Belajar Investasi Reksadana di Skill Academy


Belajar Reksadana di Skill Academy


Dalam perencanaan keuangan, investasi merupakan salah satu hal yang penting dilakukan terutama untuk tujuan jangka panjang. Berbeda dengan menabung yang biasanya untuk tujuan jangka pendek dan tidak memiliki imbal balik yang besar, maka investasi merupakan kegiatan yang memiliki tujuan jangka panjang dan memberikan keuntungan besar bagi pemiliknya. 

Pada praktiknya, bisa jadi sebenarnya kita sudah cukup familiar dengan kegiatan investasi ini. Sebut saja emak-emak zaman dulu yang gemar berbelanja emas atau orang-orang yang membeli tanah dengan sistem kavling. Dua contoh di atas merupakan praktik investasi yang cukup sering kita temukan dalam keseharian. 

Jenis-jenis investasi


Seiring dengan perkembangan zaman, investasi pun semakin berkembang dan bertambah jenisnya. Beberapa jenis investasi yang menjadi pilihan antara lain:

Investasi emas

Berinvestasi dalam bentuk emas bisa dibilang bentuk investasi yang paling mudah kita temui dalam keseharian. Emas bisa menjadi pilihan dalam berinvestasi karena nilai jual emas yang tak pernah turun. Ada juga yang mengatakan kalau Berinvestasi dalam bentuk emas adalah salah satu cara dalam mengamankan harta karena nilai emas yang selalu naik di masa depan. Dalam hal berinvestasi emas ini, lebih disarankan menyimpan emas dalam bentuk batangan dan bukan perhiasan karena emas dalam bentuk batangan nilai jualnya lebih tinggi. 

Investasi properti dan tanah

Investasi dalam bentuk properti ini bisa berupa tanah, rumah, kos-kosan hingga apartemen juga bisa menjadi pilihan untuk investasi jangka panjang. Selain dijual kembali di masa depan, tanah ataupun rumah yang dimiliki ke depannya bisa diinvestasikan dalam bentuk kontrakan yang pastinya bisa menjadi sumber pemasukan pasif bagi pemiliknya. Kekurangan dari investasi properti ini adalah perlunya dana yang cukup besar dalam upaya memiliki sebidang tanah atau sebuah rumah. 

Investasi produk keuangan

Investasi dalam bentuk produk keuangan bisa dibilang sangat gencar disosialisasikan kepada kaum millenial saat ini. Produk keuangan yang bisa dijadikan investasi antara lain reksadana, pasar modal/saham dan obligasi. Salah satu keuntungan dari berinvestasi dalam produk keuangan adalah modalnya tidak terlalu besar. Untuk berinvestasi di reksadana, misalnya, kamu bisa memulainya dengan 100 ribu rupiah saja.


Mengenal investasi reksadana

Reksadana merupakan salah satu bentuk investasi produk keuangan yang bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin berinvestasi jangka pendek maupun jangka panjang. Reksadana sendiri merupakan wadah yang dipergunakan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Secara umum, 4 jenis reksadana yang bisa menjadi pilihan sesuai profil risiko yang dimiliki seseorang. Empat jenis reksadana tersebut antara lain:

Reksadana pasar uang (Money Market Funds) 

Reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang investasinya dilakukan pada instrumen investasi pasar uang dengan masa jatuh tempo kurang dari satu tahun seperti deposito berjangka, sertifikat Bank Indonesia, Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) dan berbagai instrumen pasar uang lainnya. Reksadana pasar uang cocok bagi mereka yang berinvestasi jangka pendek yakni dalam waktu 1 tahun. 

Reksadana pendapatan tetap (Fixed Income Funds) 

Reksadana pendapatan tetap merupakan reksadana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya dalam bentuk efek utang atau obligasi. Reksadana pendapatan tetap ini 


Reksadana saham (Equity Funds) 

Reksadana saham adalah reksadana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat equitas. Reksadana saham ini memiliki tingkat pengembalian yang lebih tinggi dibandingkan reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. 


Reksadana campuran

Reksadana campuran merupakan jenis reksadana yang mengalokasikan dana investasinya dalam portofolio yang bervariasi seperti saham, surat utang dan pasar uang. Reksadana campuran cocok bagi mereka yang ingin berinvestasi selama 3-5 tahun. 

Belajar investasi reksadana di Skill Academy


Saat ini, untuk bisa berinvestasi di reksadana caranya sangat mudah. Kamu bisa mulai berinvestasi melalui Agen Penyedia Reksadana (APERD) yang menyediakan berbagai jenis reksadana. Namun perlu diingat, sebelum memulai investasi di reksadana tentunya kita harus mencari tahu terlebih dahulu tentang seluk beluk investasi ini. Dalam hal ini kamu bisa belajar lewat buku hingga belajar investasi reksadana di kelas khusus seperti di Skill Academy. 

Skill academy merupakan salah satu layanan dari Ruang Guru yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuan di berbagai bidang. Ada banyak pilihan kelas di Skill Academy mulai dari pengembangan diri, finansial, pemasaran produk, teknologi dan software, kursus bahasa Inggris hingga persiapan mengikuti tes. 

Salah satu kelas finansial yang bisa diikuti di Skill Academy adalah Belajar Reksa Dana - Untung Besar dengan Modal Kecil yang diampu oleh Liyanto Sudarso. Pada kelas ini peserta akan memperdalam pengetahuan tentang bagaimana memilih reksadana dan memaksimalkan keuntungan dari reksadana. Liyanto Sudarso sendiri merupakan seorang certified securities analyst (CSA) yang menulis buku berjudul "Taktis Berinvestasi Reksa Dana." Selain itu, Liyanto juga aktif menjadi pembicaa di TV dan seminar mengenai invetasi saham.


Belajar Reksadana di Skill Academy


Topik yang akan dibahas pada kelas  Belajar Reksa Dana - Untung Besar dengan Modal Kecil meliputi 5 topik dengan 14 materi. Dalam pemberian materi, peserta kelas akan mendapatkan 12 materi video dan 2 dokumen. Kelima materi topik yang dibahas pada kelas ini antara lain:

Reksadana dan investasi

Materi pertama ini akan membahas hal-hal mendasar seputar investasi dan keuntungan dari investasi reksadana. 

Tipe investor dan tipe reksadana

Pada topik ini, peserta akan diberikan materi tentang profil dari investor, menentukan profil investor dan jenis-jenis reksadana yang bisa dipilih calon investor. 


Reksadana lebih detail

Pada topik ini akan membahas reksadana secara detail yakni dengan membaca Fund fact sheet dan prospektus dari sebuah reksadana. 


Strategi investasi

Pada topik ini peserta akan diberikan materi tentang teknik investasi, serta cara dan jalur memulai investasi

Ringkasan

Topik ini merupakan rangkuman dari topik-topik sebelumnya.


Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kelas di Skill Academy. Selain mendapatkan materi yang lengkap, kelas reksadana di Skill Academy juga memberikan sertifikat bagi pesertanya. Selain itu, materi di Skill Academy juga bisa diakses selamanya oleh peserta kelas. Nah, tunggu apalagi? Yuk segera daftar di Skill Academy!


Baca Juga

Post a Comment

36 Comments

  1. Seruu banget kalo ikutan kelas di Skill Academy ini
    Pilihan workshop-nya buanyaaak dan yg seru lagi, pematerinya itu super duper kredibel ya.

    ReplyDelete
  2. Kalau saya berkesempatan bisa belajar di skill academy, Hem... Mau coba cari pelatihn tentang copy writing ah.... semoga bisa upgrade semua ilmu dan wawasan terkait dunia tulis menulis ya...

    ReplyDelete
  3. Di skill academy semuanya ada ya mam. Lengkap banget. Betul2 website terbaik untuk upgrade ski

    ReplyDelete
  4. Kapan lagi belajar materi daging tapi biaya terjangkau ya mbak. Ah aku untungnya udah daftar jadi member nih

    ReplyDelete
  5. Pengetahuan tentang jenis investasi ini memang sangat penting diketahui. Dengan ikut kursusnya, dijamin pengetahuan kita semakin bertambah dan siap praktik investasi di Reksadana.

    ReplyDelete
  6. Perlu belajar nih tentang reksadana, masih bingung cobainnya.. keren ya skill academy materinya bisa diakses terus jadi bisa diulang ulang kalau belum paham

    ReplyDelete
  7. Wah bagus bgt nih kelasnya Eny juga udah mulai belajar investasi loh mbaa sedari dini kan yaa

    ReplyDelete
  8. wow ada juga ya ternyata belajar investasi reksadana di skill academy. kalo aku pribadi masih aja investasinya di seputar logam mulia dalam bentuk perhiasan hehe.

    ReplyDelete
  9. Kayaknya saya harus coba Skill Academy ini. Saya juga baru mulai investasi reksadana nih, hihi.

    ReplyDelete
  10. Aku baru tau kalo skill acadrmy juga ada kelas belahar reksadana. Aku cm tau sedikit soal reksa ini, jadi pengen ikut kelasnya juga

    ReplyDelete
  11. Materi yang disajikan Skill Academy komplit banget yaaa.. nggak cuma tentang dunia digital, tapi ada tentang financial juga. Aku juga pernah belajar di SA, kebetulan dapat voucher dari teman. Saat itu belajar copywriting. Duh nagih banget, narsum dan materinya ndagiiing.

    ReplyDelete
  12. Semakin penasaran saya dengan Skill Academy. Sayang waktu tak memungkinkan nenek-nenek setua saya untuk bergabung. Soalnya dari dulu saya berminat untuk investasi di reksadana. Tapi bingung harus mulai dari mana. Lagi pula kondisi lingkungan tidak mendukung. Terima kasih ulasannya ananda Antung.

    ReplyDelete
  13. Hallo Mbak Antung sesama tinggal di Banjar, hehehe. Sering silaturakhim ke sini malah gak tahu kalau Mbak Antung tinggal di Banjar juga. Anyway Skill Academy semakin bikin aku penasaran ni, kelas apa aja sih yang diberikan, ada belajar investasi reksadana juga ternyata, lengkap banget kayanya

    ReplyDelete
  14. Wah ternyata di skill academy juga bisa belajar soal investasi ya. Menarik juga. Ini pengetahuan penting agar masyarakat yang hendak belajar investasi tidak terjebak yang abal-abal.

    ReplyDelete
  15. Menarik sekali ini..belajar investasi reksa dana di Skill Academy.
    Lengkap banget yaah..

    ReplyDelete
  16. pas banget nih aku kemaren ngobrolin reksadana ini sama suami, pengen banget coba invest di sana deh mbak antung.

    ReplyDelete
  17. Bener nih, kalo saham n obligasi msh rada hew buat dipraktikin gak ad salahnya belajar reksadana. Jd win win solution. Hihi

    ReplyDelete
  18. Aku juga kemarin ambil pelatihan di skill academy mba. Dan emang iya, Penyampaian materinya dikemas semenarik mungkin, dan enaknya materinya bisa diakses lagi kapan sajaa..

    ReplyDelete
  19. di skill academy ternyata ada jg ya tentang reksadana, wah sekarang enak banget ya, belajar jarak jauh/online untuk mengembangkn diri makin mudah aja

    ReplyDelete
  20. Mpo juga lagi belajar investasi nih daripada duit habis buat beli kopi mendingan investasi di reksadana

    ReplyDelete
  21. Dulu zaman aku SMU aku tertarik banget sama yang namanya Reksadana. Cuma informasi mengenai reksadana itu agak sulit di dapat. Sekarang bisa belajar di Skill Academy ya Mba

    ReplyDelete
  22. Bagian reksadana pejdapatan tetap belom selesai ditulis kah kak???? Qku baca kaya masih belom ada titik ahir kalimat 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  23. aku bersyukur banget saat awal-awal kerja dulu sudah diarahkan orang tuaku untuk berinvestasi emas. Dan akhir-akhir ini mau belajar soal reksadana, mau kepo kelasnya di SA ah

    ReplyDelete
  24. aku baru tahu juga kalau di skill academy bisa belajar reksadana mba, aku sempat menggunakan beberapa minggu lalu untuk mengikuti kelas ms excel sangat membantu sekali upgrade ilmu excelnya

    ReplyDelete
  25. Wah ternya banyak juga yah jenis saham , jadi tertarik juga mau ikutan

    ReplyDelete
  26. Asik banget ya karena belajar di skill academy. Setauku ilmu sosmed aja teryata juga bisa belajar cara investasi dengan ikutin skill academy ini

    ReplyDelete
  27. Wah di Skill academy ada pelatihan tentang Reksadana juga ya mbak? kebetulan lagi pengen belajar tentang investasi reksadana juga aku tuh, pas banget baca tulisan ini. Otw cek webnya ah, thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  28. Baru tahu kalau di Skill Academy bisa belajar reksadana. Seru juga dong, jadi bisa paham tentang reksadana, dan nanti bisa nyobain investasi juga kalau udah tahu ilmunya.

    ReplyDelete
  29. Gak nyangka milih reksadana aja ada video pembelajarannya. Biasanya aku langsung buka aja ga ngitung2 hihihi. Biar ga boncos yaaa?

    ReplyDelete
  30. Kalau udah membicarakan reksadana daku masih belum mantul ilmunya, padahal ini salah satu investasi bagus juga selain emas dan properti

    ReplyDelete
  31. Kalo aku investnya bentuk emas sih mbak. Kalo reksadana dsb kayaknya masih belum berani. Apa ya.. mungkin kalo akadnya syari boleh kucoba. So far makasih sharingnya ya mbak. Jadi tau dikit banyak tentang investasi jenis ini 😊

    ReplyDelete
  32. Daftar skill academy gratis kan ya? Hmm harus sediakan waktu khusus untuk belajar nih.

    ReplyDelete
  33. Wah aku kepengen bngt belajar tentang investasi saham begini apalagi masa pandemi sprti skrang keadaan bnyak gk menentu kita butuh buat save money di investasi keren deh skill academy ada pelatihan kek gini

    ReplyDelete
  34. Wah pas banget aku lagi nyari-nyari bahasan tentang reksadana, ternyata di skill academy ada juga ya materinya. Pengen ikut belajar dulu ah biar pas praktekin udah paham.

    ReplyDelete
  35. bagus banget ini mak, tapi sedihnya denger kabar, skill academy dimanfaatin sama oknum2 yang cuma manfaatin duitnya aja, nggak mau ikut pelatihannya. duh padahal kalau liat materi2nya keren2 bgt mak

    ReplyDelete
  36. Kayanya aku juga butuh nih belajar tentang investasi karena emang masih buta bangeeetttt.. huhu. Mau kepoin skill academy ah. Makasi infonya ya maaak

    ReplyDelete