Rekomendasi Physical Sunscreen Lokal Berkualitas untuk Aktivitas Luar Rumah

Rekomendasi Physical Sunscreen Lokal Berkualitas untuk Aktivitas Luar Rumah

Sunscreen merupakan salah satu produk skincare yang saat ini selalu saya beli setiap bulan. Bahkan mungkin bagi sebagian orang, menyetok sunscreen lebih penting ketimbang menyetok produk skincare lain mengingat penggunaannya yang memang cukup boros. Seperti yang sering kita dengar, untuk bisa mendapatkan manfaat maksimal, takaran penggunaan Sunscreen adalah sebanyak 2 jari dan sebaiknya di-reapply setiap 2 jam sekali. 

Dalam dunia sunscreen sendiri kita mengenal ada 3 jenis sunscreen yang beredar di pasaran yakni chemical sunscreen, physical sunscreen dan juga hybrid sunscreen. Physical sunscreen merupakan jenis tabir surya yang menggunakan bahan mineral berupa titanium dioxide dan zinc oxide dalam kandungannya. Cara kerja dari physical sunscreen adalah dengan cara memantulkan sinar UV yang datang ke kulit kita. 

Sementara untuk chemical suncreen, bahan yang digunakan ada berbagai jenis seperti Ethylhexyl Methoxycinnamate, avobenzone dan beberapa kandungan sunscreen lainnya. Chemical sunscreen memiliki cara kerja menyerap sinar UV ke dalam kulit dan mengubahnya menjadi panas. Sedangkan hybrid sunscreen mengacu pada sunscreen yang menggabungkan kandungan physical sunscreen dan chemical sunscreen dalam formulanya.


Kelebihan physical sunscreen

Sebagian besar orang mungkin lebih memilih menggunakan chemical atau hybrid sunscreen dibandingkan physical sunscreen. Formula physical sunscreen yang menghasilkan white cast yang cukup parah dan juga sulit untuk dibersihkan menbuat orang-orang lebih nyaman menggunakan chemical sunscreen. Meski demikian, physical sunscreen juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan chemical sunscreen diantaranya:

Physical sunscreen bekerja lebih cepat dan lebih efektif

Dengan kandungan yang dimilikinya, physical sunscreen bisa langsung bekerja melindungi kulit kita sesaat setelah produknya digunakan. Dibandingkan dengan chemical sunscreen yang baru bisa bekerja 15-20 menit setelah digunakan tentunya physical sunscreen ini lebih efektif digunakan. Selain itu, cara kerja physical sunscreen yang membangun lapisan di atas kulit untuk menghalangi sinar UV agar tidak menembus kulit dapat memberikan perlindungan yang lebih kuat dibanding chemical sunscreen. 

Physical sunscreen lebih aman untuk kulit sensitif, anak-anak serta ibu hamil dan menyusui

Physical sunscreen mengandung lebih sedikit bahan aktif dibandingkan dengan chemical sunscreen sehingga produk ini lebih aman digunakan bagi pemilik kulit sensitif. Kandungan physical sunscreen mengurangi risiko terjadi iritasi dan juga tidak menyumbat pori-pori kulit. Bagi anak-anak, ibu hamil dan menyusui, physical sunscreen juga dinilai lebih aman digunakan karena sifatnya yang melapisi kulit bukan menyerap ke dalam kulit. 

Physical sunscreen lebih ramah lingkungan 

Beberapa kandungan dari chemical sunscreen seperti  oxybenzone dan octinoxate disebutkan tidak ramah lingkungan karena dapat merusak terumbu karang di laut. Buat kamu yang peduli lingkungan, menggunakan physical sunscreen merupakan salah satu pilihan yang tepat karena kandungan physical sunscreen ini lebih ramah lingkungan. 


Rekomendasi physical sunscreen lokal

Selama beberapa tahun terakhir, saya lihat brand lokal mulai berlomba-lomba memproduksi sunscreen bagi wanita Indonesia. Sebagai wanita yang peduli dengan kondisi kulit, tentunya hal ini sangat menggembirakan karena kita jadi memiliki banyak pilihan sunscreen dengan harga yang mungkin lebih terjangkau jika dibandingkan dengan sunscreen dari brand luar. Tak hanya chemical sunscreen, sekarang brand lokal juga sudah mulai memproduksi physical sunscreen dengan kualitas tak kalah oke dengan sunscreen luar. 

Berdasarkan artikel yang saya baca di website bereal, ada cukup banyak produk physical sunscreen yang bisa digunakan untuk sehari-hari. Berikut adalah rekomendasi physical sunscreen lokal yang bisa kamu coba :

Azarine Tone Up Mineral Sunscreen Serum SPF 50 PA++++



Azarine Tone Up Mineral Sunscreen Serum SPF 50 PA++++ merupakan salah satu produk sunscreen Azarine dengan kandungan Titanium Dioxide dan Zinc Oxide di dalamnya. Produk ini merupakan salah satu produk physical sunscreen dari Azarine yang menjadi favorit saya selama beberapa bulan terakhir karena benar-benar minim whitecast dan sangat mudah diratakan di kulit. Produk ini juga memiliki kandungan ceramide yang berfungsi menjaga skin barrier kulit kita. Adapun harga dari Azarine Tone Up Mineral Sunscreen Serum SPF 50 PA++++ ini adalah Rp. 75.000,00 untuk ukuran 27 ml.
 

Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++



Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++ merupakan physical sunscreen dari Somethinc yang berfungsi melindungi kulit bahaya sinar UVA dan UVB, juga berfungsi sebagai color corrector yang bisa membuat warna kulit lebih merata. Sunscreen ini memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap di kulit, tidak lengket dan memberi hasil akhir satin di kulit. Harga dari Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++ adalah Rp. 69.000,00 untuk ukuran 15 ml.


Glowlabs Physical Sunscreen SPF 50 PA+++




Glowlabs Physical Sunscreen SPF 50 PA+++ merupakan physical sunscreen dengan kandungan nano titanium dioxide yang mampu memberikan perlindungan kulit dari sinar matahari dan juga kandungan Tricholoma matsutake extract yang dapat merangsang regenerasi sel kulit baru. Sunscreen ini juga mengandung formula WhiteTen yang dapat mencerahkan kulit, Bisabolol sebagai anti iritasi dan Centella Asiatica yang dapat menenangkan dan mengurangi iritasi pada kulit serta Blue Oleoactif yang dapat melindungi kulit dari blue light dan juga debu dan asap kendaraan. Adapun harga untuk produk Glowlabs Physical Sunscreen SPF 50 PA+++ ini adalah Rp. 109.000,00 untuk ukuran 50 gr. 

Itulah dia beberapa rekomendasi physical sunscreen lokal yang bisa teman-teman coba. Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian! 

11 Comments

  1. Pemakaian sunscreen secara rutin ini memang penting banget untuk masa depan kulit yang sehat berkat terlindung dari pengaruh buruk sinar uv. Dan memilih produk sunscreen yang cocok untuk kondisi kulit itu gampang-gampang susah. Tapi dengan rekomendasi dari berbagai pilihan produk membuatku jadi tercerahkan..

    ReplyDelete
  2. Eh serius Mbak, setiap 2 jam sekali harus re-apply sunscreen? Hmm...apa nggak kileng-kileng a.k.a berminyak gitu jadinya ya? Apalagi kalau cuaca lagi hot-hot pop kaya di Surabaya gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. idealnya begitu, mas. tapi saya juga kadang-kadang malas reapply. hihi

      Delete
  3. waah terima kasih mba.. buat sata yg masih mencari-cari sunscreen yg cocok, rekomendasi ini pas banget nih.. mau ngulik lebih lagi aah..

    ReplyDelete
  4. wah banyak ya sekarang pilihan sunscreennya. harganya juga ramah di kantong ya..aku pribadi masih pakai sunscreen dari dokter. tapi perlu juga kalau ke daerah pantai pakai sunscreen yang spf 50 kaya gini

    ReplyDelete
  5. sunscreen memang penting banget yaa, apalagi buat orang yang banyak beraktivitas di luar ruangan, pake sunscreen gak bisa ditawar lagi agar kesehatan kulit tetap terjaga

    ReplyDelete
  6. Ada beberapa jenis sunscreen ternyata ya. Saat ini saya pakai yang merk N, sama sih SPF-nya 50. Tapi pas beli memang nggak ngerti sih masuk ke jenis sunscreen yang mana.

    But, i agree yang agak ribet memang re-apply-nya. Saya paling pakai sunscreen kalau pas lagi kerja seharian di luar kantor. Re-aplly nya pas setelah solat zuhur aja sekali.

    ReplyDelete
  7. penasaran ama sunscreen Azarine karena banyak yang kasih review bagus dan harganya juga tergolong murah. BTW buat oily skin aman gak ya? soalnya trauma dulu salah pake sunscreen eh ternyata malah muncul acnes nakallll.

    kak Antung suka sunscreen dari 1 merek aja apa suka gonta-ganti yg baru?

    ReplyDelete
  8. Dari semuanya, aku pengen coba Glowlabs. Beberapa beauty blogger bilang kalau sunscreen ini bagus dan protected banget

    ReplyDelete
  9. Gak terbayang, beneran sampai di hari dimana produk perawatan tubuh tersedia lengkap dr ujung kepala sampai kaki.
    Bahkan, sunscreen sekalipun, sudah sangat banyak pilihannya.Tinggal kita berhati-hati dengan kandungan di setiap produk dan menyesuaikan dengan kebutuhan kulit kita.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post