Ingin Punya Gusi yang Sehat? Begini Cara Merawatnya



Menjaga kesehatan gigi merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Tak hanya kesehatan gigi, kita juga perlu menjaga kesehatan gusi agar terhindar dari penyakit yang bisa menyerang gusi. Selain untuk alasan kesehatan, gigi dan gusi yang sehat juga bisa memberi nilai tambah pada penampilan kita. Siapa coba yang tak ingin tampil cantik dengan gigi rapi dan putih bersih?

Nah, dalam rangka menjaga kesehatan gigi dan gusi ini, beberapa waktu yang lalu, saya mengunjungi dokter gigi di sebuah klinik di daerah Pramuka. Rencana saya hari itu ingin menambal salah satu gigi yang tambalannya lepas. Selain itu saya juga ingin menanyakan perihal gigi geraham bungsu saya yang tinggal separuh karena patah sebagian setelah saya melahirkan anak kedua.

Tak perlu menunggu waktu lama, saya pun dipanggil oleh dokter. Setelah menyampaikan rencana saya menambal gigi, dokter langsung memeriksa keseluruhan gigi saya. Dan ternyata selain menambal gigi yang berlubang, dokter menyarankan saya mencabut gigi geraham bungsu yang patah sebagian juga sekalian scalling karena kata dokter karang gigi saya sudah cukup banyak. Horornya lagi, dokter juga bilang kalau gigi depan bagian bawah saya mulai goyang. Duh jadi takut

"Mbak ini harusnya lebih sering ke dokter gigi biar giginya terawat. Itu gigi depannya sudah mulai goyang karena karang gigi lho," kata dokter pada saya. Saya cuma manggut-manggut mendengar teguran dokter tersebut.

Akhirnya setelah diceramahi oleh pak dokter gigi, hari itu saya putuskan untuk menambal gigi geraham yang tambalannya lepas, membersihkan karang gigi, dan menambal sedikit gigi depan yang akarnya mulai goyang. Jujur ini benar-benar di luar rencana dan pastinya untuk 2 tambalan dan scalling ini jadinya mengeluarkan biaya yang lumayan besar. Untung bisa reimburse di kantor. Heu.

Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan gusi

Salah satu cara untuk menjaga agar gigi tetap sehat adalah dengan rutin menggosok gigi 2 kali sehari serta menggunakan pasta gigi yang berkualitas. Tak hanya gigi, gusi juga perlu dijaga kesehatannya. Kesehatan gigi dan gusi merupakan 2 hal yang tak bisa dipisahkan. Apalagi gusi merupakan tempat akar gigi berada. Jika gusi tidak dirawat pasti akan berpengaruh pada kesehatan gigi.

Gusi yang sehat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Berwarna merah muda
  • Bentuknya stabil
  • Memiliki tekstur kenyal dengan permukaan halus dan memiliki gambaran seperti kulit jeruk
  • Tidak mengalami pendarahan ataupun nyeri ketika disentuh, ditekan atau saat menyikat gigi
Sedangkan jika gusi sedang tidak sehat ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
  • Gusi mudah berdarah saat menyikat gigi
  • Gusi bengkak dan terasa sakit
  • Menunjukkan perubahan warna seperti pucat, kebiruan hingga kehitaman
  • Mengalami penyusutan sehingga akar gigi jadi terlihat
  • Menimbulkan bau mulut
  • Muncul nanah pada gusi
  • Terasa nyeri ketika mengunyah makanan
  • Jika menggunakan gigi palsu, posisinya terasa kurang pas
  • Membuat gigi goyah seolah akan copot


Penyakit yang menyerang gusi


Jika gusi dalam keadaan tidak sehat pastilah akan mudah terkena penyakit. Jadi bukan gigi saja yang bisa sakit, namun juga gusi. Adapun penyakit yang bisa menyerang gusi antara lain:

Radang gusi

Radang gusi (gingivitis) merupakan penyakit gusi yang ditandai dengan memerahnya gusi di sekitar akar gigi. Radang gusi ini disebabkan oleh pembentukan plak akibat sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi dan bercampur dengan bakteri di mulut. Plak yang menempel ini kemudian menjadi karang gigi yang dapat mengikis gusi. Jika radang gusi dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan Periodontis. 

Periodontitis

Periodontitis merupakan infeksi lanjutan dari radang gusi yang tidak ditangani dengan baik. Periodontitis ini dapat membuat jaringan di sekitar gigi menjadi rusak dan gigi pun jadi cepat tanggal bahkan muncul nanah di gigi. 

Sariawan pada gusi

Tak hanya di bibir atau lidah, sariawan juga bisa terjadi pada gusi. Layaknya sariawan di lidah, sariawan di gusi juga memiliki ciri munculnya luka berbentuk oval atau bulat, pada bagian tengahnya berwarna putih, abu-abu atau kuning dengan bagian pinggir berwarna kemerahan. Sariawan pada gusi bisa terjadi karena cedera saat menyikat gigi, iritasi atau infeksi virus atau bakteri.


Cara menjaga agar gusi tetap sehat

Untuk dapat memiliki gusi yang sehat, ada beberapa cara yang sebaiknya kita lakukan, yakni

Rutin menggosok gigi 2 kali sehari

Hal pertama yang harus dilakukan pastinya rutin menggosok gigi 2 kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Menggosok gigi merupakan cara paling dasar dalam hal menjaga kebersihan gigi, gusi dan mulut. Dengan rutin menggosok gigi 2 kali sehari ini kuman dan sisa makanan yang tertinggal di gigi dapat segera dihilangkan. 


Menggunakan dental floss untuk membersihkan sisa makanan di gigi

Jika menggosok gigi dirasa masih kurang efektif dalam membersihkan gigi, kamu bisa menggunakan dental floss atau benang gigi sebagai aktivitas tambahan. Dalam memilih dental floss ini pilihlah yang berbahan monofilament (PTFE) karena teksturnya lebih lembut dan licin sehingga tidak beresiko melukai gusi. 


Berkumur dengan mouthwash

Selain menggunakan dental floss, berkumur dengan menggunakan mouthwash juga cukup efektif dalam membersihkan kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut. Untuk mouthwash ini, pilihlah yang bebas alkohol terutama jika kamu seorang Muslim. 

Banyak minum air putih

Cara lain untuk menjaga kesehatan gusi adalah dengan banyak minum air putih. Setiap hari kita mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman manis yang pastinya berdampak pada pertumbuhan kuman dan bakteri di dalam mulut. Dengan banyak minum air putih akan menetralkan kondisi pH di dalam mulut sehingga bakteri sulit berkembang. 

Sebagai bagian dari mulut kita, gigi merupakan salah satu bagian yang memiliki peranan penting tak hanya dalam hal mengunyah makanan namun juga berpengaruh pada penampilan fisik seseorang. Dengan menjaga kesehatan gigi dan gusi, maka kita akan memberi kesempatan bagi gigi untuk memperindah senyum kita dalam waktu yang lama. 

Demikian yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. 

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments