Pengalaman Mengatasi Ruam Popok pada Bayi dengan Minyak Zaitun

 

Pengalaman Mengatasi Ruam Popok pada Bayi dengan Minyak Zaitun

Mengatasi ruam popok dengan minyak zaitun - Minyak zaitun selama ini dikenal sebagai minyak yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun bagi kulit. Beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit mulai dari melembabkan kulit, mengatasi tanda penuaan pada kulit, menghapus make up, mengurangi strecthmark hingga mengatasi ruam pada kulit. Pertanyaannya sekarang adalah apakah minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengatasi ruam popok pada bayi? 


Pengalaman si kecil terkena ruam popok

Ruam popok merupakan salah satu masalah yang kerap dialami bayi yang menggunakan popok dalam kesehariannya. Biasanya ruam popok ditandai dengan munculnya kemerahan pada area pantat, lipatan paha hingga kelamin pada bayi, kulit kering dan melepuh, serta luka lecet pada pantat, paha dan alat kelamin.

Ruam popok biasanya disebabkan oleh adanya penumpukan urine dan tinja pada popok yang dipakai bayi sehingga mengakibatkan terjadinya infeksi pada kulit bayi. Selain itu, ruam popok juga bisa disebabkan oleh popok yang terlalu ketat, infeksi bakteri, penyakit kulit seperti dermatitis atopik, hingga perubahan jenis makanan yang membuat komposisi tinja berubah.

Sebagai ibu, melihat bayi kita mengalami ruam popok pastilah bukan hal menyenangkan. Apalagi kalau ruamnya sampai membuat bayi jadi rewel dan tak nyaman. Pastilah ibu akan berusaha mencari cara untuk mengatasi ruam popok tersebut.

Yafiq, anak kedua saya mengalami ruam popok ketika usianya sekitar 1 tahun. Layaknya ruam popok pada umumnya, di selangkangan anak saya itu muncul ruam-ruam kemerahan. Tak hanya di selangkangan, ruam-ruam ini bahkan menyebar hingga ke pinggang dan pantatnya. Sedih sekali saya melihatnya. Apalagi ruam ini juga membuat Yafiq kerap merasa gatal dan menggaruk pantatnya. Bertambah parahlah ruam popok tersebut jadinya.

Untuk meredakan ruam popok ini, saya pun mengoleskan krim ruam popok yang memang selalu tersedia rumah. Namun entah mengapa krim yang saya gunakan ini tak mempan menghalau ruam yang ada di selangkangan dan pantat anak saya. Bukannya berkurang, ruam yang muncul malah semakin banyak.

Berkaca dari pengalaman ruam popok Yumna beberapa tahun sebelumnya, saya pun berikhtiar mengganti merk popok yang digunakan Yafiq. Bisa saja kan, ruam popok yang dialaminya disebabkan oleh ketidakcocokan dengan popok yang digunakan sekarang? Namun tetap tak ada perubahan. Ruam-ruam itu tetap bertahan di pantat anak saya. 

Menghadapi kenyataan kalau ruam popok yang dialami Yafiq tak kunjung berkurang, saya pun berencana membeli krim ruam yang harganya sedikit lebih mahal. Sempat juga kepikiran mengoleskan gel aloe vera yang punya efek menenangkan kulit. Namun rencana tersebut urung saya realisasikan karena saya takut aloe vera gel tidak cocok untuk bayi. Selain itu, ternyata saya juga mendapat kabar kalau ruam Yafiq mulai berkurang setelah diberi pengobatan secara alami.

 

Mengatasi ruam popok dengan cara alami

Sore itu, seperti biasa sepulang kerja saya menjemput Yafiq di kediaman ibu asuhnya yang terletak tak jauh dari rumah kami. Sebelum pulang ke rumah, saya menanyakan bagaimana kondisi Yafiq hari itu termasuk ruam popok yang dialaminya selama beberapa hari terakhir. 

"Ruamnya mulai berkurang tadi dioles pakai minyak goreng," begitu kata ibu asuh Yafiq. Saya agak kaget mendengar jawaban beliau. Wah, benarkah minyak goreng bisa mengatasi ruam popok? tanya saya dalam hati

Setiba di rumah, saya pun mengecek ruam di bagian pantat Yafiq. Memang terlihat kalau ruam di pantat Yafiq sudah mulai berkurang kemerahannya jika dibanding hari sebelumnya. Ini cukup mengagetkan karena selama menggunakan krim ruam, hasilnya tidak secepat ini.

Saya pun akhirnya mencoba mengikuti cara yang digunakan ibu asuh Yafiq yakni mengoleskan minyak goreng ke bagian tubuh yang kena ruam. Anehnya, meski sudah mengikuti cara tersebut, ruam di tubuh Yafiq tidak menghilang dan malah muncul lagi. Sementara jika Yafiq dititipkan di rumah ibu asuhnya, minyak goreng itu ampuh mengurangi ruam-ruam Yafiq. Saya sampai penasaran dengan merk minyak goreng yang digunakan ibu asuh Yafiq untuk meredakan ruam di tubuhnya.

Saat mulai frustasi dengan kondisi ruam yang tak kunjung membaik, entah kenapa saya menemukan sebotol kecil minyak zaitun berjenis Evoo di kotak obat kami. Minyak zaitun Evoo ini merupakan kiriman dari nenek Yafiq yang tinggal di Tangerang saya. Saya jarang sekali menggunakan Evoo ini karena kapok saat digunakan untuk MPASI Yumna anaknya malah GTM saat diberi EVOO. Maklumlah ya, EVOO ini kan rasanya ajaib banget kalau dicampur ke makanan.

Iseng, saya pun mengoleskan minyak zaitun berjenis EVOO tersebut ke ruam-ruam di tubuh Yafiq. Keesokan harinya, saat saya mengecek pinggang dan pantat Yafiq, ternyata ruam di pantat dan selangkangannya mulai berkurang. Secercah harapan pun hadir di benak saya dan setelah beberapa hari menggunakan minyak zaitun tersebut, ruam di tubuh Yafiq benar-benar sembuh. Sejak saat itu, jika Yafiq mengalami ruam popok saya langsung oleskan EVOO ke bagian ruam dan keesokan harinya ruam kemerahan tersebut langsung berkurang.  

Demikian sedikit sharing saya saat mengatasi ruam popok yang dialami oleh anak saya. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

 

NB : Berhubung ruam popok yang dialami Yafiq terjadi setahun yang lalu, saya tak punya dokumentasi dari ruam popok yang dialaminya.

Baca Juga

Post a Comment

25 Comments

  1. Bentuk produknya kayak gimana mba? Boleh juga nih buat persiapan anak bayi saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuknya botol kecil aja, mbak. Kayaknya produknya dijual di apotek gitu

      Delete
  2. Bagus ya manfaat minyak zaitun untuk kulit. Dulu anak saya juga kena ruam popok, tapi nggak kepikiran d kasi minyak zaitun pdhal bisa bikin kulit mulus lagi ya Mba..

    ReplyDelete
  3. Whoaa. Ternyata minyak zaitun se-AJAIB itu ya mba.
    Boleh juga nih tipsnya buat buibu muda yg panik kalo anak kena ruam popok yak

    ReplyDelete
  4. wah EVOO banyak khasiatnya ya :D mantap

    ReplyDelete
  5. Terima kasih telah berbagi pengalaman, Mbak Antung. Meski saya tak mungkin melahirkan lagi karena sudah sepuh, kiat ini akan saya sebarkan pada ibu muda yang membutuhkan. Minyak zaitun memang serba guna. selamat sore. Salam dari saya Nursini Rais.

    ReplyDelete
  6. Oh jadi solusi mengatasi ruam popok itu pakai minyak zaitun ya. Aman beanget nih untuk bayi, berkhasiat juga.

    ReplyDelete
  7. Minyak zaitun memang memiliki banyak khasiat mba, termasuk pada kulit. Biasanya kan dia meningkatkan kelembaban dan mengikatnya sehingga terserap sempurna pada kulit. Mungkin itu yang membuat ruam popok Yafiq mereda. Alhamdulillah, solved ya mba untuk permasalahan ruam popok ini.

    ReplyDelete
  8. Saya pernah mengkonsumsi EVOO alias Extra Virgin Olive Oil. Rasanya emang aneh tapi konon menyehatkan. Eh, ternyata bisa bisa juga untuk menyembuhkan ruam popok, yaa.
    Dua anak saya belum pernah kena ruam, sih. Tapi review jujur ini pasti bermanfaat untuk para emak lain yang punya kasus sama. Sip, Mbak.

    ReplyDelete
  9. Ruam popok memang bikin panik ya. Aku kayanya kejadian sama anakku dulu karena memang kepanasan. Memang harus selalu dicek ya bagian popok, terutama ketika anak rewel

    ReplyDelete
  10. Ruam popok ini walau kecil tapi bikin berdebar ya, takut kalau melebar dan kasihan si kecil yang bakal meringis terus,, Benar sekali mba, penggunaan bahan alami sebenarnya sangat bagus ya buat bayi karena kulit mereka yang sensitif, tapi memang kita harus tahu dulu kandungan dan khasitat bahan alami yang dipakai biar tidak mendatangkan efek samping seperti gatal..

    Minyak zaitun ini banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete
  11. EVOO tuh memang serba bisa ya.... Saya pun selalu nyetok EVOL, selain untuk salad drassing jg untuk jaga2

    ReplyDelete
  12. anakku yang kedua juga pernah kena ruam popok gitu mbak. waktu itu alhamdulillah aku berhasil mengatasinya pakai vco mbak..ternyata pakai zaitun juga bisa yaa

    ReplyDelete
  13. Aku minyak zaitun biasanya buat pengganti lotion anak. Kulit dua anak kering gini soalnya hehe. Anakku hampir ga pernah ruam soalnya

    ReplyDelete
  14. ruam popok ini emang jadi masalah rutin anak ya mbak, harus segera diatasi biar anak nggk terganggu
    dan emang Paling enak y pake yg alami

    ReplyDelete
  15. Evoo ini memang udah terbukti ampuh bikin kulit jadi mulus. Saya pernah pakai juga untuk skincare mba. Hihi

    ReplyDelete
  16. Minyak zaitun itu minyak serbaguna ya. Bisa untuk bayi hingga orang dewasa. Alhamdulillah ruam popok sudah sembuh. Sepertinya cocok untuk pemakaian luar yah. Kalau untuk dikonsumsi, engga enak...Kita aja engga doyan kayaknya...Hehe...

    ReplyDelete
  17. Nice info mba. baru tau sy minyak zaitun bisa mengobati ruam

    ReplyDelete
  18. Minyak zaitun memang minyak serbaguna yang harus ada di rumah ya, manfaatnya banyak banget. Bahkan ruam popok pun bisa diatasi dengan minyak ini.

    ReplyDelete
  19. Aku dulu belum kenal EVOO doonk.. Jadi dikasih tau tetangga begini, aku nurut. Dikasih tau tetangga begitu...aku nurut.
    Hiiks~

    Sungguh pengalaman adalah guru terbaik yaa..

    ReplyDelete
  20. Setahu saya minyak zaitun memang kaya manfaat Mbak, termasuk untuk kulit. Kebetulan saya punya dermatitis atopik. Kalau mau kambuh (mulai melenting dan kasar), saya langsung oleskan minyak zaitun. Biasanya itu cukup meredakan, jadi atopiknya enggak terlalu parah. Kalau enggak dikasih minyak zaitun, bisa sampai pecah-pecah bahkan berdarah.

    ReplyDelete
  21. Dulu ponakanku rasanya kena juga ruam ini. Tapi aku lupa cara mengatasinya gimana. Kalau gak salah "sekadar" jaga jangan sampe lembab, dibedakin dsb. Baru tahu aku kalau minyak zaitun bisa juga dipake.

    Kulitku termasuk yang sensitif. Tiba-tiba suka ruam/gatel juga. Jadi kepikiran pake minyak zaitun juga mbak. makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  22. Minyak zaitun berarti bener-bener berguna banget ya. Buat semua bisa. Bahkan ini aku dapat info baru lagi soal mengatasi ruam popok. Sayang, dulu belum tau infonya jadilah pake cream diaper rush :D

    ReplyDelete
  23. Waktu baca pas paragraf dikasih minyak goreng, apa ndak lengket hasil akhirnya ya mbak?
    Anak saya dulu sempat ruam popok mbak, hanya diganti merk alhamdulillah sudah sembuh. Akhir-akhir ini muncul lagi ruam popok karena proses potty training. Tapi alhamdulillah lagi ngga lama-lama ruam popoknya..
    Mungkin kuncinya hanya satu, keseimbangan kelembaban kulit bayi ya yang harus dijaga :D

    ReplyDelete
  24. Wahhh makasih banget sharingnya, beberapa waktu yang lalu juga ada teman cerita soal kayak gini, mengeluhkan pantat bayinya ada bercak-bercak seperti itu.. Mungkin gak terlalu tau karena usia pernikahannya juga masih baru, lalu dikaruniai bayi kecil nan menggemaskan itu hihi.. Ternyata menggunakan minyak zaitun bisa mengurangi bercak-bercak yang muncul.. Terima kasih banyak

    ReplyDelete