Sukses Mengajar Montessori Anak di Rumah dengan Diploma Montessori

diploma montessori


Montessori merupakan salah satu metode belajar anak yang semakin populer di kalangan orang tua. Metode ini ditemukan oleh Dr. Maria Montessori pada awal tahun 1900. Pada prinsipnya, metode ini membebaskan anak untuk belajar sesuai dengan minat dan bakatnya. Saat sudah ada beberapa sekolah di kota besar yang menerapkan metode Montessori ini terutama tingkat PAUD dan Sekolah Dasar. 

Metode Montessori telah terbukti menjadi pendekatan pendidikan yang efektif dalam membantu perkembangan holistik anak-anak. Namun, tidak hanya untuk para pendidik profesional, orang tua pun dapat memanfaatkan prinsip-prinsip Montessori untuk mendukung pertumbuhan dan pembelajaran anak-anak di rumah. Untuk itu, mendapatkan diploma Montessori bisa menjadi langkah penting dalam mempersiapkan diri  pengalaman belajar yang optimal bagi anak-anak di lingkungan rumah.

Namun tentunya kadang ada kendala bagi orang tua yang ingin mendapat pendidikan diploma Montessori ini. Salah satunya adalah kendala lokasi yang kadang mungkin tidak bisa dijangkau oleh orang tua. Untuk itulah keberadaan sekolah diploma Montessori yang menyediakan kelas online akan sangat membantu orang tua. Artikel ini sendiri akan membahas mengapa belajar di rumah dan mendapatkan diploma Montessori, terutama melalui opsi diploma Montessori online, adalah pilihan cerdas.

Keuntungan Mengikuti Kelas Diploma Montessori Online

Berikut adalah beberapa keuntungan mengikuti kelas diploma Montessori online bagi orang tua: 

1. Peningkatan Pemahaman Tentang Pendidikan Anak Usia Dini

Dengan mengikuti kelas diploma Montessori online, ibu akan mendapat pengetahuan mendalam terkait prinsip-prinsip dan metode Montessori, yang membantu mereka memberikan pendidikan yang lebih baik dan sesuai untuk anak-anak mereka. Selain itu, Kelas Diploma Montessori Online juga menganut pendekatan individu yang membuat ibu bisa mengerti cara memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan individu setiap anak, membantu dalam mendukung perkembangan anak secara optimal.

2. Peningkatan Kemampuan Pengasuhan

Kelas Diploma Montessori online akan memberikan ibu keterampilan praktis dalam mengelola lingkungan belajar yang mendukung kemandirian dan perkembangan anak. Ibu juga akan diajak untuk selalu meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam konsep-konsep penting kepada anak-anak melalui permainan dan aktivitas sehari-hari.

3. Peningkatan Hubungan dengan Anak

Kelas Diploma Montessori Online juga akan membuat komunikasi antara ibu dan anak lebih baik karena di kelas ini ibu akan diajarkan cara memahami cara berkomunikasi dengan anak-anak secara efektif, yang dapat meningkatkan kualitas hubungan ibu-anak. Ibu juga akan lebih mampu menghargai dan mendorong potensi unik setiap anak sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemandirian anak.

4. Pengembangan Karir

Tak hanya bermanfaat untuk mendidik anak di rumah mengikuti Kelas Diploma Montessori juga akan membuka peluang kerja bagi ibu untuk bekerja di sekolah-sekolah Montessori atau membuat pusat pendidikan anak usia dini sendiri. Diploma yang didapat juga pastinya akn menambah kredibilitas dan profesionalisme dalam bidang pendidikan anak usia dini.

5. Peningkatan Keterampilan Manajemen

Manfaat terakhir yang bisa didapat dari kelas Diploma Montessori adalah ibu bisa belajar pengelolaan waktu dan aktivitas yang lebih efektif serta mampu menciptakan lingkungan rumah yang lebih terorganisir dan kondusif untuk belajar. 

Belajar metode Montessori di rumah dan mendapatkan diploma Montessori adalah langkah penting bagi orang tua yang ingin memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka. Dengan memahami prinsip-prinsip Montessori dan menerapkannya di rumah, orang tua dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memperkuat hubungan dengan anak-anak mereka. 

Dengan opsi diploma Montessori online yang tersedia, pendidikan Montessori lebih mudah diakses dan lebih terjangkau, memungkinkan lebih banyak orang tua untuk merasakan manfaat dari pendekatan pendidikan yang unik ini di rumah.


Baca Juga
Reactions

Post a Comment

18 Comments

  1. Metode Montessori memang cukup terkenal dan di kota besar banyak sekali sekolah yang mengadopsi metodenya

    Sedikit banyak saya juga menerapkan metode Montessori ini di rumah lho
    Ya yang sederhana saja seperti dukung anak untuk menentukan permainan yang disukainya

    ReplyDelete
  2. Bagi ortu kekinian, wajib tahu metode ini. Soalnya kalau ikut apa adanya budaya lingkungan di desa dulu, sudah nggak ke kejar lagi. DI desa, anak gak perlu lagi disuguhi atau ditemani ortu. Mereka mainnya di luar, permainan tradisional, bahkan bicara begitu lancar dari umur 1 tahun karena lingkungan yang aktif.

    ReplyDelete
  3. Selalu suka dengan orang tua yang detail memperhatikan pendidikan anak hingga alat dan bahan penunjangnya. Metode montessori ini wajib juga dipelajari oleh orang tua

    ReplyDelete
  4. Diploma montessori ini seperti apa aplikasinya, Mba? Apakah seperti jenjang kuliah itu yang ada sarjana sesudah diploma? Sepertinya cukup unik pembelajaran menggunakan metode yang dipaparkan dalam artikel.

    ReplyDelete
  5. Kebetulan dulu saya sempat ikut pelatihan montessori juga dan memang konsep pendidikannya benar-benar menarik dan bagus sih menurut saya. Anak-anak sejak kecil di latih kemandirian dan rasa ingin tahunya, bahkan untuk belajar sekali pun. Salah satu yang selalu saya ingat adalah untuk membiarkan anak belajar dari kesalahannya, jangan selalu dibantu, cukup diarahkan.

    ReplyDelete
  6. Semakin hari semakin berkembang ilmu pengetahuan dengan berbagai metode pengajarannya. Intisari yang saya ambil dari metode montessori ini soal pendidikan anak yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Dan menurut saya memang itu sudah harus diterapkan sejak dini

    ReplyDelete
  7. Wah beragam banget ya sekarang metode pembelajarannya baru dengar sih metode ini mungkin dalam prakteknya kayak sering cuma istilahnya aja yang jarang di telinga

    ReplyDelete
  8. nanti kalo punya anak, aku juga ingin menerapkan metode montessori ini, membiarkan anak berkembang sesuai minat dan bakatnya.

    ReplyDelete
  9. Salah satu wishlist aku nih mbak, ambil diploma Montessori buat aku praktikkan di lembaga yg tengah aku rintis. Namun berubung biaya yg nggak murah walhasil kudu nabung dulu.

    ReplyDelete
  10. Emak yang smart adalah emak tidak pernah berhenti belajar terutama parenting. Montessori adalah ilmu parenting yang banyak di lakukan oleh orang. Sebenarnya ilmu parenting juga di ajarkan nabi Muhammad SAW dalam Islam terutama dalam mendidik anak. Pokoknya diterapin ke anak ilmu yang didapat

    ReplyDelete
  11. Sy pngn menerapkan metode Montessori agar anak mampu berkembang

    ReplyDelete
  12. menarik nih, sebagai orang tua penting banget upgrade knowledge tentang mendidik anak, sebetulnya bagus belajar online dan bukan sekedar ngejar diplomanya, tapi pengetahuannya bisa bener2 diaplikasiin buat anak nih

    ReplyDelete
  13. Akhir-akhir ini sering sekali mendengar tentang Montessori ini, para bunda sudah semakin disiapkan ya dengan pemahamannya. Mau menerapkan di rumah pun akan semakin efektif jika tahu begini.

    ReplyDelete
  14. Wah kk keren banget deh. Stok sabar saya keknya gak nyampe untuk montessori lengkap kek gini. Patut dicontek

    ReplyDelete
  15. Ternyata montessori ada kelas onlinenya juga ya. Aku punya beberapa buku praktis mengenai montessori ini dan melatihkan anak-anak dengan metode ini tapi masih butuh referensi lebih soal montessori ini

    ReplyDelete
  16. Dengan metode ini amat membantu para orangtua, agar pengetahuan si kecil dapat berkembang lebih oke ya kak.

    ReplyDelete
  17. Banyak ragam metode pembelajaran yang harus diketahui orang tua salag satunya adalah sistem Montessori ini supaya anak makin berkembang pengetahuan dan kemampuannya

    ReplyDelete
  18. Menarik yaa...
    Karena metode Montessori ini banyak mengajarkan anak-anak akan kemandirian dan tanggungjawab sejak dini dalam hal apapun, terutama bermain. Aku juga pingin ikutan diploma Montessori online yang pas waktunya.

    ReplyDelete