Cara Daftar Haji Online dengan Aplikasi Haji Pintar


Beberapa waktu lalu saya berbincang dengan ibu terkait ibadah haji. Ibu saya alhamdulillah sudah menunaikan rukun Islam ke lima itu di tahun 2004 bersama almarhum ayah dan juga almarhum kakek nenek saya. 

"Dulu nunggu dapat panggilannya lama, nggak, Ma?" tanya saya pada ibu saya.

"Nggak. Habis mama daftar nggak lama dapat panggilan," jawab ibu saya.

"Lho bukannya naik haji itu daftar tunggunya lama?" tanya saya lagi karena setahu saya masa tunggu haji itu lumayan lama untuk Indonesia.

"Nggak tahu juga. Mungkin tahun itu memang nggak banyak yang daftar haji," jawab ibu saya lagi yang membuat saya hanya bisa terdiam. 

Bagi umat muslim, menjalankan ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan jika mampu. Di Indonesia, untuk bisa melaksanakan ibadah haji ini, kita bisa mendaftar lewat jalur haji reguler dengan menyetorkan uang sejumlah 25 juta rupiah. Seiring perjalanan waktu, jumlah pendaftar ibadah haji semakin bertambah. Akibatnya masa tunggu untuk mendapat panggilan ini juga semakin panjang bahkan setelah masa pandemi antriannya mencapai angka 70 tahun untuk provinsi Kalimantan Selatan.

Dengan masa tunggu yang mencapai puluhan tahun ini, tak heran jika kemudian ada yang memilih untuk mendaftar dengan haji plus atau haji furoda yang menggunakan visa undangan. Dengan mendaftar lewat haji plus, kita bisa mengurangi masa tunggu hingga 6 tahun sementara untuk haji furoda malah bisa langsung berangkat di tahun itu asal visanya keluar. Namun tentunya biaya untuk haji plus dan haji furoda ini jauh berbeda ya dengan haji reguler alias jauh lebih mahal.


Mendaftar haji reguler di aplikasi Haji Pintar

Sebagai muslim, kita memang dianjurkan untuk mengunjungi tanah suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji atau minimal umrah. Dengan semakin panjangnya masa tunggu bagi mereka yang ingin mendaftar jalur haji reguler, membuat orang berpikir dua kali untuk menyetorkan uangnya. Apakah sebaiknya uangnya untuk uang muka ibadah haji atau untuk investasi lain yang bisa menghasilkan lebih banyak uang sehingga bisa daftar haji plus saja? Begitu mungkin pemikiran orang-orang.

Meski demikian, bagi mereka yang benar-benar berniat untuk menunaikan ibadah haji, pilihan mendaftar lewat jalur reguler masih bisa jadi pilihan. Setidaknya dengan mendaftar kita sudah mengamankan porsi haji untuk beberapa puluh tahun ke depan. Siapa tahu kan panggilan dari Allah datang lebih cepat dan rezeki kita dimudahkan sehingga kita bisa menunaikan ibadah haji lebih awal dari perkiraan masa tunggu. 

Untuk bisa mendaftar haji reguler sendiri sekarang tak harus datang ke kantor Kementerian Agama namun sudah bisa secara online melalui aplikasi yakni Haji Pintar. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan jika ingin mendaftar haji online lewat aplikasi Haji Pintar:
 

Membuka rekening haji di Bank Penerima Setoran Haji

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mendaftar haji adalah membuka rekening haji di Bank Penerima Setoran Haji dengan menyetorkan uang sejumlah 25 juta Rupiah. Sebelum menyetorkan uang tentunya kita juga harus memastikan apakah pihak Kemenag sudah membuka pendaftaran haji ini. Pengalaman saya kemarin waktu saya akan mendaftar haji ternyata masih ada masalah di sistem sehingga pendaftaran harus ditunda selama beberapa waktu. 

Selain uang muka untuk mendaftar haji, berkas lain yang perlu disiapkan adalah KTP, kartu keluarga dan juga akta kelahiran/ijazah yang kita miliki. Jika proses penyetoran uang muka haji sudah dilakukan dan rekening sudah dibuat, pihak bank akan memberikan bukti setor yang nantinya akan digunakan saat mendapat panggilan ibadah haji.

Melakukan pendaftaran haji online lewat aplikasi Haji Pintar



Jika rekening haji sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Jika dulu untuk mendaftar haji ini kita harus datang ke Kementerian Agama sesuai domisili, maka sekarang prosesnya jadi lebih mudah karena sudah ada aplikasi Haji Pintar yang membantu proses pendaftaran haji secara online. Di aplikasi Haji Pintar ini selain bisa digunakan untuk mendaftar haji, kita juga bisa mendapat informasi lain seperti jadwal keberangkatan, pembinaan haji hingga berita seputar haji.

Berikut adalah langkah-langkah mendaftar haji online di aplikasi Haji Pintar:
  • Setelah aplikasi diinstal hal pertama yang dilakukan adalah membuat akun dengan mengklik tombol login. 
  • Pilih jenis pengguna jamaah lalu klik daftar
  • Isikan nomor validasi yang diberikan oleh pihak bank dan NIK sesuai KTP kita
  • Lengkapi data email, nomor handphone dan kata sandi yang diperlukan hingga proses pendaftaran selesai


  • Setelah akun terdaftar klik menu unggah persyaratan pada menu bagian atas dan akan muncul data nomor validasi


  • Klik nomor validasi tersebut dan aplikasi akan mengarahkan kita ke menu pengunggahan data
  • Unggah data sesuai yang diminta yakni foto diri, foto KTP, foto diri + KTP, foto kartu keluarga, foto ijazah/akta kelahiran/akta nikah dan juga foto bukti setoran/pembayaran dari bank


  • Setelah semua dokumen diunggah, pilih status haji apakah sudah pernah atau belum
  • Klik kirim pengajuan dan pendaftaran pun selesai
Setelah proses pendaftaran ini selesai, kita tinggal menunggu pemberitahuan dari aplikasi apakah dokumen yang kita unggah sudah valid atau tidak. Jika dokumen yang diunggah tidak jelas atau kabur, pihak Kementerian Agama akan menghubungi kita lewat telepon dan meminta pengunggahan ulang. Kita tinggal cek di aplikasi dokumen mana yang ditolak dan bisa mengunggah kembali dokumen tersebut lalu melakukan pendaftaran ulang.

Proses validasi dokumen ini memakan waktu kurang lebih 1 minggu hingga 2 minggu. Jika dokumen tersebut sudah lengkap dan disetujui, maka kita akan mendapat pemberitahuan lewat email terkait pendaftaran tersebut dan bisa mengunduh Surat Pendaftaran Haji yang diberikan lewat aplikasi atau email. Selain itu, kita juga bisa mengecek status pendaftaran kita lewat notifikasi yang ada di aplikasi.

Demikian sedikit informasi terkait cara daftar haji online dengan aplikasi Haji Pintar. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian! 


24 Comments

  1. Semakin dimudahkan untuk mendaftar ibadah haji ya mbak.. Semoga Mba Antung dan teman2 yang merindukan ke Tanah Suci dilancarkan rezekinya untuk segera kesana. Rezeki kan luas artinya ya, bukan hanya biaya tapi juga kesehatan, kesempatan, dan lain2nya.

    ReplyDelete
  2. wah, aku juga baru aja daftar haji di apps ini nih. tapi belum selesai sih, belum melengkapi berkas-berkas yang diperlukan (termasuk foto dan foto ktp gitu).

    info ini menarik banget lho, soalnya waktu aku install appsnya, sempat bingung juga bagaimana prosesnya. tfs mbak :)

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah sekarang makin dimudahkan untuk pendaftaran ibadah Haji ya mak, aku sendiri baru tahu kalau bisa pakai aplikasi ini, soalnya cerita dari temen dulu harus datang ke kantor kemenag itu, insyaAllah semoga kita semua bisa diizinkan pergi ibadah haji aamiin

    ReplyDelete
  4. Ehhh ternyata ada aplikasinya yaa

    sip sippp.makin keren aja nih
    Semoga memudahkan calon jamaah haji yah

    ReplyDelete
  5. Baru beberapa hari lalu ngobrol sama pak suami, kita kalau mau daftar haji enaknya gimana ya. Karena dulu mamahku bilang pakai travel temannya dia saja, gak repot. Tapi pengin juga nyoba daftar sendiri, ini sih ngebantu banget nih.

    ReplyDelete
  6. Keren banget. Sekarang udah bisa daftar haji lewat online. Gak perlu ke kemenag lagi. Emang canggih aplikasinya skrg.

    ReplyDelete
  7. info yang bermanfaat banget nih mba, ternyata bisa juga ya daftar sendiri, kali aja membantu proses percepatan haji

    ReplyDelete
  8. Aku mau coba iniiii, wah makasih infonya mbaaa. Sekarang udah nggak perlu datang langsung ya. Alhamdulillah teknologi makin memudahkan ya. Kan bolak balik ke sana kalau offline jadi perlu ongkos, kadang ping pong gitu.
    Semoga kita bisa dicukupkan dimampukan untuk ibadah haji amiin

    ReplyDelete
  9. Btw sekalian nanya perlu nunggu berapa tahun mba setelah daftar haji?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lama banget mbak kalau di tempatku. kemarin pas ngecek sekitar 70 tahun

      Delete
  10. Semakin dimudahkan untuk mendaftar Haji. Semoga aja prosesnya pun terus lancar dan tidak harus sampai antre terlalu lama. Aamiin

    ReplyDelete
  11. Wow keren ya sekarang sudah ada aplikasi haji pintar memudahkan siapa saja untuk daftar haji. Keren deh, tidak perlu repot lagi

    ReplyDelete
  12. Ortuku dulu nunggu 10 tahun. Alhamdulillah haji terakhir 2019 tepat sebelum pandemi.
    Wah sekarang makin gampang ya mendaftar haji bisa melalui aplikasi aja. Alhamdulillah dimudahkan. Semoga setelah ini ada cara juga supaya gak ada lagi antrean lama buat jamaah haji Indonesia aamiin Ya Allah.

    ReplyDelete
  13. Wah mantap mba.. daftar haji skrg gak perlu repot lagi ya kalo begini. Baru tau pas baca ini. Semoga kuota haji bertambah ya untuk tahun ini n seterusnya. Spy antrian gak serem lg

    ReplyDelete
  14. Ya Allah, bahagianya, pendaftaran haji kian mudah. Bisa pakai aplikasi. Semoga lancar dan tertib.

    Dan semoga saya dan keluarga bisa naik haji.

    ReplyDelete
  15. Wah inovasi baru ya ini mbak
    Dengan adanya aplikasi seperti ini, mendaftar haji secara online jadi lebih mudah ya mbak

    ReplyDelete
  16. Daftarnya sekarang jadi lebih, semoga dimudahkan juga untuk bisa sampai dapat panggilan haji-nya ya mbak. Duh lama banget di Kalsel sampai 70 tahun, kirain malah lebih sebentar dibanding Jawa mbak, di sana peminatnya justru lebih banyak ya

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah makin mudah saja ya mbak daftar haji, moga prosesnya juga tidak semakin panjang waktu menunggunya, aku masih menunggu nih mbak, harusnya kan tahun 2021, tapi diundur lagi sampai 2026 nanti.

    ReplyDelete
  18. MashaAllah~
    Semoga bisa dimudahkan untuk menunaikan Ibadah Haji sebagai Rukun Islam yang Kelima. Melalui aplikasi Haji Pintar tidak hanya digunakan untuk mendaftar haji ya.. fitur-fitur laiinnya bisa dimanfaatkan ketika sudah menjalani ibadah ke Baitullah dengan panduan doa dan ibadah yang dilakukan.

    ReplyDelete
  19. Jadi sekarang daftar haji bisa lewat aplikasi, ya? Secara prosedur jadi lebih ringkas dan menghemat waktu, ya, dibandingkan dengan mendaftar langsung di Kementerian Agama. Terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  20. Iya dulu aku pun datang ke kantor Depag kota madya Semarang untuk daftar haji. Dan waktu tahun 2010 daftar haji, aku kaget karena suami yang datang ke kantor Depag ngabari kalo kami harus nunggu 4 tahun. Sebelumnya kan nggak nunggu lama ya.

    Nah sekarang malah makin enak adanya aplikasi Haji Pintar, bisa daftar melalui online aja. Cuma ya antrian napa makin panjang aja ya sekarang, Semarang tuh harus nungguin 33 tahun, Aku mau daftarin buat anakku kok berasa lama juga nunguuin berangkatnya

    ReplyDelete
  21. aaah makasih infonya mbaaa... aku dan keluarga pengen banget, tapi memang belum kesampaian euuy. Btw, semoga dengan cara ini semua makin lancar dan mudah ya

    ReplyDelete
  22. Wah asik bener ini. Daftar haji sudah bisa via aplikasi online gitu ya. Semakin mudah. Semoga kita semua diberi kesempatan untuk haji yang mabrur.

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillaaahhh akses daftar ibadah haji jadi lebih mudah ya Mak sekarang :')

    ReplyDelete
Previous Post Next Post