Yuk, Bernyanyi Bersama Hoala dan Koala, Channel Lagu Anak Indonesia dengan Banyak Pilihan Lagu


"Kamu, makannya apa? Saya juru masaknya.."

Bagi mereka yang besar di tahun 90-an, pastinya tidak asing ya dengan lirik lagu ini. Lagu berjudul "Du Di Dam" dinyanyikan oleh Eno Lerian dan sangat terkenal di masa itu. Memang di tahun 90-an, ada cukup banyak penyanyi cilik yang lahir dan terkenal dengan lagu-lagunya. Selain Eno Lerian, kita juga mengenal Bondan Prakoso dengan Si Lumba-lumba-nya, Trio Kwek Kwek hingga Tina Toon dengan goyangan khas Bolo-bolonya.

Sayangnya memasuki tahun 2000-an lagu anak populer semakin tak terdengar lagi gaungnya. Entah karena tak ada lagi anak-anak yang berminat menjadi penyanyi cilik atau mungkin industri musiknya yang sudah tak relevan lagi. Dengan kondisi ini jelas saat ini tak banyak lagi ada lagu anak Indonesia yang bisa kita perdengarkan kepada anak-anak kita. Sebagai gantinya, sekarang anak-anak mungkin lebih familiar dengan lagu anak berbahasa Inggris seperti Baby Shark atau Baby Finger yang bisa didengar lewat youtube.


Manfaat bernyanyi dan mendengarkan lagu untuk anak 


Memperdengarkan musik dan lagu sendiri memiliki banyak manfaat untuk anak-anak kita. Bahkan saat masih berada di dalam kandungan, orang tua disarankan mulai mengenalkan musik kepada janin dalam rahim. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari bernyanyi dan mendengarkan lagu ini antara lain:

Sebagai sarana komunikasi 

Lagu dan nyanyian bisa menjadi sarana berkomunikasi antara ibu dan anak. Sebagai contoh saat anak akan tidur, biasanya ibu atau ayah akan menyanyikan lagu Nina Bobo kepada anak mereka dengan tujuan anak segera tertidur. Lalu, saat pagi hari dan sudah waktunya bangun, maka lagu Bangun Tidur akan dipilih untuk mengajak anak segera bangun dan membersihkan diri.

Sebagai sarana menyampaikan nasihat dan edukasi

Lagu juga bisa menjadi sarana untuk menyampaikan nasihat dan edukasi kepada anak kita. Di masa saya kecil dulu, ada banyak lagu anak yang bisa dijadikan sebagai sarana menyampaikan nasihat dan edukasi ini. Contohnya lagu Pelangi-pelangi yang mengajarkan tentang keagungan Tuhan. Lalu juga lagu Bangun Tidur yang mengajarkan anak perihal kerapian dan kebiasaan baik.
 

Mendekatkan hubungan ibu dan anak

Manfaat lain dari bernyanyi dan mendengarkan lagu anak adalah bisa lebih mendekatkan hubungan antara ibu dan anak. Dengan bernyanyi bersama apalagi disertai dengan permainan sederhana atau adu peran, anak pasti akan merasa lebih bahagia dan lebih dekat dengan ibunya.


Hoala & Koala, channel lagu anak dengan lagu yang mendidik



Nah, buat ibu-ibu yang kangen dengan lagu-lagu anak berkualitas, sekarang sudah ada Hoala & Koala, sebuah channel lagu anak dengan animasi 3D yang sangat menarik untuk diikuti. Di channel ini, kita bisa memperdengarkan lagu anak-anak dengan lirik yang menarik dan positif. Hoala Koala sendiri merujuk pada 2 karakter utama di channel tersebut yang Hoala seorang anak perempuan berusia 3 tahun dan teman bonekanya yang bernama Koala.
 
Berikut adalah beberapa alasan kenapa anak-anak harus nonton Hoala & Koala:
 

Karakter 3D yang tak lekang oleh waktu

Channel Hoala & Koala ini lahir sebagai jawaban atas kegelisahan pemiliknya akan lesunya perkembangan musik anak Indonesia. Karakter ini diciptakan pada tahun 2020 dengan visualisasi 3D dan memiliki karakter seperti layaknya anak zaman sekarang yang tumbuh dan berkembang di era digital. Mungkin ada yang bertanya kenapa karakternya harus dalam bentuk animasi dan bukannya dalam bentuk penyanyi cilik betulan? Jawabannya adalah karena karakter 3D ini takkan lekang oleh waktu dan bisa terus berkontribusi dalam dunia musik anak tanpa perlu mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara.
 

Lirik lagu sesuai usia anak dan mengandung edukasi

Saat anak mendengarkan lagu, tentunya kita berharap lagu yang mereka dengar adalah lagu dengan lirik positif dan juga mengandung edukasi. Hoala & Koala sebagai channel lagu anak Indonesia memiliki banyak pilihan lagu dengan lirik yang sesuai untuk anak-anak dan juga mengandung edukasi. Sebut saja lagu berjudul Kuman yang mengajarkan anak untuk rajin membersihkan diri. Ada juga lagu Kata Ibu yang berkisah tentang nasihat ibu kepada anaknya. 

   

Lagu digarap dengan profesional

Jika lagu anak pada umumnya mungkin digarap dengan biasa saja, maka channel Hoala & Koala menggarap lagu di chanelnya dengan profesional. Untuk aransemen musiknya, channel ini melibatkan banyak musisi internasional sehingga pastinya bisa menghadirkan musik yang berkualitas. Tak hanya itu, ada banyak alat musik yang digunakan dalam lagu-lagu Hoala dan Koala seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa hingg instrumen etnik Indonesia seperti gamelan  dan anklung.  


Ada banyak pilihan genre lagu yang bisa didengar

Selain menggunakan banyak instrumen dan melibatkan musisi internasional, lagu-lagu di chanel Hoala & Koala juga memiliki banyak pilihan genre. Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik. Dengan banyaknya genre lagu yang disajikan ini, pastinya akan menambah wawasan dunia musik bagi anak-anak kita.
 

 
 
Selama ini mungkin anak-anak kita sudah terbiasa dengan animasi karakter dari channel youtube luar negeri. Dengan kehadiran channel Hoala & Koala ini semoga bisa menjadi alternatif tontonan bagi anak-anak di masa screen time mereka. Saat ini, Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes. Yuk ibu-ibu, ajak anak-anak kita nonton dan bernyanyi bersama Hoala dan Koala!

18 Comments

  1. Nah, lagu anak dengan adanya muatan nasihat di dalamnya, yang dikemas ala anak-anak pastinya bakal mudah diingat oleh anak sampai dia besar. Hoala dan Koala ini bagus sekali.

    ReplyDelete
  2. Mbaaa, kayanya daku juga kepincut dengan channel Hoala dan Koala ini.
    Keren buangeett!
    genre musik yang diusung bervariasi ya,
    ada genre children pop, jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.
    Waaaaa, makasi infonya mbaaa

    ReplyDelete
  3. Referensi tontonan yang sangat bagus untuk anak-anak. Sarana edukasi yang dibuat menarik. Terima kasih informasinya, ya Mbak

    ReplyDelete
  4. Wah recomended banget ini chanelnya. Mengajarkan lagu anak2 yang sekarang sudah jarang kita dengarkan di layar televisi. Padahal penting banget mengajarkan lagu sesuai umur, apalagi lagu anak2 yang memuat banyak nasehat kebaikan di dalamnya.

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat lagu anak-anak zaman dulu, zaman masih kecil selain liriknya sarat edukasi melodinya juga mudah diingat dan durasi lagunya juga ngak panjang, cocok untuk anak-anak melafalkan kosakata. Sayang makin ke sini, lagu anak-anak makin tenggelam. Untungnya ada Channel lagu anak Hoala dan Koala, yang jadi media anak-anak masa kini tahu dan belajar menyanyikan lagu sesuai usianya yang masih anak-anak.

    ReplyDelete
  6. Canel Hoala & koala bagus. Saya juga rindu lagu anak2 seperti zaman dahulu. Karena saya sering menyanyikan lagu anak2, pernah murid kelas 1 minta saya nyanyi di depan kelas. Bukan kita yang nyuruh dia nyanyi. he he .... Dunia anak2 itu lucu.

    ReplyDelete
  7. Nah ini dia yang aku cari, anakku lagi suka nyanyi tapi bosen lagunya itu-itu aja. Boleh neh jadi referensi.

    ReplyDelete
  8. keren ya youtubenya, edukatif dan menyenangkan buat anak-anak apalagi bisa sambil nyanyi2

    ReplyDelete
  9. senang ya mbak dengan adanya chanel Hoala Koala ini, anak anak bisa punya referensi lagu lagu anak, sesuai umurnya

    ReplyDelete
  10. eh kayaknya anak-anakku belum pernah lihat channel ini. Nanti mau tak tunjukin ah, buat anak-anak. Iya mbak, lagu anak-anak sekarang gak sekaya dulu jaman kita kecil yaaa... Seneng banget kalau makin banyak channel khusus anak seperti ini.

    ReplyDelete
  11. Seneng banget ada Hoala dan Koala, karena anak-anak kita saat ini memang sedang krisis lagu anak, yaa.. Terakhir kayaknya Sherina, Tasya sama Joshua. Padahal lagu-lagu anak zaman dulu tu sarat ilmu, bahasanya santun, pokoknya bagus banget untuk membangun karakter anak yang berbudi pekerti luhur.

    ReplyDelete
  12. Waktu anak pertama tuh rajin banget ngajak nyanyi lagu anak-anak, pas anak kedua udah nggak lagi jadi dia nggak kenal lagu anak Indonesia. Kayanya musti banget nih diajak nonton channel Hoala dan Koala biar kenal dan cinta dengan lagu anak Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Iya, nih. Zaman kita dulu mah banyak lagi anak-anak yang cukup berkesan. Bahkan sampe sekarang saya masih hapal beberapa di antaranya.
    Wah, bagus nih kalo ada channel edutainment semacam Hoala Koala ini. Saya biasanya acak sih nyari lagu anak-anak untuk si kecil. Sekarang jadi tahu, deh. Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  14. Channel bagus banget nih, jadi anak-anak bisa lebih belajar lagu-lagu anak yang memadai, bukan malah lagu-lagu dewasa yang belum saatnya didengar.

    ReplyDelete
  15. Hoala koala ini cantik banget ya mbak koleksinya inspiratif banget buat putra-putri Kita belajar bernyanyi lagu anak-anak dengan gembira ria

    ReplyDelete
  16. Wah baru lagi ini ya Mbak. Aku perlu nih referensi lagu anak yang mendidik begini. Secara, kadang anak juga butuh hiburan. Sesekali dikasih hp dengan durasi tertentu. Nice info mbak.

    ReplyDelete
  17. Paling happy kalau nyanyi bareng anak-anak.
    Kenangan terindah banget saat menagajarkan anak-anak nilai kebaikan. Salah satunya dengan bernyanyi bersama Hoala Koala.

    ReplyDelete
  18. Ternyata kita satu jaman ya.. masih apal banget lagu Dudidam itu.. hafal diluar kepala malah.. Entah kenapa ya sekarang anak-anak kecil malah nyanyi lagu dewasa. Sedih..

    ReplyDelete
Previous Post Next Post