Manfaat Rebusan Daun Pepaya untuk Asam Lambung

Belakangan ini, saya cukup sering mendengar beberapa teman mengeluhkan tentang penyakit asam lambung yang mereka alami atau yang sering juga disebut dengan GERD. Mulanya saya berpikir kalau GERD merupakan penyakit yang berasal dari sakit maag yang kadang saya alami akibat makan yang tidak teratur. Kenyataannya sakit maag dan asam lambung adalah 2 gejala penyakit yang berbeda terutama jika dilihat dari penyebab sakitnya.

Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang disebabkan oleh naiknya asam yang diproduksi lambung ke kerongkongan sehingga mengakibatkan rasa yang tidak nyaman seperti dada yang sakit atau terasa. Sementara penyakit maag merupakan penyakit yang terjadi ketika volume lapisan lendir tebal yang melindungi lambung mengalami penurunan sehingga menggerogoti jaringan yang melapisi perut. Meski merupakan 2 penyakit yang berbeda, baik asam lambung maupun maag dapat menimbulkan komplikasi yang parah jika tidak ditangani dengan tepat.

 

Mengenal gejala asam lambung 


Untuk bisa membedakan apakah sakit yang kita derita merupakan asam lambung atau maag, bisa dilihat dari gejala yang dirasakan. Beberapa gejala dari penyakit asam lambung antara lain:

Heartburn atau rasa panas di dada

Gejala ini merupakan gejala paling umum dari penyakit asam lambung. Sensasi rasa panas atau terbakar ini umumnya terjadi pada dada bagian tengah dan bisa menyebar dari perut hingga ke leher atau punggung. Heartburn ini biasanya akan dirasakan setelah makan, berbaring atau saat membungkuk.

Rasa mual

Rasa mual juga menjadi salah satu gejala dari naiknya asam lambung. Rasa mual ini bahkan bisa berujung menjadi muntah berupa cairan berwarna bening atau kuning yang amat pahit. Rasa mual sendiri terjadi karena adanya rasa nyeri hebat pada lambung dan ulu hati

Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan yang terjadi pada penderita asam lambung disebabkan oleh iritasi sebagai akibat dari naiknya asam lambung ke kerongkongan. Sakit tenggorokan ini bisa mengakibatkan suara menjadi serak dan sensasi benjolan pada tenggorokan.

Perut kembung dan serdawa

Makanan yang tidak bisa langsung dicerna oleh lambung akan membuat produksi gas meningkat sehingga membuat perut jadi kembung setelah makan. Perut yang kembung ini kemudian akan mengeluarkan gas dalam bentuk sendawa.

Napas bau dan rasa asam di mulut

Bau mulut tidak hanya bisa disebabkan oleh kurangnya kebersihan pada rongga mulut namun juga bisa karena asam lambung yang naik ke kerongkongan. Selain napas yang berbau, asam lambung juga bisa mengakibatkan rasa asam di mulut yang bisa dibarengi dengan rasa panas seperti sensasi terbakar di tenggorokan.


Manfaat rebusan daun pepaya untuk asam lambung


 

Dalam hal penanganan dan perawatan penyakit asam lambung, selain mengkonsumsi obat penderita biasanya disarankan untuk mengubah perilaku sehari-hari diantaranya:

  • Makan lebih teratur
  • Menghindari makanan yang dapat membuat asam lambung naik seperti coklat, soda, minuman berkafein, daging dan susu berlemak tinggi dan beberapa makanan lainnya
  • Memperhatikan porsi makan karena makan terlalu banyak dapat menyebabkan refluks
  • Mengunyah makanan dengan benar sehingga dapat membantu enzim pencernaan dalam mengolah makanan
  • Berhenti merokok karena nikotin dari tembakau dapat melemaskan otot sfingter esofagus bagian bawah
  • Mengkonsumsi makanan yang baik untuk asam lambung 

Salah satu bahan makanan yang diyakini baik untuk penderita asam lambung adalah pepaya. Pepaya dan juga daunya memiliki enzim papain dan chymopapain yang dapat membantu melancarkan pencernaan, mencegah kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Untuk bisa mengatasi gejala asam lambung kita bisa mengkonsumsi buah pepaya secara rutin atau juga meminum air dari rebusan daun pepaya. 


Nutriflakes Sereal Asam Lambung


 

Selain mengkonsumsi makanan yang baik untuk asam lambung, penderita asam lambung juga bisa mencoba produk yang dibuat khusus untuk mengatasi asam lambung yakni Nutriflakes Sereal Asam Lambung. Nutriflakes Sereal Asam Lambung merupakan produk makanan sehat berbentuk sereal yang sekaligus mengandung efek terapi dengan kandungan pati umbi garut, psylium husk, susu etawa, daun kelor dan gula aren. Adapun manfaat dari bahan-bahan yang terkandung dalam Nutriflakes Sereal Asam Lambung ini adalah:

Pati umbi garut

Merupakan bahan utama dari produk Nutriflakes Sereal Asam Lambung. Bahan ini merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk menurunkan berat badan, mengatasi diare, menguatkan kekebalan tubuh, dan menyembuhkan asam lambung.
 

Psylium Husk

Psylium Husk merupakan serat yang berasal dari tanaman plantago ovata. Kandungan serat yang tinggi pada tanaman ini bermanfaat untuk mereka yang sedang menjalankan diet karena dapat membuat pencernaan menjadi lancar. 
 

Susu Etawa

Susu kambing atau lebih dikenal dengan sebutan susu etawa memiliki kandungan vitamin A dan B yang lebih banyak dibanding susu sapi. Kandungan susu etawa dalam produk ini dapat membantu menetralkan kadar asam lambung, meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah resiko serangan jantung dan stroke.
 

Daun kelor

Daun kelor memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, salah satunya adalah mengatasi asam lambung dengan kandungan antioksidan dan antiradangnya.
 

Gula aren

Gula aren memiliki beberapa kandungan ribovlafin yang dapat membantu proses pembentukan energi, antibodi hingga memperbaiki sel yang rusak pada pencernaan terutama bagi mereka yang menderita asam lambung.  
 
Selain untuk mengatasi asam lambung, Nutriflakes Sereal Asam lambung juga memiliki beberapa manfaat lain seperti menguatkan pencernaan, meredakan gejala maag kronis, mencegah obesitas dan juga meredakan nyeri sendi dan sesak napas. Buat kamu yang ingin mencoba produk Nutraflakes Sereal Asam Lambung ini bisa membelinya di official store Nutriflakes Shopee, ya. Salam sehat selalu!
 
 
Sumber tulisan:
https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-perbedaan-antara-asam-lambung-dan-maag
https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220905164703-33-369442/7-ciri-ciri-asam-lambung-naik-tinggi-dan-cara-pencegahannya
https://hellosehat.com/pencernaan/maag/asam-lambung-naik/

4 Comments

  1. Kalau udah ada Nutriflakes gak bingung lagi ya kak,karena udah mengandung daun pepaya.
    Kalau di desa, biasanya dipasar tradisonal banyak yang jual juga

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata rebusan daun pepaya bisa mencegah sakit lambung yaa . Favorit saya nih, dimakan pakai sambal hijau wih maknyus. Biasanya di nasi padang nih suka ada rebusan daun pepaya. Btw praktis juga ya makan nutriflakes karena mengandung daun pepaya juga.

    ReplyDelete
  3. Huhuhu kerasa paitnya seperti apa tapi demi kesehatan, semua harus dijalankan dan diterima khasiatnya

    ReplyDelete
  4. Kayanya mesti stok nih di rumah. Untuk persiapan kalau Gerd atau maagh lagi kambuh

    ReplyDelete
Previous Post Next Post