Berbagai Sumber Pendanaan Startup Yang Bisa Dijadikan Pilihan

Sumber pendanaan startup



Beberapa tahun terakhir, startup atau usaha rintisan menjadi salah satu lini usaha yang sangat diminati generasi Z. Dalam memulai usaha rintisan ini, pastinya akan ada beberapa bagian yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah modal atau sumber pendanaan. Untuk itu, berbagai sumber pendanaan startup dapat ditempuh untuk dijadikan value dalam usaha kita.

Start up yang masih bisa dikatakan sebagai pebisnis awal umumnya akan memerlukan perusahaan modal ventura di indonesia. Jika dilihat dari prospek masa depan tentunya startup yang notabene bisa dikatakan cukup menjanjikan.

Hal ini tergantung tujuan dan target yang ingin dijadikan focus untuk startup ini melangkah maju. Jika begitu maka untuk startup yang baru memulai bisnisnya bisa mencoba Alpha JWC Ventura. Berikut adalah Berbagai Sumber Pendanaan Startup Yang Bisa Dijadikan Pilihan antara lain:

Venture Capital


Startup yang baru pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat umum masih membutuhkan bantuan pendanaan. Ada banyak tahap yang perlu dipersiapkan untuk menjadikan startup unggul dan berkembang. 

Dengan mengedepankan target dan value dari masyarakat startup akan dapat berdiri tegak dan siap untuk beregenerasi menjadi perusahaan kuat. Untuk menjadikan startup tersebut kuat maka pendanaan yang cocok untuk dijadikan instrument pertama adalah Venture Capital.

Secara harfiah Venture Capital merupakan wadah untuk menyokong perusahaan yang memiliki resiko besar namun akan setara dengan hasil dan imbal balik yang akan diterima. Umumnya startup juga menjadi salah satu bagian yang bisa menggunakan Venture Capital untuk dapat berkesempatan mengembangkan bisnisnya.

Jika startup ingin berkembang dan membutuhkan modal besar maka dapat mencoba Alpha JWC Ventura. Perusahaan rintisan atau startup dapat meningkatkan kapasitasnya dengan menggunakan modal dari Alpha JWC Ventura. Dengan mendapatkan pendanaan segar maka ekspansi bisnis juga bisa segera tercapai dan kebutuhan startup dapat segera terpenuhi. Venture JWC juga dapat membantu baik berupa managerial, tenaga ahli dan sebagainya. 
 

Uang pribadi


Jika startup yang ingin merintis lebih awal maka sumber dananya dapat berasal dari uang pribadi. Langkah ini dapat membuat bisnis Anda bekerja tanpa harus memikirkan hutang.

Menggunakan uang pribadi maupun asset pribadi diawal akan menggerus kantong Anda namun hal ini memang dikatakan memiliki resiko yang lebih aman. Startup yang didanai dengan uang pribadi dapat secara leluasa untuk dapat dikelola. Kepuasan tersendiri juga bisa didapat ketika startup tersebut menggunakan uang pribadi.

Namun apabila startup yang menggunakan uang pribadi masih belum stabil dan cenderung mengalami kemunduran maka sisi buruknya adalah asset ataupun pribadi dapat lenyap seketika. Point plus dan minusnya tentu ada dan startup bisa menentukan yang terbaik untuk kedepan dan jangka panjang.

Uang dari pasangan, teman dan keluarga


Apabila uang pribadi masih dirasa kurang maka startup yang baru merintis masih dapat mencoba opsi lain. Startup dapat mencoba meminta bantuan dana dari pasangan, teman hingga keluarga. Dan jika hal ini masih belum cukup maka sudah saatnya untuk mencoba beralih ke Alpha JWC Ventura. Disini memiliki pelayanan terbaik untuk startup yang ingin berkembang dan maju.

Pendanaan yang didukung dengan aspek bisnis memadai dan berkesinambungan akan menjadikan startup dapat berkembang lebih cepat. Meski uang dari pasangan, teman dan keluarga terbilang lebih mudah akan tetapi tetap memiliki resiko yang sama. Hubungan yang terbentuk dan ingatan positif bisa saja berubah menjadi hal buruk jika apa yang telah diusahakan tidak sesuai dengan bayangannya.

Misalnya bisnis masih belum memberikan keuntungan namun pasangan, teman dan keluarga ingin segera mendapatkan uang yang telah dipinjamkan maka situasi yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Anda dapat mempertimbangkan tentang pendanaan yang tepat untuk keberlangsungan startup dimasa depan.

Pemodal ventura


Jika ingin mendapatkan modal yang tepat dan sesuai untuk keberlangsungan startup dimasa depan. Pemodal ventura adalah opsi tepat. Dengan jaringan serta dikenal sebagai tempat ideal untuk startup. Di Indonesia dan Asia Tenggara terdapat pemodal ventura yang ideal untuk startup dan Anda bisa menemukannya di Alpha JWC Ventura.

Segala macam lini bisnis yang berbasis startup adalah tempat yang memerlukan sokongan dana besar. Startup yang masih baru akan memerlukan waktu baik dari segi pengenalan masyarakat, pendistribusian hingga pengembangan semuanya memerlukan modal.

Dengan menggunakan Alpha JWC Ventura maka startup bisa mendapatkan modal yang dibutuhkan untuk kemudian digunakan dalam meningkatkan kapasitas dan integritasnya sebagai badan usaha. 

Inkubator bisnis


Startup yang juga dilengkapi ide bisnis berbasis teknologi dan informasi dapat mencoba Inkubator bisnis. Karena berfokus pada sektor teknologi tinggi umumnya Inkubator bisnis akan dapat membantu startup yang menggunakan konsep bisnis berbasis teknologi.

Melihat prospek jangka panjang bisnis yang lebih berkonsep akan pengembangan teknologi dan informasi disinyalir lebih menarik. Meskipun ada yang dapat menggunakan layanan ini mulai dari pengembangan ekonomi lokal seperti penciptaan lapangan kerja, layanan hosting hingga revitalisasi namun bisnis seperti ini lebih kecil dan tidak seluas bisnis teknologi.

Jaringan yang dimiliki Inkubator bisnis juga cukup luas karena dapat saling mendukung antar sesama bisnis lain untuk saling berbagi tempat dan bertukar pendapat. Jaringan bisnis juga dapat diperluas karena adanya mitra dan pebisnis lainnya sehingga rantai pasok bahkan logistic juga dapat dijalankan dengan baik. 
 

Berbagai Sumber Pendanaan Startup Yang Bisa Dijadikan Pilihan akan dapat meningkatkan kesempatan yang lebih luas. Startup dapat senantiasa menikmati fasilitas yang diberikan untuk kemudian digunakan dalam meningkatkan kualitas hingga produktifitas usahanya.

16 Comments

  1. pengembangan teknologi dan informasi disinyalir lebih menarik karena lebih bisa menjangkau dengan jangkauan yang luas serta cepat

    ReplyDelete
  2. Adanya bantuan dana dari pemodal ventura untuk para start up, jadi membuka peluang para pemula untuk melangkah lebih serius lagi di dunia bisnis, ya, mba, terutama teknologi.

    ReplyDelete
  3. kadang yang menjadi dilema para start up adalah modal, tetapi dengan adanya bantuan dana mendukung pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya

    ReplyDelete
  4. Kalau masalah pinjam meminjam, kok aku malah sreg minjam sama pihak lain yang bukan keluarga ya, Mbak. Hahaha. Mungkin sama² beresiko tapi hubungannya lebih santai aja. Beda kalau keluarga, mungkin kalau telat ngembaliin bisa jadi berabe urusannya. Iya gak sih, Mbak?

    ReplyDelete
  5. Baru dengar istilah venture capital. Bikin start up memang nggak mudah apalagi soal pendanaan, betul-betul harus ada sponsor yang kuat buat menyokong jalannya dan perkembangan perusahaan baru.

    ReplyDelete
  6. Yang terpenting saat ingin memasuki dunia bisnis adalah punya modal, entah dari meminjam atau yang lain

    ReplyDelete
  7. Mulai bangun start up memang butuh modal dan keberanian. Waktu tinggal di Depok masih dapet suasana bangun start up. Keren banget deh yang bisa sampai bertahan lebih dr 3 tahun.

    ReplyDelete
  8. Mau buka usaha di era saat ini lebih mudah ya. Asal. Berani dan kompeten tentu pemodal mau memberi dana

    ReplyDelete
  9. Ketika memulai usaha/ bisnis yang utama adalah harus memiliki modal. Selain itu kita juga butuh rekan kerja untuk saling bertukar pikiran atau berkolaborasi dengan perusahaan lain

    ReplyDelete
  10. Ternyata membuat usaha rintisan itu gak mudah yaa..
    Kalau selalu sedia dana pribadi, alhamdulillah banget.. Tapi kalau kudu meyakinkan klien untuk join dalam hal pendanaan, butuh trust yang kuat.

    ReplyDelete
  11. Masa-masa menentukan start up biasanya 3 tahun pertamanya. Sebenarnya kalo ada mentor dan masuk program semacam inkubasi lebih enak karena ada bimbingan dan kucuran modal. Kalo 3 tahun kuat, pas dilepas kudu tahan banting. Sedihnya sekarang ini banyak start up berguguran.

    ReplyDelete
  12. Membangun start up memang butuh biaya yang tidak sedikit
    Biasanya owner star up memulai usahanya dari uang pribadi ataupun ikutan inkubator bisnis

    ReplyDelete
  13. Wah mantab sekali tulisannya...mendorong diri u/ buka bisnis dan mngembangknnya...

    ReplyDelete
  14. Perjuangan banget perusahaan rintisan begini ya Kak. Soalnya semuanya sendiri kalo gak ada kolaborasi dan allhamdulilah sekarang sudah mudah ya mendapatkan nya

    ReplyDelete
  15. Aku baru tahu kalau ada permodal ventura. Terimakasih sharingnya, Mbak

    ReplyDelete
  16. Bisnis apapun pasti butuh pendanaan, tdk terkecuali bisnis start up. Penting banget memang mempertimbangkan sumber pendanaan yang tepat dan tidak membebani ke depan nya.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post