Tips Menjaga Kebersihan Selama Menstruasi

 

Tips Menjaga Kebersihan Selama Menstruasi

"Ma, mama kok pakai popok sih?" Yumna, putri saya yang berusia 4 tahun bertanya ketika melihat saya mengambil pembalut dari salah satu laci di lemari pakaian saya. 

Saya tersenyum mendengar pertanyaan putri saya tersebut. Sebagai 

"Iya, Mama lagi berdarah nih op*snya jadi harus pakai popok," jawab saya kemudian berusaha menjelaskan. Saya memang masih belum biasa menyebutkan kata vagina kepada Yumna karena beberapa alasan.

"Oo, jadi mama lagi luka ya makanya pakai popok," kata Yumna lagi.

"Iya. Nanti kalau sudah nggak luka lagi Mama nggak pakai popok lagi," jawab saya menutup pembicaraan.

***

Bagi beberapa ibu, berbicara seputar menstruasi kepada anak perempuannya mungkin merupakan hal yang agak riskan. Padahal sebagai ibu, sudah sepatutnya kita menjadi orang pertama yang memberikan informasi seputar menstruasi ini kepada anak sebelum mendapat mens pertamanya. Hal perlu dilakukan agar anak tak merasa bingung ketika mereka mendapati ada darah di celana dalamnya. 

Saya sendiri pertama kali mengalami menstruasi saat berusia 12 tahun dan duduk di kelas 6 SD. Saat itu, reaksi pertama saat mengetahui adalah panik. Ya, saya berteriak histeris dari dalam kamar mandi dan memberitahukan ibu saya kalau saya mendapat haid. Ibu saya kemudian mengambil pembalut dari dalam lemari dan menyerahkannya kepada saya.

Sebagai seorang remaja, jujur tak banyak yang saya ketahui tentang kebersihan menstruasi di kala itu. Saya hanya tahu kalau kita harus pakai pembalut dan dicuci jika ingin dibuang. Sayangnya saya tidak tahu kalau pembalut itu harus sering diganti dan hal lainnya seputar kebersihan menstruasi yang bisa mempengaruhi kesehatan organ kewanitaan saya.

Kenyataannya, tak hanya saya, dari data disebutkan kalau 1 dari 4 anak perempuan di Indonesia tidak mendapatkan informasi seputar menstruasi sebelum menarke pertamanya. Tak hanya itu, dari SDKI tahun 2017 diketahui bahwa 1 dari 6 anak perempuan tidak tahu kalau menstruasi adalah tanda bahwa secara fisik mereka sudah bisa hamil. Informasi ini saya dapatkan ketika mengikuti webinar seputar yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia yang diadakan dalam rangka memperingati Menstrual Hygene Day atau Hari Kebersihan Menstruasi yang jatuh pada tanggal 28 Mei lalu. 


Pentingnya menjaga kebersihan selama menstruasi

 

Menstruasi merupakan sebuah proses keluarnya darah dari vagina sebagai akibat dari luruhnya dinding rahim karena sel telur yang ada di sana tidak dibuahi oleh sperma. Biasanya menstruasi ini terjadi setiap 28 hari sekali dengan durasi 3-7 hari. Dalam agama Islam, menstruasi merupakan tanda kalau seorang wanita sudah memasuki masa akil balig. Sementara dalam hal reproduksi, menstruasi menandakan kalau seorang perempuan sudah siap bereproduksi. Darah haid sendiri merupakan lapisan dalam rongga rahim yang dipersiapkan sebagai tempat menempelnya sel telur yang sudah dibuahi, yang selanjutnya akan berkembang menjadi janin.

Selama masa haid, pastinya kita merasa tidak nyaman. Darah yang keluar terus menerus, belum lagi kadang hormon haid membuat penampilan juga terasa tidak enak dipandang. Ironisnya, hal ini diperparah dengan berbagai mitos seputar haid yang membuat kita terkesan jorok seperti tidak boleh keramas dan mitos lainnya. 

Padahal justru di masa haid ini kita harusnya lebih dalam memperhatikan kebersihan tubuh terutama organ kewanitaan. Prof. Dr. dr. Dwiana Ocvianty, SpOG(K), MPH dalam pemaparannya memberikan penjelasan tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) yang merupakan pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam Manajemen Kebersihan Menstruasi ini antara lain:
  • Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih dan dapat diganti sesering mungkin selama masa menstruasi
  • Memiliki akses untuk pembuangan pembalut bekas, serta dapat mengakses toilet, sabun dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi yang nyaman dan privasi terjaga. 

Lalu bagaimana cara menjaga kebersihan selama masa menstruasi? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

cara menjaga kebersihan menstruasi

Selain 6 hal di atas, kita juga perlu memperhatikan hal-hal lain seperti menggunakan air yang bersih saat membersihkan vagina, memastikan arah membersihkan vagina sudah benar yakni dari depan ke belakang dan jika menggunakan cairan pembersih vagina gunakan produk yang memiliki pH sesuai pH normal vagina.

Dengan selalu memperhatikan kebersihan vagina ini, akan bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit yang bisa mengenai organ kewanitaan kita seperti vaginitis, vaginosis bakterialis yang memiliki gejala keputihan dan gatal, kandidosis vulvovaginalis, infeksi saluran kemih dan penyakit lainnya.

 

Peran ibu dalam memberi informasi seputar menstruasi kepada anaknya

Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, para ibu kadang merasa sulit untuk memulai pembicaraan seputar menstruasi ini kepada anaknya sebelum datangnya menarke atau haid pertama. Saya sendiri memiliki putri berusia 4 tahun yang dengan kritisnya selalu bertanya tentang banyak hal termasuk kenapa ibunya menggunakan popok seperti adik laki-lakinya di masa tertentu. Tentunya sebagai ibu saya ingin anak saya mendapat informasi yang benar seputar menstruasi ini.

Ada banyak alasan yang membuat para ibu tidak bisa. Beberapa alasan tersebut antara lain:
  • Tabu, para ibu masih merasa kalau menstruasi merupakan topik yang tabu untuk dibicarakan kepada anaknya
  • Ibu bingung memulai dari mana harus memberikan informasi seputar menstruasi 
  • Ibu kurang memiliki pengetahuan tentang menstruasi 
  • Remaja ragu akan pengetahuan ibunya 
Padahal banyak manfaat yang bisa didapat jika ibu membicarakan seputar menstruasi kepada anaknya, diantaranya adalah:
  1. Kesehatan reproduksi remaja lebih baik
  2. Menunda hubungan seksual pertama 
  3. Mengurangi risiko masalah kesehatan mental terkait seksualitas 
  4. Relasi ibu-anak lebih dekat
Lalu bagaimana cara yang efektif untuk memberikan informasi seputar menstruasi ini kepada anak kita? Berikut beberapa tips yang diberikan oleh Mbak Anna Surti Ariani, S. Psi, M. Si., selaku pemateri kedua dalam webinar tersebut:
 

1.Ibu merupakan sumber informasi pertama

Yakinlah kalau ibu merupakan sumber informasi pertama yang diharapkan anak dalam hal menstruasi ini. Karena itulah sebagai ibu kita wajib membekali diri dengan berbagai pengetahuan tentang menstruasi termasuk Manajemen Kebersihan Menstruasi hingga mitos dan fakta seputar menstruasi. Dengan demikian anak tidak akan ragu bertanya kepada ibunya jika haid pertamanya datang
 

2. Pembicaraan seputar menstruasi bukan hal yang tabu

Yakini kalau berbicara seputar menstruasi itu bukanlah hal yang tabu. Sebaliknya pembicaraan seputar menstruasi sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan generasi penerus bangsa.

3. Lakukan berulang kali

Pembahasan tentang menstruasi sejatinya tidak bisa dilakukan sekali. Ibu bisa mulai membicarakan seputar menstruasi ini saat anak menunjukkan tanda-tanda pubertas atau sebelumnya. Dalam membahas seputar pubertas ini sebaiknya jua disesuaikan dengan usia anak.

4. Bersikap positif

Pembahasan seputar menstruasi bisa jadi merupakan hal yang sensitif bagi anak-anak. Meski demikian, ibu sebaiknya tetap bersikap positif dan tidak membuat topik ini menjadi semakin menakutkan bagi anak. 

5. Banyak bertanya dan berdiskusi

Dalam memberikan informasi seputar menstruasi kepada anak, ibu sebaiknya melakukannya dengan banyak bertanya dan berdiskusi dengan anak. Alih-alih memberikan ceramah panjang, ibu bisa memulai diskusi dengan pertanyaan seperti apa itu menstruasi dan bagaimana ciri-cirinya. Ibu juga bisa berbagi pengalamannya seputar menstruasi yang pastinya membuat anak lebih nyaman diajak bicara.
 

 

6. Jelaskan secara konkrit

Agar anak bisa lebih mengerti tentang menstruasi, ibu bisa menggunakan gambar anatomi tubuh sederhana sembari menjelaskan apa itu menstruasi. Bisa juga dengan menggunakan game yang menjelaskan tentang menstruasi seperti menstrual maze. Selain itu, ibu juga bisa menunjukkan cara memakai pembalut kepada anak agar tak bingung nantinya.


7. Jelaskan juga kepada anak laki-laki

Anak laki-laki juga perlu diberi informasi tentang menstruasi agar mereka dapat lebih memahami dan menghargai perempuan. Anak laki-laki diharapkan tidak mengejek atau mempermalukan anak perempuan yang sedang menstruasi. 


Dukungan pemerintah dalam Manajemen Kebersihan Menstruasi

Dengan adanya fakta seputar kurangnya informasi yang didapat anak perempuan terkait menstruasi, pemerintah pun membuat berbagai program untuk edukasi menstruasi ini. Dalam paparannya, dr. Dwi Oktavia, TLH, M.Epid selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian PenyakitDinas Kesehatan Prov. DKI Jakarta menyebutkan beberapa program yang mendukung kesehatan reproduksi remaja yang sudah dilaksanakan di Jakarta antara lain:

UKS

UKS atau Unit Kesehatan Sekolah tentunya bukan hal yang asing kita temui saat bersekolah dulu. Nah, dalam program kesehatan ini, UKS bekerja sama dengan Puskesmas dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan  lingkungan sekolah sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah.
 

Posyandu Remaja

Jika selama ini kita mengetahui Posyandu hanya untuk balita, maka saat ini Pemerintah juga mulai menggalakkan Posyandu Remaja yang merupakan wadah pos kesehatan remaja yang memfasilitasi dalam memahami seluk beluk selama masa puber.
 

Aku Bangga Aku Tahu 

Program ini merupakan program penyuluhan rutin ke sekolah terkait kesehatan reproduksi dan penyakit infeksi Menular Seksual
 

Vaksinasi HPV

Menjadi salah satu pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah dengan sasaran anak kelas 5 dan 6 SD untuk mengurangi risiko Kanker Serviks.
 
 

 

Betadine Mendukung Kesehatan Reproduksi Wanita

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan area kewanitaan saat menstruasi adalah dengan rajin membersihkan vagina dan mengganti pembalut setiap 4-5 jam sekali. Selain dengan air bersih, kita juga bisa menggunakan sabun khusus area kewanitaan yang memiliki pH sesuai pH normal vagina seperti produk dari Betadine Feminine Hygene.

Sebagai produk yang dibuat khusus untuk area kewanitaan, Betadine Feminine Hygene memiliki rangkaian lengkap yang bisa digunakan untuk harian, saat haid hingga saat vagina kita mengalami infeksi. Selain itu, produk dari Betadine Feminine Hygene juga memiliki formula #yangideal untuk area kewanitaan kita dan pastinya sudah memiliki sertifikat halal dari MUI. 




Beberapa produk dari Betadine Feminine Hygene antara lain:
  • Betadine Feminine Hygene Daily Protection yang bisa digunakan untuk sehari-hari
  • Betadine Feminine Hygene Red Days yang digunakan saat menstruasi. Produk ini memiliki kandungan antiseptik PVI 10%  dapat mengatasi gejala infeksi kewanitaan (Keputihan, Iritasi Ringan, Bau Tak Sedap, Gatal) 
  • Betadine Vaginal Douche merupakan obat pembersih vaginal yang mengandung Povidone Iodine 10%. Produk ini dapat digunakan untuk mengobati vaginitis yang disebabkan oleh candidal, trichomonal, infeksi non spesifik atau infeksi campuran, atau sebagai desinfektan pre-operasi vaginal
  • Betadine Feminine Wipes, merupakan tissue khusus area kewanitaan yang dapat digunakan saat bepergian
Produk Betadine Feminine Hygene ini bisa didapatkan e-commerce kesayangan kamu seperti Shopee atau Tokopedia.


Kesimpulan

Area kewanitaan merupakan salah satu bagian tubuh yang wajib selalu kita jaga kebersihannya. Terutama di masa haid, area ini seharusnya mendapat perhatian lebih karena darah yang mengandung bakteri bisa saja membawa penyakit pada tubuh kita. Dengan adanya Manajemen Kebersihan Menstruasi pastinya akan memudahkan para wanita dalam menjaga kebersihan diri selama menstruasi. 

Selain itu penting sekali bagi para ibu untuk menyiapkan putrinya menghadapi haid pertamanya dengan memberikan informasi seputar menstruasi sebelum anak mendapat haid pertama agar anak tidak bingung nantinya.
Baca Juga

Post a Comment

53 Comments

  1. Aku setuju sekali, pembekalan menstruasi penting banget untuk menyiapkan anak gadis siap menjaga kesehatan organ vitalnya

    ReplyDelete
  2. Yumna sama nih pertanyaannya kaya aku dulu pas masih kecil. Bedanya aku nanya2 lagi. Sakit nggak? Terus darahnya seberapa banyak? Dan sebagainya.

    ReplyDelete
  3. Dulu anak laki laki semacam ga boleh tahu soal menstruasi ini. Sekarang justru anak laki-laki juga harus diberitahu. Ya mereka harus tahu selain biar bisa menghormati, menghargai dan melindungi juga agar kelak saat punya anak bisa menginformasikan dengan benar juga ya

    ReplyDelete
  4. Duh, penting banget nih beli produk Betadine Hygiene ini. Biar daerah kewanitaan tetap terjaga kebersihannya.

    ReplyDelete
  5. Ternyata pemerintah peduli juga dengan edukasi masalah ini, salut. Semoga bisa memberantas minimnya kesadaran kita akan support dan kebersihan di masa haid ke anak ya

    ReplyDelete
  6. Mbak, makasih banyak ya sudah share pengetahuan sekece ini. Aku catat diingatan buat bekal saat bocilku mengalami menstruasi nanti.

    ReplyDelete
  7. Anakku pas nanya juga sempet bingung kasih taunya gimana karena baru 3 tahunan, tapi aku coba jawab semampunya aja. Tapi aku gak bilang lagi luka gt Mbaa takut malah mikir yg lain lagi anaknya šŸ¤£ walaupun sebenernya anak taunya yg namanya berdarah pasti identik sama luka kan ya wkwk

    ReplyDelete
  8. Hehe sama kayak aq awalnya bilang keluar darah pakai pampers. Sekarang mah harus sesuai kalimatnya. Pakai pembalut biar anak2 ga bingung. Penting banget mengajarkan kebersihan menstruasi ini ke anak2 ya

    ReplyDelete
  9. sama kak aku awal mendapatkan menstruasipun panik karena belum paham dan umi aku memberikan penjelasan ketika kejadian terjadi dan alhamdullilah guru agama dan umi memberikan pengarahan serta edukasi bagaimana cara memakai pembalut yg baik dan benar serta durasi waktu pemakaianšŸ˜€

    ReplyDelete
  10. Saya setuju edukasi PMS musti diberikan kepada remaja, terkadang para orang tua juga abai dengan hal itu.

    ReplyDelete
  11. Emang ya Betadine ini terbukti ampuh berjalan dengan mengedepankan kebersihan dan edukasi terhadaoo masyarakat tentang pentingnya kebersihan daerah kewanitaan elama menstruasi.

    ReplyDelete
  12. Ibu harus lebih peka bahas tentang menstruasi ini ke anak perempuannya agar anak juga bisa bertanya dan dapat info lebih dari orangtuanya ketimbang dapat infonya dari sumber luar ya.

    apalagi sekarang anak-anak bisa dapat menarchenya itu lebih cepat daripada generasi sebelumnya,

    ReplyDelete
  13. Urusan kenyamanan memang nggak nyaman banget saat mens. Aku kadang lebih suka menahan kencing. Soalnya melihat pembalut yang ada darahnya itu suka agak gimana gitu. Hehehehe

    ReplyDelete
  14. senang sekali ada produk dari Betadine ini
    produknya lengkap untuk membantu perempuan menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaannya

    ReplyDelete
  15. Pertanyaan si kecil bisa membuat ia memahami apa yang terjadi padanya di masa depan. Makanya kita harus memberikan pemahaman yang tepat nih

    ReplyDelete
  16. Bener mba, ngomonging hal-hal seperti reproduksi ini kadang rasanya tabu. Aku sendiri ngerasa dulu kayaknya edukasi soal ini minim sekali. Padahal ini bagian dari sex education juga ya. Edukasi pun gak cuma untuk anak perempuan, tapi anak laki-laki pun sebaiknya tau.

    Ini jadi edukasi untuk anak-anak sejak dini bahwa menjaga kesehatan itu penting, termasuk keshatan area kewanitaan

    ReplyDelete
  17. Nah, ini nih yang penting banget buat anak perempuan, edukasi tentang menstruasi. Juga tentang bagaimana cara menjaga kebersihan saat menstruasi. Penting banget.
    Ortu (utamanya Bunda) kudu memberikan edukasi secara mumpuni.
    jangan sampe anak2 dapat info tidak kredibel ya

    ReplyDelete
  18. Edukasi soal menstruasi memang perlu banget loh, biar ketika si gadis ngalamin menstruasi pertamanya, dia nggak kaget lagi dan telah siap menghadapinya dengan senyuman, hahaha.

    Sekarang mah nggak perlu tabu lagi, setiap orang tua perlu banget edukasi sejak dini mengenai menstruasi kepada setiap anak gadisnya. Orang tua juga wajib menambah ilmu soal menstruasi, jadi bisa memberikan penjelasan yang komprehensif sekaligus berbagi pengalamannya.

    Penting banget nih menjaga kebersihan saat menstruasi. Untung ada Betadine Feminine Care....

    ReplyDelete
  19. dengan ikut webinar ini kita jadi aware ya Mbak, kalau bahas tentang menstruasi ini gak perlu ditunda lama-lama lagi agar anak bisa tahu info ini pertama kali dari kita ya, karena Ibu yang diharapkan anak :)

    ReplyDelete
  20. wah aku baru tau ternyata masih banyak juga yaa yang kesusahan ngobrolin tentang kebersihan dan kehigienisan ketika menstruasi. mungkin perlu lebih rileks dan rutin obrolinnya yaa

    ReplyDelete
  21. Jadi pengin nyobain paket betadinenyaa. Kemarin ikutan webinarnya jugaa, kalau ad kesempatan ikutan lagi penginnya ngajak anak2 remaja jugaa yaa. Kalau acaranya dikemas buat anak2 remaja pasti bakal seru juga nih kayak kemarin

    ReplyDelete
  22. Dengan betadine, kebersihan miss v akan selalu terjaga ya baik di hari biasa atau pun menstruasi.

    ReplyDelete
  23. Di zaman milenial ini anak2 plus remaja laku2 atay perempuan semakus kritis. Curiousity mereka semakin tajam dan kutapun hrs menjawab pertanyaan mereka dengan jelas tanpa meninggalkan satu penasaran yg mengganjal di hati anak2. Untunglah ada Webinar via Zoom yg mengupas tuntas tentang beragam hal menyangkut apa dan bagaimana kita me jelaskan kpd pra-remaja mengenai menstruasi.

    ReplyDelete
  24. mengganti pembalut empat jam sekali sangat penting dilakukan guna menjaga kesehatan organ intim agar terhindar dari risiko penyakit

    ReplyDelete
  25. Wah daku juga usia 12 tahun menarke, tapi diusia itu bukan SD, melainkan SMP kelas 8 hehe.

    Memang perlu edukasi jelang menarke, biar gak kaget maupun bingung

    ReplyDelete
  26. Manajemen Kebersihan Menstruasi harus didukung oleh berbagai pihak ya termasuk penyediaan air besih, toilet berish dan kemudahan mendapatkan pembalut apalagi saat hari pertama haid pas ga bawa pembalut. Sejak pertama haid dulu sampai sekarang aku sudah mencuci pembalut bekas pakai sebelum dibuang

    ReplyDelete
  27. Kalau jawab pertanyaan anak yang masih kecil emang tricky ya karena harus sesuaikan dengan umur mereka. Juga sejauh apa mereka pengen tahu atau harus paham. Lebih enak kalau ngobrol saat mereka umur 9-10 tahun karena sudah mulai mengerti akan perubahan tubuhnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan bicara soal manajemen kebersihan menstruasi ke anak itu nggak boleh bosen. Kadang juga harus dicontohin karena biasa anak remaja kan suka males kalau nggak diingetin terus.

      Delete
  28. Allhamdulilah ya Mba aku hepi banget bisa ikutan acara ini juga. Management kebersihan menstruasi asli penting banget.

    ReplyDelete
  29. Abis ikutan webinar Betadine ini, aku jadi makin sadar akan pentingnya Manajemen Kesehatan menstruasi, dan gimana caranya bicara menstruasi ke anak perempuan..

    ReplyDelete
  30. Iya penting banget jaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi dan penting juga nih disampaikan ke anak perempuan dan anak lagi-laki sejak dini, agar mereka paham.

    ReplyDelete
  31. Memang penting banget ya peran ibu dalam edukasi masalah menstruasi ke anak perempuannya. Mbaknya bakal mempraktikkan langsung ya mbak. Nanti pas anaknya udah gede. Pasti udah jago nanti mbaknya dalam edukasi anaknya.

    ReplyDelete
  32. Edukasi tentang menstruasi ke anak perempuan memang penting ya. Ditambah juga dengan pentingnya menjaga kebersihan organ intimnya. Karena banyak juga literasi kesehatan yang menyebutkan kalau masa menstruasi rentan penyakit kalau tak jaga kebersihan

    ReplyDelete
  33. senang banget ya dapat ikut acara webinar kayak gini pasti bermanfaat banget apalagi berkaitan dengan kebersihan area perempuan, usefull banget pastinya dan jarang-jarang ada acara seperti ini

    ReplyDelete
  34. Aku kls 3 smp mba, waktu itu udah dpt semacam seminar di sekolah dr brand pembalut gtu. Mitos iyaa tuh aku jg sempat bingung tp mama bilang nggak masalah..

    ReplyDelete
  35. Berbeda dengan jaman saya dulu, anak sekarang lebih berani bertanya tentang topik sensitif seperti menstruasi begini. Kita pun sebagai orangtua jadi lebih mudah karena anak tidak merasa tabu. Tetapi tetap harus tahu cara berkomunikasi yg tepat ya, agar anak juga tidak salah info.

    ReplyDelete
  36. Info info segar yang didapat setelah mengikuti webinar ini,
    jadi bikin aku dan si cantik punya topik menarik untuk diskusi loh mbak, dan semua dipaparkan secara ilmiah, mamah berasa jadi orang paling keren sedunia

    ReplyDelete
  37. Nah iya karena masih banyak yang anggap tabu, banyak yang tak berani bahas soal menstruasi ke anaknya. Padahal ini penting dan harus dilakukan

    ReplyDelete
  38. Hahaha, sama mba pertanyaannya anak saya waktu kecil, kok Ibu masih pake popok? Sekarang sih udah ngerti dia kalo perempuan tiap bulan mengalami menstruasi. Emang penting banget bicara menstruasi ke anak, biar dia paham pentingnya menjaga kebersihan menstruasi.

    ReplyDelete
  39. Sedang menstruasi atau tidak, area kewanitaan sebaiknya memang dijaga kebersihannya. Edukasi tentang hal ini sebaiknya memang diberikan sejak dini kepada anak perempuan kita. Demi kesehatan organ reproduksi.

    Melalui tulisan ini aku jadi kenal rangkaian produk Betadine Feminine Care buat merawat dan membersihkan area kewanitaan. Bisa jadi pilihan untuk digunakan sehari-hari.

    ReplyDelete
  40. note ini, membersihkan pembalut dengan bersih lalu membuangnya ke bak sampah , kalo kami di rumah menggunakan kantong kresek, namun sering juga menggunakan pembalut kain, jadi memang harus dicuci dengan sangat bersih

    ReplyDelete
  41. Menjaga kebersihan saat menstruasi emang penting bangettt... Selain agar nyaman beraktifitas, biar sehat juga semuanya.. membersihkan pembalut dan lainnya juga harus diperhatikan banget nih...

    ReplyDelete
  42. Dulu si Kaka sebelum mendapatkan menstruasi pertamanya udah sy ikutan kegiatan edukasi MKM dan sy dampingi. Ngebanti banget pastinya sy jg sekalian belajar

    ReplyDelete
  43. Penting sekali perempuan juga laki-laki tahu seputar Manajemen Kebersihan Menstruasi, pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi ini. Dan memang sebaiknya dikenalkan sejak dini

    ReplyDelete
  44. Edukasi tentang menstruasi untuk anak perempuan dari ibu tapi penting juga ya kalau di sekolahan juga diberikan edukasi juga terutama seputar manajemen kebersihan menstruasi supaya di tempat umum juga bisa menyediakan alat kebersihan yang memadai

    ReplyDelete
  45. Ternyata mencari pembersih daerah kewanitaan ini nggak boleh asal ya mbk, harus sesuai dengan pH miss v. Penting banget edukasi tentang menstruasi ke anak anak, agar mereka lebih siap ketika menstruasi datang

    ReplyDelete
  46. aku senang dengan Betadine ini mbak
    produk produk Betadine ini sangat lengkap ya
    membantu setiap perempuan menjaga area kewanitaannya

    ReplyDelete
  47. Sama persis kaya anakku nih mbak pertanyaannya "Kok ibu udah gede masih pakai popok?"

    Akhirnya aku kasih tau dia tentang menstruasi walaupun hanya sedikit penjelasnya. Btw, aku juga pakai Betadine mbak buat bersihin Miss V

    ReplyDelete
  48. Anakku cowok dulu ngomongnya juga pampers, tapi berjalannya waktu aku benerin juga kalo yang dipakai ibu saat menstruasi itu namanya pembalut. PEnting sih mengajak anak ngobrol seputar menstruasi ya mbak

    ReplyDelete
  49. Hahah sama anakku jg ngiranya pembalut tu pampers.
    Setuju banget yang namanya menstruasi sebaiknya diobrolin terus menerus ya jangan malah dianggap tabu soalnya emang sebaiknya anak2 mengetahui ttg fakta dan info menstruasi dr ortunya khususnya emaknya :D

    ReplyDelete
  50. dulu anakku bingung ngapain pampers itu wkwkkw tapi jaga kesehatan dan kebersihan selama menstruasi penting ya ternyata apalagi buat anak-anak yang pasti bingung apa itu menstruasi

    ReplyDelete
  51. Kebetulan anakku perempuan semua mba
    Bisa jadi bekal persiapanku kelak, supaya mereka lebih siap menghadapi menarke nanti.
    Baru tahu, menstruasi ada manajemen kebersihannya juga

    ReplyDelete
  52. Anak sekarang lebih kritis saat bertanya dan kadang bikin gelagapan menjawabnya. Bersyukur ikut webinar kemarin, jawaban pertanyaan tentang apa itu mens, harus bagaimana saat mens, apa efeknya kl tidak bersih, dan pentingnya MKM.

    ReplyDelete