Mengenal Layanan SIRKA untuk Menurunkan Berat Badan

 

 


Beberapa minggu yang lalu, perusahaan tempat saya bekerja mengadakan medical check up bagi seluruh karyawannya. Medical check up ini merupakan agenda rutin yang dilakukan perusahaan setiap beberapa tahun untuk mengetahui kondisi kesehatan para karyawan yang bekerja. Sebagai karyawan tentunya saya senang dong karena bisa mendapat fasilitas ini secara gratis. Namun di sisi lain ada juga rasa gugup dengan hasil yang diperoleh apakah kondisi tubuh saya baik-baik saja atau ada yang berlebih di tubuh saya. Tapi kalau dilihat dari badan sih saya yakin ada yang berlebih yakni lemak. Hehe.

Hari medical check up pun tiba. Saya dan puluhan rekan kerja lain melakukan medical check up di aula kantor yang sudah disulap agar bisa menjadi tempat pemeriksaan kesehatan. Adapun pemeriksaan kesehatan yang kami lakukan mulai dari cek darah, urine, kondisi fisik, mata, gigi, rontgen dan juga EKG. Semua proses pengecekan kesehatan ini berakhir saat jam makan siang.

Setelah menunggu kurang lebih 2 minggu, hasil dari medical check up pun keluar. Kami semua mengambil berkas hasil medical check up di bagian SDM. Masing-masing karyawan membuka hasil medical check up dan bahkan membandingkan hasilnya dengan hasil rekan kerjanya. Untuk saya sendiri, sesuai dugaan hasil dari medical check up menyebutkan kalau saya mengalami kelebihan berat badan dan disarankan untuk melakukan diet dan olahraga untuk menurunkan berat badan. Selain itu, untuk kolesterol juga lebih tinggi dari batas normal.

Bicara soal berat badan, memang harus diakui selama beberapa tahun terakhir saya mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan. Kalau diingat-ingat setelah melahirkan anak ke dua berat badan saya sudah sekali turunnya. Sempat sih saya sebenarnya berhasil menurunkan berat badan di tahun 2022 lalu sebanyak 5 kilogram. Namun rupanya karena saya terlalu lengah. Setelah berat badan turun saya tidak lagi menjaga pola makan dan berakibat berat badan kembali merangkak naik dan hingga sekarang belum berhasil kembali ke berat badan ideal. Ah, sedih sekali rasanya.

 

Berkenalan dengan SIRKA, Layanan kesehatan berbasis digital

Jika bicara tentang obesitas dan risiko yang menyertainya, tentunya kita semua sepakat kalau obesitas bisa meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit bagi setiap orang. Beberapa penyakit yang bisa muncul akibat dari obesitas ini antara lain penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, batu empedu dan bahkan juga kanker.
 
Sebagai individu tentunya saya ingin bisa menurunkan berat badan yang sudah berlebih ini. Sayangnya selama beberapa bulan terakhir berbagai upaya yang saya lakukan untuk bisa menurunkan berat badan tidak membuahkan hasil. Saya sudah mencoba intermitting fasting, metode puasa dengan sistem jendela yang sebelumnya cukup berhasil membuat berat badan saya turun hingga 4 kilogram dalam waktu 2 bulan. Anehnya untuk percobaan ke dua ini upaya saya gagal. Sepertinya memang ada faktor lain yang membuat saya bisa kurus selain intermitting fasting yang saya jalankan tahun lalu tersebut.
 
Nah, pas banget di saat saya sedang bingung dengan upaya menurunkan berat badan ini saya ketemu dengan Sirka. Sirka adalah layanan kesehatan berbasis digital yang menyediakan layanan kesehatan dan dan produk nutrisi kurasi tenaga medis. Adapun layanan yang disediakan Sirka di websitenya berupa program, bimbingan, serta pendampingan dan produk nutrisi untuk solusi permasalahan berat badan, kesehatan wanita, masalah pencernaan, dan pencegahan penyakit kronis.
 
Sebagai media yang memberikan layanan konsultasi dan bimbingan untuk memperbaiki nutrisi tubuh, Sirka memiliki misi untuk membantu customernya mengoptimalkan kesehatan melalui nutrisi. Beberapa prinsip layanan kesehatan yang dimiliki Sirka meliputi:
 
  • Membangun kebiasaan sehat secara bertahap, mudah dan menyenangkan
  • Bimbingan dan pendampingan tenaga medis terakreditasi, untuk memandu perjalanan sehat secara bertahap
  • Penggunaan teknologi untuk memantau progress harian secara praktis dengan edukasi kesehatan
  • Penggunaan bukti ilmiah dan keilmuan terbaru di ilmu gizi dan medis. Sirka menggunakan pendekatan Enam Langkah Kern dalam pengembangan layanan kesehatan
  • Dukungan komunitas sebagai tempat berbagi cerita, berdiskusi, dan saling support dalam perjalanan sehat #TemanSirka

 

Pengalaman melakukan konsultasi kesehatan bersama Sirka


Untuk bisa melakukan konsultasi dengan nutrisionis Sirka, pertama-tama saya melakukan pendaftaran terlebih dahulu di website Sirka. Setelah memasukkan data berupa email untuk login dan nomor telepon maka kita akan mendapat pesan untuk verifikasi akun pendaftaran. Jika proses pendaftaran ini sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah mengisi form assesment terkait kebiasaan makan dan olahraga sehari-hari. 
 

 
 
Setelah semua pertanyaan dijawab dan hasil penilaian singkat keluar maka langkah selanjutnya adalah menentukan tanggal untuk bisa melakukan konsultas dengan nutrisionis dari Sirka. Pihak Sirka nantinya akan melakukan konfirmasi terlebih dahulu terkait jadwal yang sudah dipilih dan keluangan waktu kita untuk melakukan konsultasi.
 



Di hari yang sudah ditentukan, saya pun melakukan konsultasi lewat aplikasi Google Meet. Nutrisionist yang menemui saya hari itu adalah Mbak Himawati Harisatul yang di hari tersebut tugasnya adalah memberikan penjelasan terkait hasil assesment yang telah saya lakukan sebelumnya. Dalam sesi konsultasi yang berlangsung selama 30 menit ini saya juga bisa mengajukan pertanyaan bahkan curhat terkait program yang bisa saya lakukan agar berat badan bisa turun.
 

 

Dari hasil konsultasi hari itu sendiri saya disarankan untuk melakukan program penurunan berat badan dalam waktu 16 minggu sesuai dengan target yang ingin saya capai yakni menurunkan berat badan hingga 8 kg. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mencapai target ini diantaranya mengatur pola makan, defisit kalori dan tentunya juga rajin melakukan olahraga agar program bisa memberikan hasil maksimal.

Mengenal berbagai program Sirka untuk tubuh

 



Tentunya tak lengkap dong jika bicara tentang usaha menurunkan berat badan tanpa mencari program yang tepat untuk bisa merealisasikan keinginan tersebut. Saya sendiri meyakini bahwa untuk bisa menurunkan dan menjaga berat badan itu memang harus dilakukan secara konsisten dan tidak bisa instan. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri yang sempat konsisten melakukan Intermitting fasting dan menjaga asupana makanan yang berhasil membuat berat badan saya turun namun ketika saya tidak konsisten lagi akhirnya berat badan saya naik lagi deh.
 
Sebagai media yang memberikan layanan terkait kesehatan diri Sirka memiliki prinsip untuk selalu menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan konsumen. Beberapa program yang bisa diikuti di layanan Sirka meliputi:

Weight Management

Pada program ini kita bisa memilih durasi program 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan pendampingan dengan ahli gizi/dietisien & sport coach secara personalized untuk management berat badan dan membangun pola hidup yang lebih sehat dengan mulai menerapkan pola makan, aktivitas fisik, pola tidur dan manajemen stress yang sesuai dengan kondisi individu masing-masing (baik kondisi kesehatan, goal, dan preferensi). Ada 3 program yang bisa dipilih pada Weight Management ini yakni program menurunkan berat badan, program peningkatan berat badan dan maintain berat badan.
 

Women's Health

Program ini terkait dengan sistem reproduksi wanita yang meliputi program PCOS, program hamil (miskonsepsi) dan juga post partum dan menyusui.

Diet penyakit kronis

Diet penyakit kronis meliputi program gastritid dan GERD untuk bisa menurunkan kadar asam lambung dan parameter lainnya, program diabetes bagi penderita pre-diabetes dan diabetes untuk memperbaiki kadar gula darah (HbA1c) & parameter lainnya dan juga program hipertensi untuk menurunkan tekanan darah & parameter lainnya lewat pola hidup sehat didampingi oleh ahli gizi.
 
Selain berbagai program terkait kesehatan tubuh, di Sirka kamu juga bisa membeli berbagai produk makanan dan minuman sehat yang bisa mendukung dalam gaya hidup dan program yang sedang dijalani. Jadi dalam program Sirka ini kita tidak perlu mengkonsumsi makanan atau suplemen khusus pengganti makan dan lebih mengandalkan asupan makanan sehat dan bergizi yang masuk ke tubuh. Pastinya ini lebih aman dan bermanfaat dong ya bagi tubuh kita.

Demikian sedikit pengalaman saya berkonsultasi dengan Sirka terkait usaha penurunan berat badan. Buat teman-teman yang juga memiliki keinginan yang sama dengan saya bisa langsung meluncut ke website Sirka dan melakukan konsultasi gratis di sana ya.
 
Baca Juga
Reactions

Post a Comment

50 Comments

  1. wah baru tau ada SIRKA, tentunya ngebantu banget buat yang ingin program loss weight. Bisa punya personal coach tanpa harus keluar rumah dong..

    ReplyDelete
  2. Kayanya aku butuh aplikasi ini. Soalnya, diet dan olahraga mandiri selalu berantakan programnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fiturnya banyak ya. Bikin makin pengen unduh aplikasi ini biar makin terbantu

      Delete
    2. Sama. Selama ini diet dan olahraga bagi saya hanya wacana. Sehari dua hari jalan selanjutnya mandeg lagi. Coba pakai Sirka juga kali ya. Semoga nih cocok dan berhasil program saya

      Delete
  3. membantu banget keberadaan Sirka ini ya, kita bisa konsultasi juga dengan ahlinya
    Bener juga mbak, kunci untuk mencapai goal kesehatan yang kita mau, memang harus konsisten mengikuti pola yang sudah ditentukan ahlinya dan rajin olahraga

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya karena butuh juga stelah berat badan bertambah

    ReplyDelete
  5. Berat badan ideal sangat penting untuk kesehatan. Mungkin banyak orang yang belum tahu aplikasi ini. Artikenya cukup membantu kak

    ReplyDelete
  6. Saya baru tahu ada SIRKA ini, Mbak. Tapi memang, dengan adanya panduan atau program, maka upaya menurunkan berat badan lebih terarah. Karena kalau sendiri, maka pasti banyak hambatan dan tantangannya.

    ReplyDelete
  7. programnya detail yak hingga ada target untuk turun berat badan, lumayan harganya untuk beberapa bulan. Apa nggak ada program gratis dulu gitu untuk nyobain sirka?

    ReplyDelete
  8. Wawww... ini ternyata gratis ya, Mbak? Kirain berbayar. Pengen juga dong isi assesment di web Sirka karena aku punya masalah berlebih dengan kolesterol.
    Makasih infonya, yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsultasinya gratis, mbak. programnya ada biayanya masing-masing tergantung pilihan kita

      Delete
  9. Wah kepo nih ama Sirka, bisa jadi solusi permasalahan berat badan sama kesehatan wanita. Bisa konsul perbaikan nutrisi tubuh juga yaa. Apalagi konsulnya lwat Google Meet asyik banget. Bisa ngobrol tanpa malu ya sesi konsulnya.

    ReplyDelete
  10. Wah, semakin mudah untuk berkonsultasi nutrisi terutama bagi ibuk-ibuk yang kelebihan BB macam saya nih. Saya coba nanti Mbak. Terima kasih.

    ReplyDelete
  11. Praktis ya jadi konsultasinya lewat google meet. Asal ada sinyal bagus, bisa nih saya lakukan juga dari kampung.
    Kalau konsultasi dokter mana jauh dan mahal kan...
    Melalui Sirka semoga aman...

    ReplyDelete
  12. Cocok banget nih bagi orang yang lagi mengikuti program diet. Bisa menggunakan layanan Sirka ini. Aku kadang ya miris kalau lihat badan udah over weight. Pengen menjalankan diet sehat kak

    ReplyDelete
  13. Ehh ternyata ada layanannya juga yah? kemarin yang aku highlight tuhh piring SIRKAnya hihi.. dan seru keknyaa kalo bisa pake layanannya juga hihi

    ReplyDelete
  14. wah bagus ya semakin banyak konsultasi kesehatan berbasis digital seperti ini semakin banyak pastinya orang yang terbantu soal kesehatannya, ternyata ada yang buat GERD juga ya kebetulan saya GERD juga bisa konsultasi seperti ini wah mau cobain

    ReplyDelete
  15. Info menarik ini, penasaran banget dengan aplikasi Sirka ini. Dan kebetulan aku lagi butuh nih. Pasti aku cobain deh aplikasi ini.

    ReplyDelete
  16. Sepertiny bnyk temenku yang pake SIRKA nih utnuk mendapatkan berat badan ideal. Aku kudu banget cobain sih ini. Semacam banyak kemudahan dan manfaat dari aplikasi ini ya. mau cobain ih

    ReplyDelete
  17. Info yg bagus kak, sy kasih tau istri ys program ini segera meluncur k website nya sirka.

    ReplyDelete
  18. Asyik banget nih layanan Sirka ini. Keren jg loh ide bisnisnya. Terutama menyasar org2 yg ga mau ke pusat layanan kesehatan, apalagi ke tempat fitness.

    Ini bs konsultasi dr rumah, bs tau mendetail soal kondisi kesehatan pribadi. Bs dicoba nih buat nyokapku. Beratnya mkn nambah mulu. Otomatis kl kurang gerak kan jd mudah terserang penyakit.

    ReplyDelete
  19. Udah coba juga nih konsultasi dengan ahli gizi Sirka. Jadi optimis program untuk memiliki berat badan ideal bisa terwujud dengan bantuan Sirka karena emang sebagus itu layanannya ya. Kita jadi kayak bisa punya partnert buat jalani gaya hidup sehat ya.

    ReplyDelete
  20. SIRKA memang top, ya. Bisa ngasih pendampingan sehingga kita bisa lebih fokus untuk hidup lebih sehat. Saya juga pernah punya BB di atas berat ideal. Rasanya nggak nyaman banget. Memang lebih baik punya BB ideal karena selain sehat, aktivitas sehari-hari juga lebih nyaman dikerjakan.

    ReplyDelete
  21. Wah nambah pengetahuan baru lagi nih soal kesehatan terutama untuk masalah berat badan. Pasti gak kecewa deh yaaa dengan adanya SIRKA ini, layanannya beneran menjawab kebutuhan banget.

    ReplyDelete
  22. Wah, baru pertama kali denger nih soal Sirka! Keren banget ya sekarang udah ada layanan kesehatan berbasis digital. Bantu banget buat kita-kita yang mungkin males atau bingung mau konsul ke mana soal masalah berat badan. Apalagi kalo dikasih bimbingan sama tenaga medis, jadi lebih yakin dan aman rasanya. Mungkin bakal coba deh nanti, siapa tau bisa ngebantu berat badan aku yang naik terus ini.

    ReplyDelete
  23. Canggih. Programnya Sirka juga bermanfaat banget, jadi bisa lebih tau apa yg harus dilakukan kalo mau nurunin berat badan.

    ReplyDelete
  24. Asik banget yaa... bisa konsutasi dengan nutrisionist yang pastinya kalau mau diet gak asal aja.. Kudu tetap ada hal-hal yang diperhatikan agar hasil dietnya maksimal. Berat badan terjaga, kesehatn juga tetap bagus.

    ReplyDelete
  25. Websitenya Sirka banyak programnya, ada bimbingan, pendampingan dan produk nutrisi untuk solusi berat badan, kesehatan wanita, masalah pencernaan, dan pencegahan penyakit kronis.lengkap banget ya, Kak. Awal baca saya kira cuma aplikasi kayak pada umumnya, ngukur berat badan aja dari waktu ke waktu. Ternyata sampai konsultasi

    ReplyDelete
  26. Aplikasinya ngebantu banget nih mbak buat aku yg mau nurunin berat badan sekitar 5 kg. Btw aku pengen coba intermitting fasting, Tertarik aku. Mbak bisa turun 4kg selama 2 bulan ya.

    ReplyDelete
  27. Kebetulan GERD memang penyakit yang sulit ketebak aktivitasnya. Tiba-tiba saja orang sudah divonis GERD. Semoga dengan Sirka bisa lebih mudah mengatasi berat badan. 🤗

    ReplyDelete
  28. Sirka gak cuma nurunin berat badan ya? Bisa naikin juga kan mbak? Saya bermasalah sama naikin berat badan hehe

    ReplyDelete
  29. seru ya jadi kaya punya personal trainer gitu, soalnya kalo cuma ikutin tanpa ada yang pantau ya jadinya niat terus doang :D , jadi pengen ngulik-ngulik sirka buat hidup lebih sehat

    ReplyDelete
  30. wah saya banyak banget baca tentang Sirka ini, pastinya bakal bantu banget ya banyak orang untuk menurunkan berat badannya namun dengan jalan yang sehat, dan pastinya ini bakal ngedorong orang banyak juga untuk menerapkan hidup sehat

    ReplyDelete
  31. Wah saya jadi tertarik layanan SIRKA juga. Saya merasa berat badan naik, tapi masih termasuk ideal atau nggak, kayaknya perlu dicek. Lumayan juga bisa privat konsul ya, Mbak

    ReplyDelete
  32. Rekomendasi terbaik nih. Salah satu goal target tahun ini pingin hidup sehat. Bagus banget nih ,fiturnya banyak dan lengkap sekali sampai masalah makanan

    ReplyDelete
  33. Sangat membantu banget ya Mbak, harganya juga kalo saya lihat terjangkau loh dibandingkan jadi member di Fitness Club gitu. Hehe.. yang terpenting dari program diet itu konsistensi, tapi biasanya itu yang susah. Haha.. Semangat Mbak supaya mencapai body goalsnya!

    ReplyDelete
  34. Wah cocok dan pas denganku yang mau turunin berat Badan. Harus cuz ini ya ke Websitenya SIRKA

    ReplyDelete
  35. Wah ini baru cara sehat ya untuk menurunkan berat badan lewat Sirka. Bisa banget nih buat aku yang mager di rumah

    ReplyDelete
  36. Duh, baca ini jadi pengen ikutan juga
    Aku masih ada target turunin BB 8 kg lagi nih
    Masih banyak hutangnya, huhu

    ReplyDelete
  37. Wow tetap semangat ya Kak!
    Program-programnya yang beragam, didukung oleh ahli gizi dan teknologi, memberikan harapan dan bimbingan yang sangat dibutuhkan.
    Semoga program yang dipilih bisa memberikan hasil yang memuaskan.

    ReplyDelete
  38. coaching online memang jadi berkah pandemi ga sih. ga nyangka kalau bisa konsultasi lewat online. lengkap juga SIRKA ini sampai ke traker segalaa. semangat Mbak Antung

    ReplyDelete
  39. Sepertinya aku butuh SIRKA ini, sudah mulai merasa badan sudah tidak baik-baik saja

    ReplyDelete
  40. Auto unduh ini mah, soalnya kalau diet sendiri susah banget untuk konsisten. Mudah-mudahan dengan ditemani SIRKA body goalnya semakin cepat terwujud wkwkwk

    ReplyDelete
  41. Setelah lahiran aku seneng banget berat badannya nambah kak, tapi setelah lahiran turun lagi pengen juga mendapatkan berat badan yang ideal ih. Pengen ah konsultasi dengan yang ngampu sirka juga. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  42. Ternyata program penurunan berat badan bisa dilakukan pakai aplikasi secara online ya. Jadi ibu ibu seperti kita bisa langsing sehat dari rumah.

    ReplyDelete
  43. Nyaman banget karena ternyata solusi untuk setiap permasalahan bukan cuma mengatur gaya hidup, tapi juga memenuhi kebutuhan nutrisi serta konsultasi dengan ahlinya agar cara yang diterapkan benar dan semua bisa tercapai.

    ReplyDelete
  44. Lho Aku baru tau ini SIRKA soalnya kakak Aku bermasalah sama berat badan kayknya mau kusarankan pakai SIRKA ini aja

    ReplyDelete
  45. aplikasinya lengkap ya mba dan bisa konsultasi langsung dengan ahlinya..keren banget nih

    ReplyDelete
  46. Baru mengenal sirka, aplikasi mengatur pola makan supaya ideal...tdk hnya aplikasi 1 arah saja tetapi juga 2 arah...mantab nih bisa konsul via online...memudahkan sekali aplikasinya

    ReplyDelete