Geoman Electrical DNY provides products such as UPS Systems (uninterruptible power supply) in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support.

Bagi mereka yang lingkup pekerjaannya berada di depan komputer, terjadinya pemadaman listrik secara tiba-tiba pastilah sebuah hal yang mengesalkan. Bayangkan saat sedang serius mengerjakan pekerjaan tiba-tiba saja layar di depanmu mati sementara pekerjaan belum sempat disimpan. Kesal banget dong ya, pastinya. Duh, coba aja komputernya pakai UPS, pasti nggak bakalan hilang deh pekerjaan yang sedang dikerjakan, begitu mungkin omel kita dalam hati. 

Dalam sebuah lingkungan kerja, terutama yang berhubungan dengan komputer, keberadaan UPS memang sangatlah penting dan bermanfaat. UPS atau Uninterruptable Power Supply merupakan sebuah perangkat yang memberikan cadangan daya bagi peralatan elektronik saat listrik mati. Dengan menggunakan UPS, maka komputer akan bisa bertahan selama beberapa menit sehingga memberikan waktu bagi penggunanya untuk menyimpan data yang sedang dikerjakan. Dalam menjalankan fungsinya ini UPS menggunakan energi yang berasal dari baterai kering yang kemudian diubah menjadi tegangan AC dengan menggunakan rangkaian inverter. 

Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas dengan Produk Herbal

 


Saya termasuk orang yang gampang tertidur. Kalau kata orang pelor, sekali nempel di bantal langsung molor deh. Apalagi kalau saya sudah naik mobil sebagai penumpang. Dijamin dalam hitungan beberapa puluh menit mata saya langsung terpejam. Hal yang mungkin kurang disukai oleh mereka yang memerlukan teman perjalanan saat bermobil.

Sayangnya, gampang tertidur tidak menjamin saya memiliki tidur yang berkualitas. Kadang saat sudah tertidur saya bisa terbangun berkali-kali dalam semalam. Apalagi kalau misalnya anak sedang sakit, pastilah membuat pola tidur saya terganggu. Ujung-ujungnya di pagi hari saya terbangun dengan mata dan kepala yang terasa berat karena tidur yang tidak nyenyak ini.


Pentingnya tidur yang berkualitas



Idealnya, kita disarankan untuk tidur selama 6-7 jam sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh beristirahat. Angka ini sebenarnya tidak mutlak mengingat kebutuhan tidur untuk anak dan dewasa berbeda-beda. Pada bayi misalnya memerlukan waktu tidur 11-17 sehari. Sementara untuk anak-anak, jam tidur yang diperlukan mulai dari 9-13 jam. Nah, untuk mereka yang sudah dewasa, barulah disarankan untuk tidur minimal 7 jam sehari.

Namun kuantitas tidur sebenarnya juga tidak menjamin seseorang mendapat tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas lebih mengacu ke apakah tidur kita sudah nyenyak atau belum? Tidur berkualitas ini ditandai dengan ciri-ciri seperti dapat tidur selama 30 menit atau kurang, tidur malam tanpa terbangun di tengah malam atau hanya terbangun 1 kali, dan kembali dapat tidur dalam waktu 20 menit setelah terbangun. Tentunya tidur yang berkualitas ini lebih baik ketimbang tidur yang lama namun selalu terbangun kan, ya? 

Informasi ini sendiri saya dapatkan saat mengikuti Webinar yang diadakan oleh Deltomed Laboratories dan komunitas Ibu Ibu Doyan Nulis yang bertema "Kesehatan dan Produktivitas Dimulai dari Tidur Berkualitas" dengan nara sumber dokter Inggrid Tania, M.Si (Herbal) selaku Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dan apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc. selaku Chief Business Development and R&D PT. Deltomed Laboratories.

Dalam webinar tersebut, dr. Ingrid menekankan tentang pentingnya seseorang untuk tidur malam minimal selama 6 jam karena proses detoksifikasi pada tubuh hanya terjadi di malam hari. Selain itu, tidur malam yang cukup akan membuat proses deep sleep lebih mudah terjadi. Deep sleep sendiri terjadi saat gelombang otak dalam keadaan paling lambat selama tidur. Saat proses deep sleep terjadi, detak jantung, kecepatan nafas, dan gelombang aktivitas otak akan berkurang hingga titik terendan dan membuat otak jadi rileks. Deep sleep ini sangat penting bagi metabolisme tubuh termasuk regulasi hormon dan proses pertumbuhan.

Masa pandemi sendiri ternyata cukup mempengaruhi kualitas tidur masyarakat di dunia. Berdasarkan survey yang dilakukan Sleephelp.org, sebanyak 22% orang menyatakan kalau kualitas tidurnya memburuk karena adanya Covid-19 yang disebabkan oleh stress, ketakutan dan kecemasan akan Covid-19. Tak hanya karena gangguan stress atau kecemasan, berkurangnya kualitas tidur bisa disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

  1. Gangguan fisik seperti sakit kepala, nyeri sendi, nyeri perut dan hal lainnya
  2. Isu medis seperti sleep apnea dan yang lain
  3. Gangguan psikologis/psikometris seperti stress, depresi dan ansietas
  4. Gangguan lingkungan seperti lampu kamar yang terlalu terang, suara berisik dan yang lainnya
  5. Genetik, seperti narkolepsi yakni gangguan sistem saraf yang menyebabkan rasa kantuk berlebih pada siang hari serta tertidur secara tiba-tiba tanpa mengenal waktu dan tempat
  6. Faktor usia, di mana biasanya lansia berusia 65 tahun atau lebih mengalami masalah tidur
  7. Obat-obatan seperti obat hipertensi, obat antidepresi dan obat yang mengandung kafein
  8. Bekerja di malam hari yang merupakan aktivitas yang berlawanan dengan biological clock.

Berkurangnya kualitas tidur ini pastinya juga turut berpengaruh pada produktivitas dan kesehatan kita. . Beberapa dampak negatif yang bisa terjadi jika seseorang mengalami gangguan dalam kualitas tidur antara lain:

  • Menurunnya sistem imun
  • Menurunkan fungsi kognitif dan working memory span sebesar 38%
  • Mempengaruhi mood dan rentan terkena depresi
  • Kurangnya kualitas tidur dapat membuat peluang terjadi kecelakaan semakin besar
  • Kurang tidur berpengaruh pada kesehatan kulit dan dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini
  • Kurangnya kuantitas dan kualitas tidur dapat meningkatkan selera makan junk food/makanan tidak sehat semakin besar


Jadikan tidur lebih berkualitas dengan bantuan herbal

Untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, ada banyak cara yang bisa digunakan. Beberapa orang menggunakan wangi-wangian dalam kamar agar bisa tidur dengan nyenyak. Ada yang melakukan olahraga ringan sebelum tidur dan ada juga yang memiliki kebiasaan mandi sebelum tidur agar saat tidur tubuh terasa lebih segar dan nyaman. 
 

  
Lalu bagaimana jika kualitas tidur tidak terpenuhi dengan cara-cara di atas? Nah, untuk itu, kita bisa mencoba herbal yang memiliki fungsi membantu agar tidur lebih lelap. Beberapa herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan tidur ini antara lain:

Passion Flower

www.gardenia.net

Passion Flower atau Passiflora incarnata merupakan jenis tanaman yang berhabitat di Amerika Serikat bagian Tenggara (Texas-Florida). Bunga ini memiliki kandungan Alkaloids (harman, harmoline), flavonoids (vitexin, saponarin, luteolin, rutin, kaempferol, quercitin), fatty acids (linoleic, linolenic, palmitic, oleic, myristic), acids (formic & butyric), sugar, gum, coumarins, cyanogenic glycosides, volatile oil, chrysin.
 
Secara farmakologi, manfaat dari kandungan-kandungan yang ada pada passion flower ini antara lain
  • Alkaloid (harman, harmoline): efek melemaskan otot (muscle relaxant) dan sedatif.
  • Flavonoid: efek anti spasmodik, anti radang dan sedatif.
  • Chrysin: menjaga kadar hormon testosteron. 
Sebagai herbal yang digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur, Passion Flower memiliki profil keamanan yang baik dan jarang menimbulkan efek samping.

 

Valerian

http://www.farmakoterapi.com


Valerian merupakan tanaman yang berasal dari Eropa dan Asia Barat. Kandungan dari tanaman ini antara lain : Volatile oil (camp hene, borneol), sesquiterpene alkaloids (valerenicacid), Iridoid esters (valepotriates), alkaloids (actinidine, valerine, valerianine, chatinine).

 Secara farmakologi, manfaat dari kandungan yang ada pada tanaman Valerian ini antara lain:

  • Minyak atsiri (camphene, borneol) dan Iridoid valepotriates: efek menekan sistem saraf pusat→sedatif, hipnotik dan antispasmodik.
  • Asam valerenat dan turunannya: efek sedatif dan antispasmodik (karena bekerja pada GABA)
  • Alkaloids: efek hipotensif

Sebagai herbal yang digunakan untuk mengatasi gangguan tidur, Valerian memiliki profil keamanan yang baik. Namun perlu diingat pada orang yang sensitif terhadap kandungan valepotriates, dapat terjadi efek paradoks, yakni efek stimulan. Selain itu pada pemakaian jangka panjang kurangi dosis bertahap sebelum menghentikan konsumsi Valerian, untuk mencegah gejala withdrawal. Valerian juga tidak boleh digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

 

Jahe 


 

Sebagai salah penghuni bumbu dapur, tentunya kita tidak asing lagi dengan rempah jahe ini. Jahe atau yang bernama latin Zingiber officinale memiliki habitat asli di Asia Tenggara, Cina, India, dan Kepulauan Pasifik. Adapun kandungan dari jahe antara lain: Volatile oil (zingiberene), sesquiterpenes, oleo-resins (gingerols, shogaols), starch, proteins, lipids, nutrients, amino acids.
 
Secara farmakologi, manfaat dari kandungan yang ada pada tanaman Jahe ini antara lain:
  • Gingerol (terutama pada jahe segar) berfungsi meningkatkan ambilan kalsium oleh otot jantung dan menguatkan kontraksi jantung (kardiotonik), memelihara fungsi liver (hepatoprotektif), antiradang, antioksidan, antiseptik, serta merangsang sekresi ludah, asam lambung dan empedu untuk membantu pencernaan.
  • Minyak atsiri(zingiberene, b-bisabolene) berfungsi sebagai antikolesterol, antioksidan, analgetik, antispasmodik dan melancarkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah kapiler
  • Menghambat agregasi trombosit dan prostaglandin & leukotriene yang terkait dengan peradangan.


Antangin Good Night, tablet herbal untuk perbaiki kualitas tidur


Beberapa herbal seperti passion flower, valerian dan jahe dapat dikombinasikan untuk mendapatkan efek yang sinergistik dalam menginduksi tidur, meningkatkan total sleep time, memperbaiki kualitas tidur serta membantu mencegah dan mengatasi efek buruk akibat kurang tidur seperti masuk angin dan penurunan imunitas. Namun tentunya sulit bagi kita untuk mengumpulkan herbal yang dimaksud apalagi kalau habitatnya bukan berasal dari Indonesia.

Nah, untungnya sekarang sudah ada produk baru dari Deltomed Laboratories yang dapat membantu mengatasi masalah gangguan tidur ini yakni Antangin Good Night. Antangin Good Night merupakan produk tablet herbal terbaru dari Deltomed dengan kandungan passion flower, valerian, Ginger, Myristica dan Sembung. Produk ini memiliki manfaat membantu meringankan gangguan sulit tidur, membantu meredakan gejala masuk angin dan menghangatkan badan.
 
Antangin Good Night sudah mengantongi sertifikat ISO 9001, terdaftar di BPOM dan lolos CPOTB yakni petunjuk yang menyangkut aspek produksi dan pengendalian mutu obat tradisional yang meliputi seluruh rangkaian pembuatan obat tradisional yang bertujuan agar produk obat tradisional yang dihasilkan senantiasa memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sesuai dengan tujuan penggunaan. 

Produk Antangin Good Night bisa didapatkan di toko obat, apotek dan ecomerce dengan harga Rp. 5000,00/strip. Cara penggunaannya yakni diminum 2-4 kaplet sebelum tidur dan perlu diingat produk ini diperuntukkan bagi orang dewasa atau berusia 12 tahun ke atas. 

Demikian sedikit sharing yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Baca Juga

Post a Comment

15 Comments

  1. Wah keren ada produk Antangin yang bantu buat tidur jadi berkualitas.

    Btw, sama banget Mbak. Saya juga tipe yang gampang banget ketiduran kalau kepala sudah nempel di bantal. Di mobil juga seperti itu. Toss, wkwkwk.

    ReplyDelete
  2. Wah, ini tyt antangin punya varian good night. Pas banget buat aku yg suka gak seimbang waktu boboknya. Dulu, kalo di jalan aku jg tipe yg gampang bobo. Pas di rumah malah susah bobo. Ahaha

    ReplyDelete
  3. Wah mau coba juga dong mba kebetulan Eny tidurnya gak nyenyak Mulu pas bgt baca tulisan ini

    ReplyDelete
  4. Tidur yang berkualitas akan mengantarkan pada hidup yang berkualitas juga. Hidup jadi lebih produktif karena tidak ada keluhan efek kurangnya kualitas tidur.

    ReplyDelete
  5. betul tidur yang cukup mmebuat kita lebih sehat

    ReplyDelete
  6. Melihat thread ini. Ciri-ciri orang yang kualitasnya jelek itu aku banget. Aku sering banget melupakan hal yang aku lakukan padahal tentangnya cuma 30 detik. Bahkan sampai pernah nyalain kompor terus ditinggal. Untung langsung sadar karena ada asap.

    Mau dicoba tipsnya untuk yang antangin, karena yang wangi-wangian takut teman sekamar ga nyaman.

    ReplyDelete
  7. Yang jelas kalau di aku itu pas kurag tidur kulitnya jadi breakout :( terus gampang capek. Pentng bgt memang tidur yg berkualitas. Such a reminder buatku. Dan baru tau produk barunya Antangin. Menark sih :)

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen coba antangin good night. Lumayan juga biar membantu tidur berkualitas

    ReplyDelete
  9. Wahhh ini yang aku butuhin. Dua mingguan ini tidur di atas jam 12 malem terus. Mengsedih

    ReplyDelete
  10. eh boleh nih dicoba jadi penasaran. pola tidur aku beneran berantakan banget

    ReplyDelete
  11. Tidur berkualitas ini emang sangat dibutuhkan untuk kesehatan yak.
    Ada produk baru pulak yak dari antangin bisa dicoba nih.

    ReplyDelete
  12. Walaahhh aku baru tahu untuk tidur yang berkualitas pun harus punya amunisi yaa, hehehhe
    Buatku sih kl gk cukup tidur tuh pasti bakalan muncul jerawat², makanya sllu menghindari satu hal ini

    ReplyDelete
  13. Tidur berkualitas menurutku wajib banget untuk kita semua, yang punya aktivitas padat. Makanya, kalao udah nggak bisa bobok dengan nyenyak, pake produk herbal ini aja lah ya

    ReplyDelete
  14. Wah udah ISO dan BPOM, mantap soul selalu jadi solusi ya antangin. 1/3 waktu hidip kita emang dipakai untuk tidur, semoga bisa tidur berkualitas jadinya kerjaan lancar dan bisa fokus:).

    ReplyDelete
  15. Antangin memang jadi produk andalan saya kalau nggak enak badan atau mau perjalanan jauh. Ternyata sekarang juga ada antangin good night untuk membantu tidur lebih berkualitas ya. Cocok nih biasanya saya lagi masa mens gitu malah susah tidur.

    ReplyDelete