Lebih Mudah Konsultasi Kesehatan dengan Dokter Lewat Aido Health




Beberapa waktu yang lalu, istri dari salah satu sepupu saya menanyakan proses pendaftaran dokter kandungan di salah satu Rumah Sakit Ibu dan Anak di kota saya. Kata ibu saya sih, dia sedang hamil. Seingat saya, ini kehamilannya yang kesekian setelah beberapa kali sebelumnya selalu keguguran. Mungkin karena tak ingin mengalami keguguran lagi, istri sepupu ini memutuskan untuk segera ke dokter kandungan begitu tahu dia hamil.

Sejujurnya, saya agak riskan dengan keinginannya ke dokter kandungan ini. Sejak wabah Corona melanda Indonesia awal Maret lalu, bepergian memang bukanlah hal yang dianjurkan. Apalagi ke rumah sakit yang notabene tempat berkumpul orang sakit. Kalau bukan sakit yang parah atau pengobatan rutin, memang sebaiknya kita menghindari Rumah sakit.

Wabah Corona memang sudah mengubah tatanan kehidupan selama beberapa bulan terakhir. Kita tak lagi bisa bebas bepergian karena tak tahu siapa yang sehat dan siapa yang membawa virus di tubuhnya. Berbagai kebijakan dilakukan untuk mengurangi penyebaran Corona ini, salah satunya adalah himbauan untuk berada di rumah aja bagi seluruh warga Indonesia.

Berada di rumah seharian selama berminggu-minggu pastinya bukan hal yang menyenangkan. Apalagi bagi mereka yang terbiasa ke luar rumah setiap harinya. Untungnya sekarang ada internet yang cukup membuat banyak hal jadi mudah meski berada di rumah saja. Bagi mereka yang bekerja, rapat bisa diadakan lewat aplikasi Zoom. Para penyanyi juga masih bisa konser secara online. Dan untuk masalah kesehatan sendiri, kita masih bisa melakukan secara online di beberapa aplikasi kesehatan entah itu lewat chatting atau dengan menggunakan aplikasi Zoom seperti yang dilakukan oleh Rumah Sakit Siloam Lippo Village

Ya, mulai tanggal 06 April 2020, Rumah Sakit Siloam Lippo Village memberlakukan sistem teleconsultation (konsultasi online) dengan Dokter Spesialis, sehingga Rumah Sakit hanya menerima pasien perjanjian dengan surat rujukan. Rumah Sakit Siloam Lippo Village sendiri sudah dikenal sebagai jaringan rumah sakit swasta yang terdepan di Indonesia dan telah menjadi benchmark (nilai standar) pada pelayanan kesehatan berkualitas di Indonesia. Tim medis Siloam terdiri dari 2.700 dokter umum dan dokter spesialis, serta 10.000 perawat dan staf pendukung lainnya dan telah melayani hampir 2 juta pasien setiap tahunnya. Selain itu semua dokter Spesialis yang ada di Rumah Sakit ini merupakan dokter yang terdaftar dan setiap bagian ada dokter koordinator.

Cara konsultasi online di Rumah Sakit Siloam Lippo Village dengan aplikasi Aido Health





Untuk bisa melakukan konsultasi online dengan pasiennya, Rumah Sakit Siloam Lippo Village bekerja sama dengan aplikasi Aido Health. Aplikasi Aido Health merupakan aplikasi kesehatan yang membuat kita bisa mendapatkan layanan konsultasi online dengan dokter maupun layanan lain terkait masalah kesehatan. Adapun fitur-fitur yang terdapat di aplikasi Aido Health antara lain:

Rawat jalan online

Lewat aplikasi Aido Health, pasien dapat melakukan konsultasi online dengan dokter spesialis yang ada di Rumah Sakit Siloam. Pasien bisa memilih dokter Spesialis di berbagai cabang Rumah Sakit Siloam dan melakukan konsultasi online lewat video. 

Layanan perawatan di rumah

Selain layanan konsultasi online, Aido Health juga memiliki fitur perawatan di rumah dari Rumah Sakit atau Klinik yang bekerja sama dengan aplikasi ini. Saat ini ada 2 klinik yang bisa dipilih untuk perawatan di rumah yakni
NK Health yang melayani perawatan fisioterapi dan Klinik Medifarma. Selain itu, pasien juga bisa meminta rawat jalan langsung ke dokter spesialis yang ada di aplikasi. Dokter spesialis yang disediakan pastinya merupakan dokter dari Rumah Sakit Siloam yang sudah terdaftar dan berpengalaman. 

Pesan Antar obat

Layanan pesan antar obat juga menjadi salah satu fitur unggulan dari aplikasi Aido Health ini. Pasien yang sudah melakukan konsultasi online dengan Dokter Spesialis bisa meng-upload foto resep obat yang diberikan dokter dan pihak Aido Health akan mengantarkannya ke alamat pasien. Adapun jam operasional dari layanan pesan antar obat ini adalah 08.00-20.00 Wib.

Artikel kesehatan

Tak lengkap rasanya jika sebuah aplikasi kesehatan tak memiliki fitur artikel kesehatan. Nah, di Aido Health, kamu bisa membaca berbagai artikel kesehatan yang cukup lengkap dan update.




Lalu, bagaimana caranya untuk bisa melakukan konsultasi online di aplikasi Aido Health? Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Instal aplikasi Aido Health di handphone Anda. Pendaftaran menggunakan nomor handphone yang dimiliki
  • Selanjutnya buka menu Konsultasi Online, pilih dokter dan waktu perjanjian yang diinginkan (perjanjian konsultasi bisa dilakukan pada hari yang sama)
  • Lengkapi data diri pasien, Anda dapat membuat perjanjian untuk anggota keluarga dengan menambahkan profil baru
  • Lakukan pembayaran untuk biaya konsultasi online, pembayaran bisa dilakukan dengan OVO, kartu kredit/debit dan pembayaran dengan virtual account (BNI, BRI, Mandiri)
  • Setelah pembayaran dilakukan, Anda akan mendapatkan email/Whatsapp tentang detail konfirmasi dan tata cara konsultasi online dengan video
  • Pihak Rumah Sakit juga akan menghubungi Anda lewat Whatsapp/telepon sebelum jadwal konsultasi dimulai
  • Pada hari dan waktu yang ditentukan, silakan akses link Zoom yang terdapat pada email untuk konsultasi online dengan dokter
  • Setelah konsultasi online, jika dokter meresepkan obat, maka Anda akan dihubungi oleh pihak Farmasi untuk konfirmasi obat dan alamat pengiriman
  • Sedangkan jika Dokter merujuk untuk pemeriksaan lanjutan, Rumah Sakit akan menghubungi Anda untuk pembuatan perjanjian pemeriksaan di Rumah Sakit.

Di masa wabah Corona seperti sekarang, adanya layanan konsultasi online yang dimiliki Aido Health pastinya lebih memudahkan bagi para pasien yang ingin memeriksakan kesehatannya. Apalagi Aido Health juga merupakan aplikasi kesehatan dengan harga transparan sehingga setelah konsultasi dengan dokter pasien juga bisa merasa lebih sehat dan lebih nyaman. Bagi yang ingin mencoba, aplikasi Aido Health bisa di-download di playstore ya, teman-teman. 


Post a Comment

9 Comments

  1. di masa pandemi gini emang enaknya yg online2,, meminimalisir kita terpapar di luaran sana..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  2. Saya juga senang dengan Aido Health ini mbak, apalagi kan musim seperti ini jadi butuh dokter dan perawat yang pasti apalagi bisa diundang ke rumah. Tapi tetap jaga kesehatan di masa pandemi ini ya mbak.

    ReplyDelete
  3. Pas bener ini jadi pilihan saat masa pandemi, aplikasi kesehatan dengan harga transparan sehingga setelah konsultasi dengan dokter pasien juga bisa merasa lebih sehat dan lebih nyaman. Aido Health jadi solusi.

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen nyobain juga ini appsnya. Buat konsultasi dengan dokter gigi anak bisa gak ya mbak? Coba nanti aku dunlud dan pelajari ya TFS infonya

    ReplyDelete
  5. Praktis banget ya Aido ini, kita gak perlu mencari apotek yang buka di di masa PSBB seperti ini, cukup di rumah aja dan obat sudah diantar

    ReplyDelete
  6. Aplikasi seperti ini membantu sekali dimasa pandemi

    Aku langsung mau download aplikasinya, karena kebetulan dermatitisku sedang kambuh

    ReplyDelete
  7. Sejak pandemi covid19, semuanya serba online ya termasuk konsultasi dokter. Setidak ada dampak positif dari pandemi ini

    ReplyDelete
  8. Aku baru denger aplikasinya dan nanti download ahh pas banget pada saat pandemi covid ini yah

    ReplyDelete
  9. Iya nih, di masa pandemi ini jadi agak parnoan kalo tiba-tiba ada yang terasa tidak nyaman di badan. Padahal tidak boleh pergi-pergi, even ke rumah sakit untuk berobat. Lebih baik ditangani di rumah aja dulu. Nah dengan adanya aplikasi kesehatan online gini, jadi sangat membantu, karena bisa konsultasi dokter hanya dari rumah saja.

    ReplyDelete