Geoman Electrical DNY provides products such as UPS Systems (uninterruptible power supply) in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support.

Bagi mereka yang lingkup pekerjaannya berada di depan komputer, terjadinya pemadaman listrik secara tiba-tiba pastilah sebuah hal yang mengesalkan. Bayangkan saat sedang serius mengerjakan pekerjaan tiba-tiba saja layar di depanmu mati sementara pekerjaan belum sempat disimpan. Kesal banget dong ya, pastinya. Duh, coba aja komputernya pakai UPS, pasti nggak bakalan hilang deh pekerjaan yang sedang dikerjakan, begitu mungkin omel kita dalam hati. 

Dalam sebuah lingkungan kerja, terutama yang berhubungan dengan komputer, keberadaan UPS memang sangatlah penting dan bermanfaat. UPS atau Uninterruptable Power Supply merupakan sebuah perangkat yang memberikan cadangan daya bagi peralatan elektronik saat listrik mati. Dengan menggunakan UPS, maka komputer akan bisa bertahan selama beberapa menit sehingga memberikan waktu bagi penggunanya untuk menyimpan data yang sedang dikerjakan. Dalam menjalankan fungsinya ini UPS menggunakan energi yang berasal dari baterai kering yang kemudian diubah menjadi tegangan AC dengan menggunakan rangkaian inverter. 

Bingung dengan Jawaban Tugas? Dapatkan Solusi Belajar di Roboguru

 


Saat masih duduk di bangku SMA dulu, mata pelajaran Fisika merupakan salah satu momok terbesar bagi saya. Kombinasi guru yang killer plus pelajarannya yang bikin mumet sukses membuat saya ketar-ketir setiap kali masa ulangan tiba. "Bisa dapat nilai bagus nggak ya kali ini?" Begitu pertanyaan yang selalu hadir di kepala saya kalau itu. 

Saat itu, untuk bisa beberapa teman berinisiatif membuat kelompok belajar dan belajar langsung kepada guru fisika kami di luar jam sekolah. Saya dengan beberapa alasan tersendiri tidak ikut dalam kelompok belajar yang diadakan di malam hari itu. Akibatnya jelas. Setiap kali jam pelajaran fisika tiba, saya cuma bisa bengong mendengar teman-teman lain membahas soal yang sudah dikerjakan dan dibahas dimalam sebelumnya.

Memang tak bisa dipungkiri salah satu cara agar kita menguasai sesuatu, entah itu mata pelajaran hingga keahlian adalah dengan seringnya melakukan latihan. Practice makes perfect, begitu istilah yang kerap kita dengar. Dalam bidang pendidikan sendiri, mengerjakan latihan soal dan tugas merupakan salah satu bentuk konkrit dari latihan ini. Lalu bagaimana jika tugas yang dikerjakan terlalu sulit untuk dipecahkan sendiri? 
 
Di masa lalu, mungkin satu-satunya cara untuk mengetahui jawaban dari soal yang sulit dipahami atau diselesaikan adalah dengan bertanya pada guru atau lewat bimbel yang diikuti seperti yang dilakukan teman-teman SMA saya. Namun sekarang, semuanya bisa lebih mudah dengan adanya fitur Roboguru dari Ruangguru.
 

Mengenal fitur Roboguru dari Ruangguru 

Selama masa pandemi, anak-anak sekolah rata-rata menjalani sistem pembelajaran jarak jauh di mana pada praktiknya siswa mungkin lebih banyak menerima tugas ketimbang penjelasan dari guru secara lansung. Tentunya hal ini cukup menyulitkan bagi anak-anak karena kurangnya interaksi dengan guru ini membuat mereka juga mungkin mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran yang diberikan.
 
Adapun orang tua di rumah juga mungkin tidak bisa membantu banyak karena memiliki latar belakang pendidikan yang beragam. Ya, kalau misalnya anaknya masih SD atau SMP mungkin orang tua masih bisa membantu. Nah, kalau anak sudah di jenjang SMA, tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua dalam membantu anak menyelesaikan tugasnya. Bayangkan misalnya seorang ayah yang bekerja di bank harus membantu anak mengerjakan soal Fisika, pasti tak akan ketemu jawabannya.
 
Nah, untuk itulah hadir Roboguru dari Ruangguru yang merupakan fitur terbaru dari aplikasi Ruangguru yang dapat membantu anak saat mengerjakan soal yang dirasa sulit. Dengan adanya fitur Roboguru ini, siswa tidak perlu bingung lagi saat kesulitan mengerjakan PR atau tugas yang diberikan guru karena Roboguru akan memberikan jawaban sekaligus penjelasan dari jawaban tersebut.

Cara menggunakan Roboguru

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan jawaban dari Roboguru:
 
1. Untuk bisa menggunakan fitur ini, kita hanya perlu mengirimkan pesan dengan mengetik "ROBOGURU" dan kirim ke nomor whatsapp 0815-7815-0000. Kalau kamu sudah memiliki aplikasi Ruangguru di hape-mu, kamu bisa menghubungi Roboguru dengan mengklik gambar Roboguru dan aplikasi akan langsung mengantarmu ke whatsapp.



2. Setelahnya, Roboguru akan memberikan pertanyaan seputar jenjang pendidikan kamu dan pilihan mata pelajaran apa yang ingin ditanyakan. Beri jawaban sesuai dengan nomor yang diberikan. Setelah itu, ketik atau kirimkan foto dari soal yang ingin ditanyakan.
 
Perlu diingat dalam mengirimkan soal ini tidak bisa tulis tangan dan harus jelas ya fotonya agar Roboguru bisa mencarikan pemecahannya dengan benar
 
 
 
3. Jika soal sudah dikirimkan, Roboguru akan memberikan jawaban atas soal tersebut lengkap dengan pembahasan dan video penjelasannya. Jadi kamu tidak hanya akan tahu jawaban namun juga mengerti konsep dari topik tersebut.



Keuntungan menggunakan Roboguru 

Kehadiran fitur Roboguru di aplikasi Ruangguru tentunya memberikan banyak keuntungan bagi anak dan juga orang tua. Beberapa keuntungan dari menggunakan Roboguru ini antara lain:
 
  1. Anak tak perlu bingung lagi saat menemukan soal yang sulit untuk dijawab. Alih-alih mencari jawaban yang tidak pasti, maka dengan bantuan Roboguru anak akan mendapatkan jawaban sekaligus penjelasan berbentuk video dari pertanyaan yang tidak dia mengerti.
  2. Waktu pengiriman jawaban cepat. Roboguru hanya memerluka waktu 3-5 menit untuk menganalisa dan memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan
  3. Roboguru bisa menjawab pertanyaan untuk semua jenjang pendidikan. Tentunya ini sangat membantu bagi orang tua yang mungkin kesulitan saat membantu anak dalam mengerjakan tugasnya.
  4. Fitur Roboguru dapat digunakan kapan saja sebanyak 5 kali sehari. Namun tentunya untuk bisa menggunakan fitur ini kamu harus terdaftar terlebih dahulu di Ruangguru

Di masa pandemi, kehadiran Roboguru ini pastinya sangat membantu anak-anak dalam kegiatan belajarnya di rumah. Kalau dulu mungkin saya masih harus nyontek saat mengerjakan tugas sekolah, makasekarang kayaknya nggak perlu lagi deh ya nyontek-nyontek teman buat mengerjakan PR karena kita sudah bisa dapat solusi belajar di Roboguru. 


Baca Juga

Post a Comment

5 Comments

  1. referensi buat anakku banget. Maju mundur mau pake roboguru ini :) kalau ngajar anak sendiri bikin puyeng

    ReplyDelete
  2. Wah aku baru tahu Roboguru ini mbak. Keren nih, bisa membantu adekku ketika kesulitan mengerjakan soal2. Kebayang numpuknya kerjaan selama wfh tp notif wasap bunyi terus dari adek. Puyeng mau jelasin yg mana dlu. Hhh

    ReplyDelete
  3. Baru tahu Mba. Wah, bisa jadi referensi untuk bocah-bocah nih. Biar para enak enggak puyeng... hehehe

    ReplyDelete
  4. kok samaan sih mbak, aku juga paling takut sama fisika , matematika dan kimia. Nilai ancur semua. Andai dulu ada Roboguru ya mba pasti permasalahan belajar terkendali

    ReplyDelete
  5. Fisika emang pusing banget apalagi klo Gurunya galak, untung sekarang ada Roboguru by Ruangguru lebih mudah dan praktis belajar menenangkan ya kak

    ReplyDelete