parfume. Parfume yang sampai bikin orang kayak terhipnotis gitu. Mereka nggak sadar apa saja yang mereka lakukan mau itu perbuatan baik atau buruk. Menarik sih filmnya.

    Eh, kok ya ada novel yang bertema parfume. Aku pingin baca yang karyanya Dee Lestari dah ah...

    ReplyDelete
  8. Untuk kedua bukunya, alhamdulillah sudah membaca keduanya.
    Keduanya buku yang bagus, menceritakan berbagai hal perihal masyarakat dan kebudayaan masyarakat, lalu lewat riset juga menawarkan proses dalam pembuatan parfum, termasuk dengan berbagai bahan baku parfumnya. Kedua bukunya menawarkan cerita yang lain dari biasanya, dan sangat page turner, tidak terasa bukunya dibaca terus pun tidak bosan juga

    ReplyDelete
  9. Tulisan karya Dee Lestari ga usah diragukan lagi. Diksinya itu loh. Aku terkesan banget dgn pemilihan kata yang membius otak2ku.

    Yg belum kubaca nih The Story of Murderer. Ide ceritanya gila juga ya. Cuma dari parfum tapi bisa bikin merinding. Kok bisa ya parfumnya bikin orang lain kehilangan akal. Ya bs aja sih. Soalnya banyak bau2an yg bikin kita fly. Jadi penasaran dgn novel dan filmnya nih.

    ReplyDelete
  10. belum ada yang pernah aku baca nih beberapa novel diatas

    penasaran juga beberapa novel tersebut apalagi pas baca sinopsis singkatnya

    ReplyDelete
  11. salfok sama kalimat pembukanya, ngomongin Layangan Putus saya baru nonton yang episode 7B nih,

    untuk novelnya, belum pernah satupun aku baca novelnya mba, apalagi yang Perfume : The Story of a Murderer, serem banget parfum dari kulit wanita. Gak kebayang deh..

    ReplyDelete
  12. Iya juga ya mba. Dari aroma parfum aja kita jadi tau gimana identitas seseorang. Bahkan seperti film layangan putus yg lagi trending bangett, dan aku jga ikut nonton ini, hehehe. Sayangnya dua novel di atas belum pernah satupun aku baca. Cuma kalau soal ide-ide dalam tulisannya Dee lestari memang patut diacungi jempol dan gak kaleng2 ya mba bahkan selalu punya ciri khasnya tersendiri gitu

    ReplyDelete
  13. Novel karya dee lestari emang best seller banget. Tapi satupun bukunya belum pernah aku baca. Setelah melihat hasil reviewnya jadi penasaran

    ReplyDelete
  14. Parfume the murderer kayanya aku pernah nonton filmnya deh, serem banget, ngulitin orang buat dapet aromanya ya lordd

    ReplyDelete
  15. Kedua novel di ini belum pernah baca mbak. Kalau Perfume,sepertinya dah nonton filmnya, itupun dah lama banget. Pengen baca karya Dee Lestari yang ini.

    ReplyDelete
  16. Kayaknya aku skip sama per-murderan, secara aku penakut haha... lebih tertarik dengan yang Aroma Karsa... bisa ada di gramedia digital ga yaa?

    ReplyDelete
  17. Udah lama banget pengin baca novel Dee ini. Kata teman-teman bagus, tapi akunya belum nemu bukunya.

    Baca review-nya di sini keknya emang bagus deh. Kek yang fiksi fantasi gitu ya jatuhnya. Tapi aku percaya dengan dunia lain. Dunia lain itu ada, penghuninya bisa membaur dengan kita, itu beneran kok. Cuma yang bisa mengenali mereka ini sedikit dan cuma orang-orang tertentu aja.

    ReplyDelete
  18. Wangi ini merupakan signature seseorang yaa..
    Jadi inget Drama A Girl Who Sees Smells, yang bahkan sudah bertahun-tahun sejak kejadian yang membuatnya trauma, tapi malah bisa membantu menemukan siapa pelaku pembunuhan tersebut.

    Katanya para profiler, parfum seseorang itu khas. Sama seperti suara dan sidik jari.

    ReplyDelete
  19. Wah, ada ya novel dengan tema khusus parfum gitu. Dan belum pernah aku baca semuanya, huhuhu.

    Aroma parfum memang bisa menjadi penanda tertentu ya, karena sangat khas dan berbeda dari yang orang lain yang memakainya.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post