Mengulik Kisah di Balik Usaha Rental Perlengkapan Bayi - ayanapunya.com

Breaking

Thursday, March 8, 2018

Mengulik Kisah di Balik Usaha Rental Perlengkapan Bayi


Saat seorang wanita menjadi ibu, biasanya akan ada hobi baru yang dimilikinya. Ya, belanja aneka keperluan bayi yang dimulai dari masa kehamilan. Mulai dari berbelanja pakaian, kereta dorong, peralatan makan hingga mainan. Toko bayi menjadi surga tersendiri bagi para ibu baru ini. Bahkan mungkin kalau bisa semua barang yang ada di toko bayi itu dibeli. Hehe.

Namun tentunya tidak semua perlengkapan bayi harus kita beli. Terutama jika berkaitan dengan budget yang dimiliki serta masa pemakaian dan kegunaan perlengkapan tersebut. Beberapa perlengkapan seperti box bayi dan beberapa jenis mainan bisa dibilang perlengkapan bayi tak harus dibeli. Nah, untungnya sekarang sudah ada rental perlengkapan bayi yang menyediakan aneka perlengkapan bayi yang dirasa tak perlu dibeli ini. Dengan menyewa di rental perlengkapan bayi, ibu tentu tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk memenuhi kebutuhan akan perlengkapan bayi.

Salah satu rental perlengkapan bayi yang cukup terkenal di kota saya adalah Alif Rental milik mbak Meilisa Nurindah. Didirikan sejak 16 Februari 2014, rental perlengkapan bayi miliknya ini kini sudah berhasil memberikan keuntungan 5-7 juta rupiah per bulannya. Teman-teman penasaran dong bagaimana mbak Meilisa membangun bisnisnya ini? Berikut hasil wawancara saya dengan beliau.


Bagaimana sejarah pendirian Alif Rental Banjarmasin?
Awal mula membuka usaha ini bermula ketika Meilisa melihat ada perosotan yang dijual dengan harga miring di media sosial yang diikutinya. Sebagai ibu baru dengan usia anak 1 tahun, Meilisa memang kerap kalap membeli aneka perlengkapan bayi yang berseliweran di timeline media sosial miliknya. Saat itu, barang yang bagus hanya bisa didapat secara online yang tentunya biaya kirimnya relatif mahal. Meilisa pun melihat adanya peluang dari usaha menyewakan perlengkapan bayi mengingat saat itu dirinya belum menemukan adanya rental perlengkapan bayi di Banjarmasin. 

Dengan dukungan penuh dari sang suami, Alif Rental Banjarmasin pun memulai usaha sejak 16 Februari 2014 dengan menggunakan media promosi twitter dan facebook. Saat ini Alif rental Banjarmasin berlokasi di Jalan Jahri Saleh Komplek Pandan Arum Blok C Jalur 2 No 79/80 (C) Banjarmasin. Alif Rental Banjarmasin saat ini beroperasi setiap hari Senin hingga Jum'at dari pukul 09.00 - 17.00.  Hari Sabtu dijadikan hari full untuk keluarga sedangkan hari Minggu buka dari siang hari.



Berapa modal awal, keuntungan dan dukungan dari keluarga atas usaha ini?

Dalam memulai usahanya, Meilisa dan suami mengeluarkan modal awal sebesar 10 juta rupiah. Hingga tahun ke-4 usahanya ini, keuntungan kotor yang didapat dalam 1 bulan berkisar dari 5 - 7,5 juta perbulan. Perlengkapan bayi yang disediakan juga sangat beragam mulai dari stroller, aneka pushwalker hingga mainan bayi.

Suami Meilisa sendiri sejak awal sudah mendukung usaha sang istri dengan catatan saat terjun harus benar-benar serius dan tidak tanggung-tanggung dalam menjalankannya. Agar tak keteteran dalam membagi waktunya di rumah, Meilisa mendelegasikan sebagian pekerjaan rumah tangga kepada orang lain sementara ia memegang langsung usaha rental dan mengurus anak.

Selain dalam bentuk materi, beberapa keuntungan lain yang didapat Meilisa dari usaha rental perlengkapan bayi ini antara lain:
  • Mengenal banyak orang dan relasi semakin luas dari wilayah Kalsengteng
  • Menjadi support/landasan untuk membuka usaha lain yg berkenaan dengan dunia anak seperti menjadi reseller buku anak,barang unik tentang anak anak, bahkan ke usaha lain seperti property karena Alif Rental Banjarmasin dikenal orang di medsos(dunia maya) atau dari referensi customer ke calon customer lain (dari mulut ke mulut)
  • Ikut membantu menambah penghasilan beberapa kurir ojek online dan pekerja paruh waktu yang membantu operasional rental

Apa saja suka duka dan tips dalam menjalankan usaha rental perlengkapan bayi?


Selama menjalankan usaha rental perlengkapan bayi ini, tentunya ada suka dan duka yang dihadapi oleh Meilisa. Sebelum melakoni usaha rental perlengkapan bayi, Meilisa sendiri sempat berstatus sebagai pegawai kantoran. Dengan menjalankan usaha rental perlengkapan bayi membuatnya memiliki lebih banyak waktu untuk menemani anak-anaknya di rumah. Selain itu usaha rental perlengkapan bayi ini juga bisa menjadi salah satu caranya menyalurkan hobi belanja terutama yang berkaitan dgn anak anak.

Nah, jika ditanya soal duka dari usaha yang dijalankannya ini, berikut jawaban yang diberikan Meilisa:
  • Banyak customer yang sering mengembalikan barang dengan keadaan yg sangat kotor 😂, bayar tidak tepat waktu, susah dihubungi, nomor hape tidak aktif dan tidak ada konfirmasi, dll
  • Karena bergerak di bidang jasa, mau tidak mau di rental harus ada yang standby menjaga jadi kalau libur harus jauh-jauh hari diinfokan ke customer,
  • Kadang saat rental libur atau tutup juga masih ada customer yang tiba-tiba datang
  • Kadang ada customer yang menawar biaya sewa dengan sadis padahal barang yang kami sewa adalah barang dengan merk dan kualitas yang bagus yang sesuai dengan harganya.
Bagi teman-teman yang ingin membuka usaha rental perlengkapan bayi, Meilisa memberikan tips sebabagai berikut:
  • Karena usaha ini untuk jangka panjang sebaiknya pilih dan beli barang yang berkualitas bagus
  • Sebisa mungkin menghindari mainan yang banyak bunyi dan perintilan yang kecil-kecil kecuali mau menanggung resiko rusak dan hilang
Itulah dia sedikit kisah yang saya dapatkan seputar usaha rental perlengkapan bayi. Bagi teman-teman yang memiliki keinginan memiliki usaha rental perlengkapan bayi, semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran tentang usaha rumahan ini.

58 comments:

  1. Ide bisnis ada aja y mba dari yang kalap beli perlengkapan akhirnya bikin usaha modal 10 juta untung kotor 5-7 /bulan menarik nih hehhe aku juga lagi pengen cari-cari usaha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Kadang bisnis memang bisa berawal dari hobi ya

      Delete
  2. Wow keren yaa ada ide rental perlengkapan bayi, saya jadi pengen haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Pintar lihat peluang pemiliknya :)

      Delete
  3. wah rental seperti ini sangat membantu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Apalagi kalau pengen mainan yang mahal jadinya bisa sewa aja

      Delete
  4. Supaya awet jangka panjang, kualitas barang perlu yg bagus ya mbaaa.. kisahnya asyik. Aku suka di bidang model gini klo bisa buka usaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Barang yang berkualitas memang biasanya awet dong ya

      Delete
  5. Ternyata ada ya rental perlengkapan bayi, setahu saya adanya penitipan bayi. Heheh... Terima kasih sharingnga Mba Antung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kirain udah banyak rental perlengkapan bayi ternyata nggak juga ya

      Delete
  6. Saya baru tahu ada rental perlengkapan bayi, ketika punya keponakan baru. Nggak perlu beli, cukup sewa saja. Hemat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalau buat barang-barang yang perlunya sebentar aja jadinya hemat. Hehe

      Delete
  7. saya termasuk yang suka rental mainan anak. Cuman kasihan sama anaknya kalau masa rentalnya sudah habis mesti dibalikin kadang anak saya nangis seperti kehilangan mainan :). jadinya berhenti deh daripada anak saya selalu merasa kehilangan :) mungkin kalau perlengkapan bayi masih bisa kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih, mbak kalau anaknya sudah merasa terbiasa jadinya pasti kehilangan ya

      Delete
  8. Ide baru neh, bisa ditiru. di kota saya kota Lamongan belum ada rental seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti memang belum banyak ya yang melirik bisnis ini

      Delete
  9. Wah seru Y mb. Minimal perlengkapan anak bisa gonta ganti. Klo pun bosan, bisa direntalin atau dijual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Nggak menuh-menuhin rumah juga jadinya

      Delete
  10. Kakakku dulu rasanya juga pernah merental disini. Memang lengkap, sempat mau niru juga buat usaha keluarga. Tapi belum kesampaian sampai sekarang mbak Antung. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kakaknya leha tinggal di banjarkah?

      Delete
  11. Aku termasuk yang sering rental perlengkapan bayi. Menurutku usaha ini membantu banget buat ibu2 yg ingin menstimulus anaknya tapi tetap menjaga budget, karena we know so well harga2 mainan anak ini yah :D lagian dipakenya juga sebentar dan keseringan dimainkan juga anak bakal bosan,jadi kalo bisa sewa kenapa beli (buat yang mihil amit +kepake sekejap)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kemarin cuma nyewa stroller sih. Belum tahu nanti mau nyewaa mainan apa

      Delete
  12. Aku beberapa kali nyewa stroller sama Mama Alif. Biasanya kalo mau mudik ke Jawa. Lumayan banget bisa menghemat pengeluaran, karena nggak perlu lagi beli stroller yg mahal2 tapi masa pakainya pendek banget (secara ya anak2 kalo sudah bisa jalan apalagi lari, pasti nggak betah duduk lama2 di stroller 😅).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya. Aku juga nyewa stroller di sini kemarin pas ke tempat mertua

      Delete
  13. Zaman now ya,rental perlengkapan bayi aja ada. Ini termasuk usaha yang berani menurut aku. Keren juga inovasinya. Next mau liat liat kesini ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Mbak melisanya pintar lihat peluang

      Delete
  14. Keren banget, eny beneran baru tau klo ada rentalan kaya gini mba. Eny baru kemaren lahir keponakan pas banget buat dia nanti yaa hhi


    www.enychan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo bisa dicoba nyewa stroller atau pushwalker di situ, eny

      Delete
  15. Ide usahanya keren, ya. Walau riskan karena harus menghadapi berbagai karakter pengguna jasa yang macem-macem. Mulai dari yang jorok, susah bayar atau itu tadi, nawar harga rentalnya tega.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalau urusan jasa begini memang kadang harus siap menghadapi berbagai costumer

      Delete
  16. Hahaha iya ya klo jaid Ibu baru kadang kalap pengen beli semuanya. Tapi skrg sdh mulai menjamur nih tempat rental perlengkapan bayi seperti ini. Dan ini sangat membatu banget. Karena kan usia bayi itu cepet banget besarnya ya.Jadi sayang klo selalu beli baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Bisa numpuk barang juga jadinya kalau beli melulu

      Delete
  17. Wah, menginspirasi sekali cerita Mbak Melisa dengan bisnis rental peralatan bayinya. Menjanjikan ya memang, karena bbrp keluarga yg punya bayi biasanya memang lebih suka nyewa untuk beberapa waktu barang bayinya. Jadi setelah bayi besar barang2 bayi ga menuhin rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Tambahan lagi beberapa perlengkapan bayi harganya juga lumayan

      Delete
  18. Wah cukup bagus ya prospeknya rental ini��

    ReplyDelete
  19. Salut sama idenya. Penghasilannya pun menjanjikan ya..
    Meski ada customer yang bertipe seenaknya, tapi semua bisnis pasti ada suka dukanya. Inspiratif ini, secara daripada beli, perlengkapan bayi itu mahal padahal makenya sebentar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Bahkan sekarang usahanya juga mulai berkembang ke bidang yang lain selain rental perlengkapan bayi ini

      Delete
  20. Saya enggak kepikiran usaha rental perlengkapan bayi. Ini usaha yang beda dari yang lain tapi menjanjikan. Semoga selalu diberi kesehatan dan kesuksesan, Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang yang bikin usaha ini termasuk pintar lihat peluang :)

      Delete
  21. iya nih aku lihat dari mbakku, waktu hamil anak pertama udah heboh banget beli ini itu, bayi kan cepet tumbuh, jadi ada barang yang hanya bisa dipakai umur tertentu, stroller bisa disimpan untuk anak kedua :D. ide bagus nih usahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya. Pas hamil kayaknya semua barang pengen dibeli padahal kepakainya cuma beberapa bulan :)

      Delete
  22. Asyik ya rentalnya lengkap. Andai deket pengen sekali kali rental hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Lumayan lengkap rentalnya :)

      Delete
  23. Keren ini idenya... perlengkapan bayi kualitas bagus memang awet sementara pemakaian sebentar saja jadi ngerental juga cukup ekonomis :)

    ReplyDelete
  24. Wah... membuka bisnis seperti ini menjanjikan juga ya, aku jadi tertarik nih buat buka juga di kotaku ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Apalagi kalau bisnisnya masih baru di kota tersebut :)

      Delete
  25. Ini nih usaha bagus... rental buat usaha sekalian bisa buat tempat bermainnya anak sendiri, ponakan kalau kerumah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Sekali dayung dua tiga pulau terlewati :)

      Delete
  26. Briliant..aku aja gak terpikir rental perlengkapan bayi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Berarti yang bikin usaha ini kreatif dan pintar lihat peluang

      Delete
  27. wah keyen, pinter cari ide peluang. semoga usahanya dilancarkan selalu

    ReplyDelete
  28. Ide baru yang segar. Iya juga yaaa mommy pasti jauh lebih hemat sewa dibanding beli. Sayang ini tokonya jauh c yaakk.

    ReplyDelete
  29. Sempat tertarik karena 4 anakku pritilannya banyak, tapi terlupa kareba sibuk nulis wkwk. Belum siap nerima resikonya

    ReplyDelete
  30. Baru tahu kalo ada usaha rental peralatan bayi

    ReplyDelete