Yuk, Pantau Tahapan Tumbuh Gigi pada Bayi

May 11, 2018

Yuk-Pantau-Tahapan-Tumbuh-Gigi-pada-Bayi


"Ma, ne," begitu kata Yumna pada saya setiba kami di rumah. Tangannya berusaha menyingkap kerudung yang saya kenakan. Ya, putri kecil saya itu sedang meminta jatah menyusunya setelah seharian ditinggal bekerja.

"Tunggu sebentar ya, Nak. Mama mau ganti baju dulu," kata saya kemudian. Saya pun segera berganti pakaian dan langsung menyusui Yumna.

Sayangnya, baru beberapa menit berlalu, saya sudah dibuat meringis kesakitan. "Duh jangan gigit dong, Nak," kata saya pada Yumna. Dengan giginya yang berjumlah 8 putri saya itu Yumna menggigit puting payudara saya. Yah, meski ini bukan pertama kalinya Yumna melakukan aksi menggigit saat menyusu, tetap saja saya selalu sukses dibuat kesakitan.

Melihat saya yang protes, Yumna bukannya takut malah tertawa. Mungkin dia merasa lucu dengan reaksi ibunya ini. Untungnya Yumna bukan termasuk yang sering menggigit dengan sengaja saat menyusu jadi saya tak terlalu sering memberinya peringatan. Meski begitu, tetap saja kadang ketika menyusu gigi-geligi tersebut tetap berasa menusuk payudara saya. Kalau sudah begini mau tak mau saya harus menghentikan proses menyusui. 





Acara gigit-menggigit saat menyusui tentunya bukan hal yang baru bagi para ibu menyusui. Biasanya, saat giginya mulai tumbuh, gusi bayi akan terasa gayal dan akibatnya bayi akan berusaha menggigit benda-benda yang ada di tangannya termasuk juga saat menyusu pada ibunya. Ironisnya, sementara sang ibu meringis kesakitan, si bayi malah tertawa melihat ekspresi sang ibu. Heu.

Selain mulai berusaha menggigit benda-benda, beberapa tanda kalau bayi akan tumbuh gigi ini antara lain:
  • Banyak mengeluarkan air liur (ngeces) 
  • Gusi terlihat bengkak dan ada bayang putih di dalam gusi
  • Kadang disertai demam dan bayi menolak makan
Yumna sendiri pertama kali tumbuh gigi saat usianya sekitar 7 bulan. Saat itu gigi yang pertama kali muncul adalah 2 gigi seri bagian bawah. Selanjutnya, seiring dengan pertambahan umurnya, gigi lain bermunculan dan hingga usianya 1 tahun, Yumna sudah memiliki 8 gigi atas dan bawah.

Baca juga : Ketika Anak Susah Makan Saat Bersama Ibunya

Proses Tumbuh Gigi pada Bayi

Dalam pertumbuhan gigi pada bayi sendiri, nyatanya tak semua bayi memulai di masa yang sama. Ada yang usia 4 bulan sudah tumbuh gigi, dan ada juga yang di usia 1 tahun baru tumbuh giginya. Katanya sih, proses tumbuh gigi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti banyaknya kalsium yang diterima bayi dari ibunya, tekstur makanan yang diberikan, faktor stimulasi hingga faktor genetik. Lucunya, ada mitos yang mengatakan kalau bayi tumbuh gigi terlalu cepat makan nanti akan lambat dalam proses berjalannya.

Beberapa waktu lalu, sebuah artikel dari www.babycenter.com mampir ke email saya. Dalam artikel tersebut memuat info tentang proses tumbuh gigi bayi. Ternyata dalam proses pertumbuhan gigi ada urutan-urutan gigi mana yang baru tumbuh dan usia gigi tersebut muncul. Wah, ini benar-benar ilmu baru buat saya. Selama ini saya selalu berpikir kalau gigi bayi akan muncul secara random. Hehe. 

Berikut adalah ringkasan tahapan pertumbuhan gigi bayi yang saya dapat dari babycenter.com tersebut: 



Usia 4-7 bulan - dua gigi seri bagian  bawah

Usia 8-12 bulan - dua gigi seri atas

Usia 9-13 bulan - dua gigi di samping gigi seri akan mulai tumbuh

Usia 10 - 16 bulan - dua gigi di sebelah gigi seri bawah

Usia 13 - 19 bulan - dua gigi geraham depan atas

Usia 14 - 18 bulan - dua gigi geraham depan bawah

Usia 16- 22 bulan - dua gigi taring atas

Usia 17 - 23 bulan - dua gigi taring bawah

Usia 25 - 33 bulan - gigi geraham belakang 

Saat usianya 3 tahun, gigi bayi akan berjumlah 20 buah.

Dengan mengetahui urutan pertumbuhan gigi pada bayi ini tentunya akan sangat membantu saya dalam memantau proses tumbuh gigi pada Yumna. Misalnya di usianya yang 16 bulan, saya sedang menantikan kehadiran gigi geraham depan dan gigi taringnya muncul. Untuk sekarang sih baru 1 yang keluar. Sisanya entah di bulan ke berapa akan muncul.

Meski begitu, urutan dari tumbuh gigi pada bayi ini tentunya bukanlah hal yang mutlak. Seperti yang saya tulis di atas, setiap bayi memiliki fase tersendiri dalam pertumbuhan giginya. Ada yang cepat keluar giginya, ada juga yang agak lambat dan mungkin membuat para ibu cemas. Yang perlu diingat, ibu mungkin perlu memeriksakan anaknya ke dokter jika hingga lebih dari 1 tahun bayi belum tumbuh gigi sama sekali. 

Demikian informasi singkat dari saya. Semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

46 komentar

  1. aku juga baru tahu tentang pertumbuhan gigi di tiap2 bulan di sini mbak, hehee
    Makasih utk informasinya ya mbak ^_^

    ReplyDelete
  2. wuaa, aylan udah 7 bulan tapi belum ada tanda-tanda kalau giginya mau tumbuh sih. Agak mengeras dan suka gigit-gigit jari tapi belum keliatan tunasnya, hihihi. thanks buat informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sebentar lagi, mbak tumbuh giginya

      Delete
  3. Bener nih, anakku tumbuh giginya beda2. Qori dulu 9 bulan baru tumbuh gigi. Adek nya 6 bulan sudah tumbuh. Alhamdulillah pada akhirnya semua tumbuh lancar aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ruli. Tiap anak beda-beda jadwal tumbuh giginya

      Delete
  4. Kalau anakku keduanya cepet tumgi, dan sama2 lambat berjalan. Entah itu mitos atau beneran ya mba, mengalami soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku umur 14 bulan sih jalannya. Termasuk lambat apa cepat yaa

      Delete
  5. Oh, jadi gigi bayi tumbuhnya ada aturannya ya ternyata. Dikira random aja gitu. Pantesan gigi anak-anak nih yang nongol duluan selalu yang bagian depan :D

    ReplyDelete
  6. Sangat bermanfaat Mbak terutama untuk emak2 yg mulai cemas ttg pertumbuhan gigi bayinya yg agak terlambat. Keluargaku soalnya mengalami ini. Beruntung baca info ini jadi mau share ke yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  7. Tiap anak memang berbeda tumbuh giginya, tapi urutannya tetap sama sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Banyak faktor yang mempengaruhi tumbuh gigi ini ya, mbak

      Delete
  8. Wah info yang menarik... Baru Tau aku.. tar kalo Punya anak bisa diterapkan infonya

    ReplyDelete
  9. Aku juga pernah denger tuh mitos kalo giginya tumbuh cept jalan nya lama nanti hehe..
    Emang Iya pas anak tumbuh gigi susah ngelepasnya saat menyusui. Tks informasinya bermanfaat sekali Terutama untuk mamah baru 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata mitosnya nggak cuma di daerah sini ya

      Delete
  10. Jadi inget jaman anak-anak masih kecil dan rewel karena tumbuh gigi

    ReplyDelete
  11. Anak2 dulu termasuk yang pertumbuhan giginya cepet tapi jalannya lama hehe.
    Pas tumbuh gigi dulu sempet gak mau makan samsek, abis sembuh makannya jd banyak kyk balas dendam hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau aku malah suka nggak sadar kalau anak mau tumgi. Tahu-tahu muncul aja giginya

      Delete
  12. Wow seru ya mengetahui pertumbuhan gigi anak.. baru Tau

    ReplyDelete
  13. Baru tau mba, ada table tumbuh gigi pada bayi. Yang paling ungat pasti gigi seri duluan yang numbuh, baru nyusul yang lain. Nice info mba.

    ReplyDelete
  14. Duh gemes banget Mba, heheheh semoga aku lekas punya momongan.

    ReplyDelete
  15. Anak tumbuh gigi ini problemnya penuh dilema. Kadang GTM, kadang demam.. Fiuh..inget itu kadang aku mikir mau instan aja tumbuhnya. Udah gede berakhir problem gigi? Ternyata tidak. Hati2 gigi susu bag geraham rentan berlubang. Heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya juga. Emak juga harus rajin mengecek kondisi gigi anak yaa

      Delete
  16. Cepat besar ya yuna .rawat Gigi pertama itu penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, mbak. Harus rajin dirawat ya gigi anaknya

      Delete
  17. anankku tergolong lambat tumbuh giginya mba. usut punya usut ternyata saya dulu pas hamil malas minum susu ibu hamil. duh menyesal rasanya. hikz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti memang harus rajin minum susu juga ya ibu pas hamil

      Delete
  18. Hmm gigi anakku udah 20 apa belum ya? Thank you informasinya, Mbak.

    ReplyDelete
  19. yumna seumuran alya, kl alya lg nunggu gigi taring dpn kayaknya, dia hobby nya gigit pantat anne nya kl dicuekin dan bikin kaget,apalagi kl pas didaour-.-'

    ReplyDelete
  20. Huhuu...momen paling menakutkan saat menyusui yaaa...setelah tumbuh gigi ini.
    Selain kalau pas disengaja, masih bisa diajak komunikasi.

    Tapi kalau dilakukan saat sedang bobo ((gak disengaja))...heuu~~
    Mamak pakai jurus pamungkas.
    **pencet idungnya niih...huuhuu ((maafkan mama, nak..))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalau lagi bobo kadang cuma bisa berharap kapan ini dedenya lepas nenennya. Heu

      Delete
  21. Makasih buat informasinya mbak. Tumbuh gigi pada anak penting banget nih biar bisa dirawat dengan baik

    ReplyDelete
  22. masih ada gak sih mitos kalo gigi copot dibuangnya berlawanan arah kalo copot bawah buang ke genteng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jaman saya dulu masih nggak tahu kalau sekarang

      Delete
  23. owh gitu ya mbk proses tumbuh gigi pada bayi, belajar dulu waktu SMA kalo gk salah. sekarang mah sudah lupa banget. hihihi

    ReplyDelete
  24. Bayi yang sedang tumbuh gigi emang gemes ya Mbak, biasanya apa aja digigit.. hehe

    ReplyDelete

Subscribe