Program Blackmores Peduli 'Tukar Botol' sebagai Wujud Kepedulian Terhadap Lingkungan



Beberapa waktu lalu saat mampir ke toko peralatan bayi untuk membeli kado lahiran seorang rekan kerja, saya melihat produk yang cukup menarik di rak display dekat kasir. Sebuah botol bertuliskan Blackmores Odourless Fish Oil 1000 tampak terpajang di sana. Nama Blackmores tampak tertulis pada badan botol tersebut yang membuat saya tanpa pikir panjang langsung membelinya.

Selama beberapa tahun terakhir, merk Blackmores mungkin semakin familiar di kalangan ibu-ibu Indonesia. Saya sendiri mengetahui merk ini dari seorang teman yang merekomendasikannya sebagai salah satu suplemen saat kehamilan. Blackmores selama ini memang lebih dikenal dengan produk suplemen kehamilan dan menyusuinya dengan kandungan asam folat yang memang bagus untuk janin.

Ternyata selain suplemen kehamilan, Blackmores juga memiliki berbagai suplemen lain yang baik untuk kesehatan termasuk minyak ikan atau dikenal juga dengan sebutan Fish Oil. Minyak ikan merupakan suplemen yang berasal dari ekstrak lemak ikan yang kaya akan kandungan Omega-3. Ikan-ikan yang biasanya dijadikan sumber dari minyak ikan ini adalah salmon, tuna, makerel, hering, sarden, trout dan beberapa ikan lainnya.

Untuk produk minyak ikannya sendiri, produk Blackmores Odourless Fish Oil 1000 ini memiliki kandungan Omega-3 300 mg dan diklaim tidak berbau amis yang pastinya membuatnya lebih nyaman dikonsumsi. Sama seperti produk suplemen kehamilannya, produk Blackmores Odourless Fish Oil 1000 dibungkus dalam kapsul lunak yang berukuran cukup besar. Selain untuk dewasa, produk Fish Oil juga bisa dikonsumsi anak-anak dari usia 2 tahun.

Manfaat minyak ikan untuk tubuh




Sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh, minyak ikan memiliki banyak manfaat karena di dalamnya terdapat kandungan Omega-3. Adapun manfaat dari kandungan minyak ikan ini antara lain:

Memelihara kesehatan jantung

Salah satu manfaat yang paling sering disebutkan dari minyak ikan adalah dapat memelihara kesehatan jantung. Senyawa omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan dapat menurunkan kadar trisegliserida dalam darah. Tingginya kadar trigliserida dalam darah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi minyak ikan 2 kali seminggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Mencegah penyumbatan pembuluh darah

Dalam sebuah penelitian menyebutkan minyak ikan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL) dan mencegah peradangan sehingga mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

Mengoptimalkan kesehatan ibu hamil

Selain Omega-3, minyak ikan juga memiliki kandungan DHA dan EPA yang dapat mengurangi risiko pre-eklamsia, persalinan prematur dan meningkatkan berat badan bayi. Namun perlu diingat ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi minyak ikan dari hati ikan seperti kod karena minyak ikan kod mengandung retinol yang tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil. 

Mengurangi gejala depresi

Depresi ternyata bisa terjadi jika seseorang memiliki kadar Omega-3 yang rendah dalam tubuhnya. Dengan mengkonsumsi minyak ikan terutama yang memiliki banyak kandungan EPA akan membantu mengurangi risiko terkena depresi bagi seseorang. 

Program Blackmores Peduli 'Tukar Botol'



Sebagai salah satu produsen suplemen kesehatan terpercaya, PT. Kalbe Blackmores Nutrition selaku distributor produk Blackmores di Indonesia terus berkomitmen untuk mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan khususnya ekosistem laut. Salah satu langkah yang dilakukan oleh PT. Kalbe Blackmores dalam misinya ini adalah dengan adanya program Blackmores Peduli 'Tukar Botol'. Melalui program ini, Blackmores Indonesia telah berhasil mengajak masyarakat mengumpulkan 3.783 botol bekas vitamin yang nantinya akan dikelola dan didaur ulang oleh eRecycle (organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik), guna mencegah sampah botol plastik mencemari laut

Permasalahan seputar sampah terutama sampah plastik di Indonesia memang sudah menjadi isu yang harus kita perhatikan bersama. Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia, di tahun 2022 sampah plastik di Indonesia mencapai 11,6 juta ton yang merupakan peningkatan sebesar 17% dari tahun sebelumnya. Sampah plastik sendiri menempati posisi ke dua untuk sampah terbanyak di Indonesia setelah sampah sisa makanan. 




Country Head Kalbe Blackmores Nutrition, Dickson Susanto mengatakan, “Blackmores percaya bahwa menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan. Untuk itu, sejalan dengan target pemerintah dalam menurunkan sampah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2025, Blackmores Indonesia telah menjalankan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ yang merupakan langkah bersama untuk mempermudah masyarakat mengelola sampah botol plastik untuk kualitas lingkungan dan kehidupan Indonesia yang lebih baik.”

Blackmores sendiri selama 90 tahun terakhir sudah berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga pada kualitas lingkungan. Untuk mewujudkan komitmennya ini, dalam memilih sumber suplemen seperti pada produk Blackmores Fish Oil Odourless, Blackmores memastikan kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern hingga juga memperhatikan permasalahan sampah dari produk yang dihasilkan. 

Program Blackmores 'Tukar Botol' sendiri berlangsung mulai dari 1 September hingga akhir tahun 2022 kemarin. Melalui program ini, Blackmores berharap dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk lebih memperhatikan lingkungan, terutama ekosistem laut. "Kedepannya, Blackmores Indonesia berkomitmen untuk terus berkontribusi menjaga laut tetap bersih untuk sekarang dan masa depan. Sebab, kami meyakini jika semakin banyak orang yang peduli untuk menjaga lingkungan, maka kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat Indonesia akan dapat terjaga,” begitu Dickson Susanto menutup pembicaraan.

Sumber tulisan:
https://www.alodokter.com/manfaat-minyak-ikan-dalam-mengurangi-risiko-penyakit

39 Comments

  1. Luar biasa gerakan Blackmores dalam mewujudkan misi menjaga lautnya. Semoga ke depan Blackmores kembali punya gebrakan untuk mewujudkan misinya. Bravo Blackmores!

    ReplyDelete
  2. Minyak ikan memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Untuk mendapat minyak ikan dengan kualitas yang baik, tentu kondisi lingkungan laut harus bersih terutama dari sampah plastik. Salut dengan Blackmores yang mengagas program peduli tukar botol.

    ReplyDelete
  3. Saya juga konsumsi blackmores sebagai vitamin, wah bagus niy programnya pastinya juga hal ini dapat meminimalisir sampah plastik ya

    ReplyDelete
  4. MB itu judulnya wudud atau wujud ya? Tapi programnya aku suka banget deh..

    ReplyDelete
  5. Salut sama Blacmores. Bukan hanya produknya yang berkhasiat, program-programnya juga selalu peduli masyarakat. Program tukar botol ini contohnya. Terlihat sepele ya, tapi ini besar pengarunya.

    ReplyDelete
  6. Fish oil blackmores dan vit c-nya selalu ya jadi andalan banyak orang. Keren Blackmores sudah menginisiasi program recycling botol seperti ini. Menjadi brand yang ikut bertanggung jawab dan perhatian dengan isu lingkungan.

    ReplyDelete
  7. Keren, Blackmores berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan laut ya Mbak. Suplemen ini bagus yaa, pengen coba juga.

    ReplyDelete
  8. Keren ya programnya. Selain kandungan Blackmores yang bagus untuk ibu hamil dan menyusui, program tukar botol ini juga berdampak positif bagi lingkungan.

    ReplyDelete
  9. keren kok program blackmores ini, setahu saya yang lain belum ada, semoga yang lain juga mengikuti jejaknya

    ReplyDelete
  10. Keren sekali program dari Blackmores ini. Karena memang biota laut dan lingkungan laut harus terus dijaga dan dilestarikan. Karena seperti yang kita tahu, banyak sekali sampah yang masuk ke laut, akibat pengunjung tak bertanggung jawab. padahal tidak hanya mencemari lingkungan laut, tapi juga merusak biota laut.

    ReplyDelete
  11. Bagus banget programnya Blackmores buat peduli atau ikut menjaga lingkungan. Saya jadi inget mau beli minyak ikan untuk anak. Kayanya Blackmores fish oil rekomended deh

    ReplyDelete
  12. Keren bangett euy Blackmores! Coba kalau semua brand seperti ini untuk mengurangi sampah buat ngurangin dampak perubahan iklim ya kan

    ReplyDelete
  13. Kalau langganan dengan suplemen Blackmores bakalan worthy banget nih dengan program tukar botol. Kita jadi bisa ikut jaga lingkungan

    ReplyDelete
  14. Wah manfaatnya bisa Mengurangi gejala depresi juga. Keren sih. Mana Blackmores juga peduli terhadap isu lingkungan ya. Makanya ada tukar botol segala. Mantap sih.

    ReplyDelete
  15. Gerakan Blackmores peduli tukar botol ini sangat keren sekali. Gak hanya peduli pada kesehatan tubuh tapi terhadap keberlangsungan lingkungan. Semoga programnya terus berlanjut dan dicontoh oleh produsen lain.

    ReplyDelete
  16. Program peduli tukar botol ini bagus banget sih menurutku karena jadi dikelola sampah botolnya. Menyelamatkan dari penuhnya TPA dan biota laut

    ReplyDelete
  17. Ibuku konsumsi Blackmores Odourless Fish Oil 1000 ini dan aku pernah sekali minta, ingin coba. Rasanya mashaAllah, badan bugar dan gak mudah capek. Sangat bagus untuk stamina dan kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
  18. Kereeen blackmores ini banyak di sukai sampai pada jastip kl ada yg ke KL atau Australia. Blackmores juga bagus ikut melindungi lingkungan dg mengumpulkan botolnya. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  19. baru tahu lho kalau ternyata minyak ikan kod tidak baik untuk ibu hamil karena mengandung retinol yang membahayakan janin ya, noted nih!
    salut dengan konsistensi PT Kalbe melalui campaign tukar botol produk Blackmores ini. Nanti kalau ada botol Blackmores juga mau tukar botolnya.

    ReplyDelete
  20. Program yang jadi reminder nih buat kita biar terus menjaga lingkungan dan kelestarian laut. Apalagi ini program sudah berlangsung sebelumnya ya. Semoga terus berkelanjutan

    ReplyDelete
  21. bagus lho program tukar botol dan bisa ngasih efek yang bagus ke lingkungan. lebih oke lagi kalau botol2 tipe yang lain atau varian yang lain kayak varian yang breastfeeding itu juga banyak yang beli

    ReplyDelete
  22. Wah keren ya sampai ada program tukar botol gini. Kemasan obat itu memang dilema mau diapain. Sayang lho.

    ReplyDelete
  23. Yah, telat dapat infonya. Aku pengguna Blackmores ini dan banyak botol-botol kosongnya yang masih aku kumpulin karena nggak tau mau diapain. Karena kalau dibuang gitu aja kok sayang ya. Jadinya disimpen deh dalam boks gitu.

    ReplyDelete
  24. keren banget programnya, semoga bisa terus berjalan ya :) btw aku mulai banyak botol BM juga nih, boleh lah mulai ditukar hihi

    ReplyDelete
  25. Program yang sangat bermanfaat buat lingkungan. Semoga dengan program ini menjadi pemicu untuk hadirnya kegiatan-kegiatan serupa yang peduli akan kelestarian lingkungan. Salut buat Blackmores!

    ReplyDelete
  26. Aku waktu menyusui minum Blackmores yang pink. Ternyata botol bekasnya bisa dikembalikan lagi untuk ikut program tukar botol, yah. Jadi mengurangi sampah plastik.

    Kalau tahun ini apa masih lanjut programnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin sih saya baca sampai akhir 2022, mbak. tapi semoga nanti ada lagi programnya

      Delete
  27. jika semua perusahaan mempunyai komitmen seperti Blackmores untuk menanggulangi dampak dari sampah plastik yang dihasilkan tentu akan sangat menekan jumlah sampah plastik yang dihasilkan dari konsumsi masyarakat.. semoga programnya berkesinambungan dan diikuti oleh perusahaan lainnya

    ReplyDelete
  28. Produk Blackmores udah pada oke2 banget. Ditambah mrk punya program bagus begini buat handle sampah plastik. Duh, kereeen. Semoga perusahaan2 lain menyusul.

    ReplyDelete
  29. Semoga gerakan ini diikuti produk lain ya agar sampah botol plastik tidak banyak yg terbuang dan mencemari laut

    ReplyDelete
  30. Brilian banget program Blackmore Peduli Tukar Botol ini!

    Paling senang dan angkat topi sama brand yang peduli dan sayang bumi dan langsung beraksi.
    Gak pakai wacana itu ini. Langsung, action!

    Semoga berkesinambungan di tahun 2023 ini juga tahun-tahun mendatang berikutnya.

    ReplyDelete
  31. Samaan nih suplemen kita mbak, aku juga konsumsi Blackmores fish oil ini karena nggak ada baunya jadi nggak eneg ketika diminum. Sekarang anak-anak juga aku kasih vitamin Blackmores juga karena selain kualitasnya bagus, aku suka dengan program menjaga lingkungan yang dicanangkan Blackmores.

    ReplyDelete
  32. Keren banget ya bisa menukar botol ini dan tentunya akan lebih bermanfaat dengan ramah lingkungan dan bisa diolah lagi untuk benda lainnya

    ReplyDelete
  33. Blackmores ini udah mah kapsulnya berkhasiat, eh sekarang juga memfasilitasi sampah wadahnya untuk ditukar. Semoga ini jadi contoh baik buat brand lain untuk memulai sejak dini turut menyelamatkan lingkungan.

    ReplyDelete
  34. Salut sama Blackmoress mau turut serta mensukseskan program pemerintah. Soal kualitas produk sih ga diragukan lagi. Skrg ditambah ada program peduli sampah plastik

    ReplyDelete
  35. Benar ya..
    Dengan adanya program tukar botol dari Blackmores ini selain peduli terhadap lingkungan juga kita peduli terhadap kesehatan karena konsumsi vitamin terbaik untuk jaga kesehatan.

    ReplyDelete
  36. Layak ditiru nih program tukar botol dari Blackmores buat semua perusahaan, biar sama-sama menjaga lingkungan ye kan? Saya pas hamil dan menyusui minum BM juga allhamdulillah cocok

    ReplyDelete
  37. Mbak, aku punya dua jenis botol. Satu yang kaca, satunya plastik (isi 180 kapsul).
    Saya ingin berpartisipasi tukar botolnya
    Semoga bisa segera agar di rumah enggak numpuk hehe

    ReplyDelete
  38. semoga program ini akhirnya berkelanjutan yaa, gak cuma sampai akhir tahun 2022 lalu saja. Soalnya oke banget sih programnya Blackmores ini, bisa jadi makin banyak lho yang akhirnya mengonsumsi Blackmores, karena mikir sampahnya nanti akan dikelola dengan baik. :D

    ReplyDelete
Previous Post Next Post