[Review] Waterboom Pesona Modern Banjarmasin

 

"Berenang, berenang," begitu kata putri saya setiap kali melihat video kolam renang yang ada di ponsel saya.

"Yumna mau berenang?" tanya saya kemudian.

Berlawanan dengan ucapannya sebelumnya, putri saya itu malah menggelengkan kepalanya

"Masih takut ya?" kata saya kemudian. Yumna tak menjawab lagi dan melanjutkan kegiatan menonton videonya sementara saya menemani di sampingnya. 

Jadi ceritanya setelah ulang tahunnya yang ke dua akhir tahun 2018 lalu, saya dan suami mengajak Yumna berenang untuk pertama kalinya. Layaknya balita yang pertama kaki berkenalan dengan air, mulanya Yumna sempat takut namun dengan cepat ia beradaptasi hingga akhirnya malah ketagihan main air. Melihat hal ini, saya dan suami pun berencana mengajak 

Namun qadarullah pada kunjungan kami yang ke tiga ada insiden yang membuat Yumna hampir kelelep. Nah, setelah itu anaknya sepertinya agak takut bermain air. Sepanjang waktu ia minta dipegangi dan tak lagi berani bereksplorasi di dalam air. Kami berdua pun tak memaksakan dan memilih menunggu hingga Yumna siap untuk diajak berenang kembali. 


Waterboom Pesona Modern



Kalau boleh dihitung, ada cukup banyak tempat yang menyediakan rekreasi air atau waterboom di kota Banjarmasin. Sayangnya hingga kami pindah ke daerah pinggiran setengah tahun lalu, tak satupun waterboom tersebut yang dikunjungi. Karena jauh dari pusat kota, akhirnya kami putuskan mengajak Yumna berenang ke Waterboom Pesona Modern yang letaknya tak jauh dari rumah yang kami tinggali sekarang.

Waterboom Pesona Modern sendiri bisa dibilang salah satu tempat rekreasi air yang cukup terkenal di Banjarmasin dan sekitarnya. Berlokasi di Jl. A. Yani km 11, waterboom yang satu ini memiliki berbagai fasilitas kolam yang bisa dinikmati dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk bisa mencapai tempat ini dari Banjarmasin, kita bisa menggunakan angkot jurusan Gambut dari Banjarmasin dan berhenti tepat di pinggir jalan A. Yani. Waterboom-nya sendiri berada di dalam komplek perumahan dan berjarak sekitar 1-2 km dari depan jalan A. Yani.


Untuk bisa menikmati berbagai wahana yang ada di waterboom Pesona Modern, para pengunjung dikenai tiket masuk yang bisa dibayar tunai maupun menggunakan kartu debit. Harga tiket masuk waterboom Pesona Modern ini adalah Rp. 45.000 di hari kerja dan Rp. 60.000 untuk weekend. Anak-anak sendiri akan dikenai tiket jika tingginya melebihi 80 cm. Saat melakukan pembelian tiket, pengunjung akan dibuatkan kartu BNI TapCash senilai Rp. 20.000,00 yang bisa dibawa pulang atau dikembalikan saat akan pulang. BNI Tapcash ini juga bisa diisi ulang dan dijadikan alat pembayaran saat berada di dalam area weterboom.

Setelah membeli tiket masuk, kami bertiga langsung menuju pagar antrian dan menunjukkan kartu BNI TapCash yang sudah diberikan untuk di-scan oleh petugas. Selain itu, petugas juga akan memeriksa tas yang kita bawa apakah di dalamnya ada barang-barang yang dilarang atau tidak. Oh, ya, di waterboom ini tidak diperkenankan membawa makanan dari luar kecuali susu dan bubur untuk bayi.

Fasilitas Kolam Waterboom Pesona Modern

Sebagai salah satu tempat rekreasi air yang cukup populer, waterboom Pesona Modern memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di waterboom ini terdapat 5 macam kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda. Beberapa kolam tersebut antara lain:

  • Kolam utama


Saya menyebut kolam utama karena kolam ini berada tepat di tengah-tengah wahana. Kolam ini memiliki kedalaman mulai dari 40 cm hingga kurang lebih 90 cm, cocok untuk anak-anak dan balita. Di kolam ini terdapat beberapa perosotan dan juga ember besar untuk menyiram pengunjung yang berada di bawahnya.

  • Kolam pantai


Kolam ini terletak di sisi kanan dari pintu masuk. Sesuai namanya yakni kolam pantai, kolam ini dibuat dengan melandai layaknya pantai dan ada juga ombak buatannya. Di sekitar kolam ini terdapat beberapa gazebo yang disewakan untuk para pengunjung.

  • Kolam susur sungai
Kolam susur sungai terletak di samping kolam utama. Di kolam ini pengunjung bisa menyusuri kolam layaknya di sungai dengan menggunakan perahu karet yang disediakan di waterboom

  • Kolam dengan kedalaman sedang
Jika di sisi kanan waterboom terdapat kolam pantai, maka untuk sisi kananya disediakan kolam dengan kedalaman kurang lebih 90 cm. Kolam ini cocok digunakan untuk anak-anak di atas 6 tahun dan

  • Kolam dewasa
Sesuai dengan namanya, kolam ini ditujukan bagi mereka yang sudah pandai berenang dan memiliki kedalaman di atas 100 cm

  • Kolam dangkal
Kolam dengan kedalaman kurang dari 30 cm. Kalau yang ini cocoknya buat balita pastinya. Hehe.

Nah, dari keenam fasilitas kolam yang disediakan, saya pribadi lebih sering menggunakan kola utama untuk mengajak Yumna berenang. Alasannya tentu saja karena kedalamannya yang cukup aman plus lebih banyak fasilitas perosotannya.

Baca juga : Soto Ayam Suroboyo Cak Hari, Soto Surabaya Enak di Banjarmasin

Fasilitas tambahan di Waterboom Pesona Modern

 

Selain fasilitas berupa kolam, waterboom Pesona Modern juga menyediakan beberapa fasilitas tambahan seperti wahana flying fox (saya belum pernah mencoba jadi tidak tahu berapa biayanya), musala, restoran, tempat penitipan barang, dan tentunya ruang ganti dan bilas yang tersebar di berbagai sudut waterboom. Untuk ruang bilasnya sendiri ruangnnya cukup besar dengan shower di atasnya. Sayangnya saya kurang sreg jika harus berbilas dengan shower ini karena bentuknya yang bukan hand shower membuat mandi rasanya kurang puas. Untuk menyiasatinya, kadang saya memilih berbilas di toilet saja. Hehe.

Bicara soal makanan, restoran di waterboom Pesona Modern menyediakan menu yang cukup variatif. Ada nasi goreng, ayam geprek, ayam goreng, dan beberapa menu lainnya. Di resto ini juga menyediakan aneka cemilan dan jus untuk pengunjung. Harganya sendiri mungkin agak lebih mahal 10% ya ketimbang di warung biasa.

Selain restoran, ada juga cafe mini yang letaknya dekat kolam pantai. Nah, kalau kafe ini menyediakan menu cemilan seperti sosis goreng, kentang goreng dan lain sebagainya. Tak hanya itu, di hari minggu juga disediakan penjual jajanan pasar yang pastinya bakal diserbu pengunjung.

Gathering Perusahaan di Waterboom Pesona Modern


Tak hanya menjadi tempat rekreasi keluarga, ternyata waterboom Pesona Modern juga bisa dijadikan tempat gathering perusahaan, lho. Jadi ceritanya saat pertama kali saya mengunjungi waterboom ini, ternyata di salah satu area diadakan acara gathering sebuah perusahaan lengkap dengan MC dan pengisi acaranya. Memang di waterboom ini untuk hari Jum'at dan Minggu biasanya ada penyanyi yang menghibur para pengunjung yang datang. Nah, sayangnya saya kurang tahu apakah MC dan konsumsi yang disediakan untuk acara gathering ini dari perusahaan tersebut atau dari manajemen waterboom sendiri.

Demikian review saya tentang waterboom Pesona Modern. Semoga bermanfaat ya buat semua :)



Waterboom Pesona Modern
Jl. A. Yani km 11



40 comments:

  1. Asyik yah apalagi berenang bareng keluarga

    ReplyDelete
  2. Murah tapi mewah lumayan deh

    ReplyDelete
  3. Wah tinggal di banjarmasin ya? Kakak saya juga tinggal disini. Btw...waterboomnya cukup luas ya kolam renangnya..dan byk pilihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah berarti pernah ke Banjarmasin juga dong, mbak?

      Delete
  4. Wah seru ya... Harga tiketnya lumayan terjangkau kalau dibandingkan dengan waterboom serupa di ibukota...

    ReplyDelete
  5. Yei, asyiikk di Banjar udah ada Waterboom. Nanti kalau pas mudik kesana jadi tahu mau main-main kemana. Selama ini cuma nambah gendut aja tiap ke banjar, nyari kuliner mulu, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo kapan nih ke banjarmasin lagi? Biar kita bisa kopdaran :)

      Delete
  6. Harga 45k atau 60k utk akhir pekan termasuk murah ya. Apalagi wahana di dalamnya sangat banyak dan luas. Waterboom biasanya sangat disukai anak anak dan diserbu pengunjung kalau musim libur sekolah tiba.

    ReplyDelete
  7. Kolam yang tersedia cukup beragam juga ya, anak-anak pasti suka. Apalagi harganya juga terjangkau, dengan fasilitas yang tersedia segitu banyaknya.

    ReplyDelete
  8. waterboomnya luasdan bersih sekali mom,dengan harga terjangkau bisabermain sepuasanya sama anak anak ya. pasti quality time sekali.

    ReplyDelete
  9. Wah jadi di sana lumayan banyak kolam waterboom gtu ya? seru mbak, moga pas mudik jg bisa ajak anak ke sana, tiket masuknya juga lumayan ramah kantong ya?
    Termasuk luas ya sampai bisa dipakai buat gathering perusahaan gtu?

    ReplyDelete
  10. Anakku yang pertama juga pernah kelelep di kolam dan sampai sekarang masih trauma. Kalau liat kolam maksa pengen renang tapi cuma berani nyelupin kaki doank :D

    Lengkap banget waterboomnya, ada kolam pantainya pula. Dari dulu pengen ke waterboom yang ada replika ala di pantai soalnya rumahku jauh dari pantai tapi belum nemu, huhu.

    ReplyDelete
  11. Waterboom Pesona Moder keren ya..fasilitasnya lengkap, bersih dan tiketnya murah..di dekat rumahku ada kolam renang 60 ribu cuma 2 kolam dewasa dan anak Mbak. Hiks..Jakartaa ya

    ReplyDelete
  12. luas ya mbak waterboomnya. Favorit anak-anak nih bisa main air sepuasnya

    ReplyDelete
  13. Kalau anak-anak saya diajak ke waterboom begini bisa dari pagi sampai sore di air melulu hehehe

    ReplyDelete
  14. Wahh, worth it banget mba dengan harga yg ditawarkan. Mungkin, kalau di Jabodetabek bisa sekitar 75k up. Tapi, sayang banget ini di Banjar ya kak. Lihat kolomnya jadi mupeng

    ReplyDelete
  15. Seneng sekali kayaknya main waterboom. Anakku masih takut nih nyemplung ke kolam. Kolamnya juga bagus ya, sayang jauhh.. hehe

    ReplyDelete
  16. Luas banget ya kolam renangnya jadi kepingin banget ajak anak2 ksini next kalo traveling ke sini aku mampir

    ReplyDelete
  17. Anakku kalau dibaea main air kesini tuh senangnya bukan main, bahkan gak mau berhenti main air. Ini tuh kayak surganya anak-anak banget.

    ReplyDelete
  18. Masih murah yaa. Weekend harga 60K mgkn krn di Banjarmasin. Kalau di Depok sudah 80K pas weekend. Mahal yaaa.. jadi kami kalau mau dpt harga segitu kudu ke pinggiran dulu.. xixixi..

    ReplyDelete
  19. Wah bakalan betah dan happy nih anak2 kalau disuruh main air. Anak saya aja betah nggak mau pulang kalau udah nyebur di kolam 😍😍

    ReplyDelete
  20. Anakku sukaa mba main air. Dan kalau dia diajak main waterboom pasti suka banget. LIhat Waterboom di Banjarmasin ini besar dan juga bagus ya mba. Serta bersih pula :)

    ReplyDelete
  21. Dulu anakku pernah trauma karna hampir tenggelam. setiap kali pelajaran brenang disekolah dia paling ogah. untung skrg udah ga takut lagi, malah ajakin brenang ke waterboom terus :)

    ReplyDelete
  22. Wah seru ya mbaa Waterboom nyaa, anak anaku selama ini kalo berenang masih di kolam renang biasa belum pernah ke waterboom, semoga bulan ini kesampaian berenang di waterboom sekeluarga

    ReplyDelete
  23. Wah kalau mudik ke Banjarbaru bisa nih main2 ke sini ajak anak2 ya mbak. Kapan2 kopdaran ke sini anak2 kita playdate yuuukk :D

    ReplyDelete
  24. Belum pernah kasih main ke water boom, kira2 harganya sih sama kaya di Palangkaraya. Kenapa belum kasih? Takut anaknya ketagihan ;( water boom nya bersih sih, ga kaya kolam renang umum y mba

    ReplyDelete
  25. Pernah ke sini sekali pas bwa siswa siswa Berenang,, paling suka pas busa sabun nya itu keluar jadi bisa sekalian main busa sabun

    ReplyDelete
  26. ihhhh ini kereeen yaaa..aduh sayang jauh dari rumahku.jadi aku blm pernah.kasiannya kami ih hahahahaha

    mudahan suatu wkt ada rejeki kesana jua.makasih mb antung inpoh nya lah..

    ReplyDelete
  27. Asik banget ini Eny aja ketagihan mau ke Waterboom ini mulu

    ReplyDelete
  28. Wahh, seru sekali yumna main air hahaha. Aku belum pernah sama sekali ke waterboom ini. Nanti deh ya aku berkunjung kesini. hihihi

    ReplyDelete
  29. Seru banget ya mba antung. Jd mupeng bawa anak kesini nih. Tp kalo ingat dulu si pica kena otitis gegara air jd takut gitu. Hiks

    ReplyDelete
  30. Cocok nih mau piknik tipis2 di dalam kota ye kan ke Wterboom Pesona Modern. Kerennya punya area gathering juga ya.

    ReplyDelete
  31. Harga tiketnya terjangkau, ya. Fasilitasnya juga lengkap. Keren

    ReplyDelete
  32. Destinasi wisata yang cocok buat dikunjungi bersama keluarga nih ;)

    Cheers,
    Dee Rahma
    heydeerahma.com

    ReplyDelete
  33. Wah aku jadi kangen kampung halaman, di kampungku juga byk waterboom keren kaya gini, mana tiketnya terjangkau bgt

    ReplyDelete

Powered by Blogger.