Cara Mengatasi Mata Kering Akibat Terlalu Lama di Depan Komputer


cara mengatasi mata kering


Pagi itu seperti biasa saya menghidupkan komputer di kantor untuk memulai pekerjaan. Dimulai dengan membuka aplikasi perusahaan, diikuti file excel, web whatsapp dan juga aplikasi GIS yang merupakan 4 aplikasi penting bagi pekerjaan saya setiap harinya. Tak lama berselang masuklah data-data yang dikirimkan para surveyor ke akun whatsapp yang sudah terhubung dengan komputer. Saya pun menginput data yang dikirim tersebut ke aplikasi perusahaan yang nantinya akan diteruskan kepada bagian pelayanan. 

Sehari-hari saya bekerja sebagai staf database di perusahaan yang bergerak di bidang air bersih. Tugas saya adalah melakukan penginputan data calon pelanggan yang akan berlangganan air di perusahaan tempat saya bekerja. Data ini merupakan data hasil survey yang meliputi foto bangunan, kondisi jalan dan ketersediaan pipa di lapangan. Hasil data survey ini menjadi patokan terkait klasifikasi bangunan dan apakah sambungan bisa terpasang di rumah calon pelanggan.

Setiap harinya rata-rata ada 20 sampai 30 data survey yang masuk ke komputer saya dan harus diinput hari itu. Selain melakukan input data survey, saya juga melakukan penginputam data sambungan rumah yang sudah terpasang di peta GIS perusahaan. Kegiatan input-menginput data ini membuat saya mau tak mau harus selalu stand by di depan komputer dan terus menatap komputer kurang lebih 6 jam setiap harinya.  Aktivitas ini belum ditambah dengan frekuensi saya menatap layar handphone setiap hari entah untuk scrolling media sosial atau menonton drama Korea. Dengan berbagai aktivitas menatap layar ini tak heran jika saya kerap mengalami gejala mata kering.

Mengenal gejala mata kering



Mata kering atau dry eye syndrom merupakan sebuah kondisi di mana mata tidak mendapat cukup pelumasan dari air mata yang membuat mata menjadi tidak nyaman. Pada kondisi normal, saat mata kita berkedip maka mata akan memproduksi air mata untuk membasahi mata. Nah hal ini tidak terjadi kepada mereka yang memiliki kondisi mata kering. Kondisi mata kering ini sendiri bisa disebabkan beberapa hal yakni:

  • Penurunan produksi air mata yang disebabkan oleh pertambahan usia. penyakit atau kondisi tertentu, konsumsi obat-obatan hingga kerusakan kelenjar air mata akibat terapi radiasi atau operasi laser mata
  • Peningkatan penguapan air mata karena komposisi air mata yang tidak seimbang terutama minyak yang membuat mata menjadi lebih cepat kering
Selain itu kondisi mata kering juga bisa terjadi pada mereka yang kekurangan vitamin A, pengguna lensa kontak, berusia 50 tahun ke atas, polusi udara, terlalu lama berada di ruangan ber-AC dan terlalu sering menatap layar komputer atau gadget seperti pekerja kantoran seperti saya. Yang membuat saya lebih aware lagi nih tentang gejala mata kering ini, ternyata perempuan memiliki risiko lebih tinggi mengalami gejala mata kering dibanding laki-laki. Hal ini dikarenakan 

Adapun gejala yang bisa dikenali dari sindrom mata kering ini diantaranya:
  • Mata merah
  • Mata terasa panas
  • Mata seperti berpasir atau terasa ada yang mengganjal
  • Mata berair karena iritasi pada mata
  • Sensitif terhadap sinar matahari
  • Penglihatan buram dan membaik setelah berkedip
  • Lendir di dalam atau sekitar mata, terutama saat bangun tidur
  • Mata terasa cepat lelah, pegel dan juga sepet

Di antara beberapa gejala yang disebutkan di atas, saya pernah mengalami beberapa yakni mata yang terasa cepat lelah dan penglihatan buram dan membaik setelah berkedip. Mata yang lelah karena terlalu lama menatap layar kompuer in juga kerap membuat saya jadi mengantuk saat melakukan input data. Hal seperti ini tentunya bisa mengganggu kinerja saya di kantor dan jika mata kering ini tidak diatasi ternyata malah bisa berdampak pada terjadinya infeksi pada kornea mata ataupun selaput mata.

Hal yang dilakukan untuk menghindarkan mata kering

Untuk menghindarkan terjadinya sindrom mata kering saat bekerja di depan layar ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya:

Mengatur jarak pandang antara mata dengan layar

Saat menatap layar komputer ataupun handphone, pastikan agar jaraknya tidak terlalu dekat sehingga mata kita tidak terpapar langsung dengan sinar biru yang dipancarkan layar. Idealnya jarak antara mata dengan layar komputer adalah sekitar 60-65 cm.

Menerapkan pola 20-20-20 saat bekerja di depan komputer

Agar mata bisa beristirahat saat bekerja di depan komputer, kita bisa menerapkan pola 20-20-20 yakni melihat ke objek lain setiap 20 menit dengan jarak 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik. Dengan menerapkan pola ini mata tentunya akan terhindar dari rasa lelah karena terlalu lama menatap layar.

Berhenti selama 15 menit

Jika kamu sudah menatap layar selama kurang lebih 2 jam maka sebaiknya istirahatkan mata selama 15 menit. Kamu bisa melakukan relaksasi atau berjalan-jalan sejenak di sekitar kantor agar mata lebih segar.

Setel pencahayaan gadget

Agar mata tidak mudah lelah, pencahayaan pada layar dan gadget juga perlu diatur sesuai dengan ruangan usahakan tidak terlalu redup atau terlalu terang. Selain itu jika menggunakan komputer di malam hari sebaiknya jangan di kamar yang gelap.

Sering berkedip dan sedia obat tetes mata

Agar mata tidak terasa kering sering-seringlah berkedip saat bekerja di depan layar dan bisa juga ditambah dengan selalu sedia obat tetes mata di meja kerja agar saat mata terasa kering kita bisa langsung melumasinya dengan obat tetes mata tersebut. 

Insto Dry Eyes Solusi untuk mata kering


insto dry eyes solusi mata kering

Untuk menghindarkan mata kita dari sindrom mata kering, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan obat tetes mata di meja kerja. Dalam hal memilih produk tetes mata untuk mengatasi mata kering ini tentunya juga tidak boleh sembarangan. Sebaiknya kita memilih produk yang memang sudah diformulasikan untuk solusi mata kering.

Salah satu produk obat tetes mata yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala mata kering adalah Insto Dry Eyes. Insto Dry Eyes memiliki kandungan bahan aktif Hydroxypropyl Methylcellulose 3.0 mg yang bekerja memberikan efek pelumas seperti air mata untuk mengatasi mata kering. Insto Dry Eyes juga memiliki bahan aktif Benzalkonium Chloride 0.1 mg yang dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan kurangnya produksi air mata dan juga bakteri.




Untuk cara pemakaian #InstoDryEyes #SolusiMataKering sendiri sangatlah mudah, cukup teteskan 1 hingga 2 tetes mata saat mata terasa sepet, pegal dan juga kering. Setelah menggunakan produk Insto Dry Eyes ini mata saya jadi lebih terasa segar dan dingin. Tentunya ini sangat membantu saya di sela pekerjaan yang menuntut untuk terus menatap layar. Karena itulah sekarang produk Insto Dry Eyes ini selalu tersedia di meja kerja saya. 

Buat teman-teman yang juga merasakan beberapa gejala mata kering seperti yang saya rasakan bisa juga nih selalu sedia Insto Dry Eyes di rumah atau ruang kerja. Insto Dry Eyes ini tersedia dalam ukuran 7,5 ml dan bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek terdekat dengan harga Rp. 14.000,-. Yuk sedia Insto Dry Eyes di rumah!

Sumber tulisan :

https://www.alodokter.com/mata-kering
https://www.detik.com/bali/berita/d-6220273/catat-cara-mengatasi-mata-lelah-akibat-menatap-layar-hp-laptop

32 Comments

  1. Mata kering akibat gadget atau komputer ini memang jadi salah satu hal yang sering terjadi di era digital ini ya Mbak. Paparan perangkat elektronis sulit dihindari, terutama bagi orang dewasa yang memang bekerja dengan gadget-gadget tersebut. Senangnya insto punya solusi/produk yang khusus mengatasi gejala ini ya.

    ReplyDelete
  2. Penting banget ya sedia Insto Dry Eyes ini, saya kadang kalau sudah konsen banget lihat PC mata sampai berasa panas dan kering

    ReplyDelete
  3. Beberapa gejala mata kering di atas sempat saya rasakan. Perlu banget untuk sedia Insto dry eyes di rumah, pas obat tetes mata lagi habis juga. Apalagi kalo seharian banyak menatap layar gadget

    ReplyDelete
  4. Secara pribadi saya selalu sedia obat tetes mata kalau bepergian atau terlalu lama menggunakan gadget. Insto andalan saya dan keluarga

    ReplyDelete
  5. Aku kan banyak kerja di depan lepi, hp, atau tab. Dan ini bikin mata kering banget. Kalau ga baca artikel mba aku ga bakal notice sama insto. Brb beli insto biar mata ga kering

    ReplyDelete
  6. Zaman sekarang pekerjaan apa pun kebanyakan sudah lumrah menggunakan gawai, ya, Mbak. Kitanya yang harus aware terhadap kesehatan mata. Pencegahan tentunya selalu lebih baik dari pengobatan. Tips-tips yang Mbak bagikan pastinya bermanfaat, terutama pola yang 20-20-20.

    ReplyDelete
  7. Sebagai blogger juga menurutku wajib sedia ini di rumah. Kalo kelamaan di layar laptop emang bikin mata kering

    ReplyDelete
  8. Saya juga selalu sedia insto dry eye nih mba, apalagi kalau sudah banyak terpapar sinar gadget, pasti mata sering terasa perih dan kering, ga jarang juga terasa gatal. kalau sudah diberi insto, langsung berasa nyaman, keluhan pun berkurang, alhamdulillah.

    ReplyDelete
  9. Semua pekerjaan hampir pakai gawai semua yajadi harus prepare obat yabg sesuai supaha kalau sakit lamgsung tertangani. Seperti sedia insti

    ReplyDelete
  10. mataku juga cepet kering dan lelah kalau di depan laptop atau hp terlalu lama. Kayaknya memang harus beli insto dry eyes ini deh sebagai pertolongan pertama.

    ReplyDelete
  11. Kadang tu lupa mengistirahatkan mata nih, kerjaaa terus di depan layar laptop dan hape. Mata berasa sepet dan pegal. Sudah waktunya teteskan Insto Dry Eyes jika mengalami gejala mata kering seperti itu.

    ReplyDelete
  12. Masalah mata kering ini bikin gak nyaman, ternyata yaa..
    Aku sering abai juga nih.. kalau uda lelah dan sepet, kudunya segera istirahat dan diatasi menggunakan Insto Dry Eyes.

    ReplyDelete
  13. Insto obat tetes mata sejak dulu sidah terpercaya mengatasi sakit mata dan keluhannya. Instro Dry Eyes ada di lemari obat rumahku buat jaga2 kalau mata terasa lelah dan kering. Praktis juga kemasannya gampang dinawa ke mana2.

    ReplyDelete
  14. Terkadang merasakan pandangan agak buram ketika kelamaan melihat gadget. Gak nyaman banget. Biasanya saya istirahatkan dulu. Tetapi, suka susah juga kalau lagi banyak aktivitas. Kayaknya saya harus stok Insto Dry Eyes juga.

    ReplyDelete
  15. Input data harus teliti. Terlalu lama di depan layar buat mata kering. Memang perlu jeda ya mbak seperti teknik 20-20-20. Ditambah pakai Insto Dry Eyes bantu jaga kesehatan mata. Botolnya kecil praktis dibawa.

    ReplyDelete
  16. ternyata perempuan lebih berrisiko alami gejala mata kering dibanding laki-laki ya mba, aku baru tahu. Aku pernah alami salah satu gejalanya dan rasanya ga enak banget. Untung aku juga selalu bawa Insto Dry Eyes kemana-mana, biar mata jadi nyaman lagi.

    ReplyDelete
  17. Sama nih, kalo lagi keseringan lihat gadget, mata jadi kering dan gatal. Tips-tipsnya bisa dipraktekkan nih. Harus sedia Insto ya di rumah.

    ReplyDelete
  18. Di rumah selalu ada INSTO karena pak suami juga depan PC terus
    Bahkan angin kering pun sering dirasakan suami bikin mata kering dan perih kalau bekerja
    Untungnya sejak rutin pakai jadi enggak lagi

    ReplyDelete
  19. INSTO nih udah jadi andalan klo di rumah. Udah cocok lah buat kluargaku. Suami yang sering berkendara dan mengalami mata kering, aku yang sering ngadep laptop juga sering mengalami mata kering. Selalu sedia insto deh pokoknya di rumah

    ReplyDelete
  20. Aku kerja seharian hampir pasti di depan laptop, jadi emang beresiko banget dengan keluhan dry eyes. Makanya insto selalu ada di pouch make up nih. Karena keluhannya bisa dateng anytime nih

    ReplyDelete
  21. Penting banget ini, dry eyes dan solusinya yang luar biasa, aku juga selalu sedia karena sejak kecil Ibu itu menekankan penting pake banget mengompres mata, menetesi mata dengan obat tetes untuk menjaga kesehatan mata!

    ReplyDelete
  22. Aku di rumah sudah sedia selalu si Insto ini karena memang setiap hari matanya selalu menatap layar komputer dan smartphone. Jadi untuk jaga-jaga agar matanya tidak kering.

    ReplyDelete
  23. Aku suka nggak kuat kucek2 mata, kalau abis antar jemput warawiriii motoran. Mata kering, abis itu mau ngetik udah lelah duluan. Harganya 14 rb ya mba, aku ada Insto yg bkn dry eyes. Kayaknya kudu nyetok yg ini.

    ReplyDelete
  24. andalan keluargaku juga nih mba Insto, memang nyaman pake dan mencegah iritasi apalagi ketika habis naik motor atau seharian depan laptop

    ReplyDelete
  25. Ka Antung yang sibuk sekali di depan laptop atau komputer bikin mata rawan terkena mata kering yaa..
    Aku juga betah banget kalo disuruh berlama-lama di depan laptop, hehhee.. Dan baru tau kalau mata kering ini bahaya dan kudu dibantu menggunakan Insto Dry Eyes agar tetap sehat dan terjaga produksi air mata dan juga membersihkan mata dari bakteri.

    ReplyDelete
  26. Andalan saya juga nih kalau terlalu lama menatap laptop, hehe. Mata jadi tetap sehat dan terjaga yah

    ReplyDelete
  27. Mata adalah organ yang sangat penting, tapi kadang kita lupa memanjakannya dengan istirahat yang cukup. Terlalu lama menatap layar laptop pastinya kurang baik untuk kesehatan mata. Salah satu masalahnya yang sering dihadapi adalah mata kering. Bisa dibantu sama Insto Dry Eyes, ya, Mbak untuk mengatasinya.

    ReplyDelete
  28. mata kering dan merah memang gak nyaman banget. Apalagi kalau pulang bepergian naik sepeda motor wah rasanya sepet banget. Tapi gak lama kalau sudah meneteskan Insto rasanya mata lebih segar dan jernih lagi

    ReplyDelete
  29. Kalau ada gangguan mata kyk kelilipan atau mata kering andalanaku juga udah pasti insto hehe.
    Wah iya buat org yang sering abnegttd epat gadget khususnya layar monitor emang berisiko ya sama mata kering. Gak bisa dianggap remeh karena kalau dikucek2 malah jd infeksi.
    Pakai pencahayaan layar yang sesuai dan gak terus-menerus melihat layar juga bisa menghindari risiko mata kering yaa

    ReplyDelete
  30. Aku pun beberapa kali ngalamin mata kering gegara screen time yang cukup tinggi Mak. Mata jadi pegeeel banget dan sempet sampe pusing juga. Memang harus rutin tetes mata biar nggak menimbulkan infeksi berkepanjangan

    ReplyDelete
  31. Kadang kalo kelamaan ngetik ataupun nonton drakor di hp, efeknya mata kayak perih terus ngerasa kering gitu. Ternyata bisa ya ditetes pake insto.. Makasih infonya mbk

    ReplyDelete
  32. Mengalami mata kering itu sangat gak nyaman, karena aktifitas pun jadi terganggu kan karena mata termasuk alat vital yg sangat dibutuhkan

    ReplyDelete
Previous Post Next Post