Rekomendasi Universitas Swasta di Bandung

 


Rekomendasi Universitas Swasta di Bandung - Setiap kali menyebut nama kota Bandung, pikiran saya selalu kembali ke puluhan tahun silam, saat saya berkesempatan tinggal di kota tersebut. Tahun 1994, saat saya masih kelas 4 SD merupakan kali kedua saya tinggal di Bandung bersama ayah yang menempuh pendidikan selama kurang lebih 9 bulan di sana. Selama di Bandung, kami sekeluarga tinggal di kost-kosan bersama rekan kerja ayah dari berbagai daerah yang juga mengambil pendidikan di sana. Meski tak sampai setahun, pastinya ada banyak kenangan yang saya tersimpan di memori saya, entah itu tentang wisata kota Bandung hingga bagaimana kami sekeluarga menjalani kehidupan di sana. 

Di awal-awal tinggal di kota Bandung, pastinya ada banyak penyesuaian yang harus kami hadapi. Saya ingat bagaimana harus struggle dengan udara dingin yang menyapa setiap hari, berbanding terbalik dengan kota kelahiran saya panas. Belum lagi kendala bahasa yang membuat saya kadang cuma terbengong-bengong saat diajak ngobrol anak tetangga dan garuk-garuk kepala saat harus mengerjakan tugas pelajaran Bahasa Sunda.

Kenangan lain yang pastinya tak terlupakan adalah saat saya dan keluarga menghabiskan waktu di akhir minggu. Kadang ayah akan mengajak kami sekeluarga berjalan-jalan di Alun-alun kota Bandung yang memang merupakan salah satu tempat wisata di kota Bandung. Di Alun-alun ini biasanya kami akan duduk-duduk santai saja di tamannya. Kadang di malam hari kami juga menyusuri jalan Sukajadi yang kini sudah menjadi kawasan Mall. Selain ke Alun-alun, saat tinggal di Bandung saya juga sempat mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu dan tempat wisata mata air di Cibodas. 

Sekian tahun berlalu, akhirnya tahun 2010 saya berkesempatan kembali ke kota Bandung. Kali ini saya datang bersama 2 orang teman dalam rangka menghadiri pernikahan seorang teman yang lain di Sukabumi. Nah, alih-alih menjelajahi kota Sukabumi, saya dan 2 teman ini malah berangkat ke Bandung dengan jarak tempuh perjalanan kurang lebih 5 jam dari Sukabumi. Karena hanya memiliki waktu beberapa jam di kota Bandung, saya dan kedua teman hanya bisa mengunjungi beberapa tempat seperti kampus ITB dengan Masjid Salman-nya, Jalan Braga dan tujuan terakhir adalah Trans Studio Bandung.


Binus Bandung, Rekomendasi Universitas Swasta di Bandung

Saat berhasil menginjakkan kaki kembali ke kota Bandung 10 tahun yang lalu, salah satu wishlist saya adalah numpang salat di Masjid Salman ITB yang legendaris itu. Alhamdulillah keinginan itu tercapai dan yang bikin saya surprise, ternyata kampus ITB merupakan kawasan yang cukup familiar bagi saya di masa kecil. Maklum lah, ya, waktu masih SD saya masih belum paham dunia pekampusan. Hehe.

Selain dikenal sebagai kota destinasi wisata, Bandung juga terkenal sebagai kota yang memiliki institusi terbaik di Indonesia. Siapa coba yang tak ingin berkuliah di ITB yang merupakan kampus teknik pertama di Indonesia? Tak hanya ITB, Bandung juga memiliki kampus-kampus lain yang tak kalah bagus mulai dari kampus negeri hingga swasta.
 
Ada cukup banyak universitas swasta di Bandung. Salah satu universitas swasta di Bandung yang bisa menjadi pertimbangan adalah Binus Bandung yang berlokasi di Jalan Pasir Kaliki No.25-27, Kebon Jeruk, Andir, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung. Sebagai salah satu cabang dari Binus University, Binus Bandung memiliki berbagai jurusan yang menjanjikan antara lain:
   

S1 Computer Science (Teknik Informatika)

Kamu mau jadi programmer handal seperti Nam Do San dalam drama Korean Start Up? Jika iya, maka jurusan Teknik Informatika adalah pilihanmu jika kuliah di Binus Bandung. Program Teknik Informatika Binus Bandung ini merupakan bagian dari School of Computer Science, yang menekankan pada pembelajaran pada proses dan teknik untuk mengembangkan sistem berbasiskan komputer. Spesialiasi yang dapat dipilih pada program ini diantaranya : IoT (Internet of Things), Sistem Cedas, Mengembangankan teknologi Game atau Mobile, dan juga keamanan sistem (Computer Security).
 

S1 Visual Communication Design (Desain Komunikasi Visual)

Bagi mereka yang memiliki jiwa kreatif tinggi dan gemar dengan dunia desain visual, pastinya takkan melewatkan Jurusan Desain Komunikasi Visual di Binus Bandung. Program studi ini akan menghasilkan tenaga perancang komunikasi visual yang diakui secara nasional, menguasai keahlian dalam teknologi kreatif, dengan tetap mengangkat nilai-nilai kearifan lokal (khususnya Jawa Barat) sebagai ciri khasnya. Dalam lingkup pembelajarannya, mahasiswa akan mempelajari berbagai seluk beluk dunia desain visual seperti animasi 2D+ dan desain media lainnya.
 
 

S1 Design Interior

Jika DKV merupakan program studi yang mempelajari desain secara visual, maka Desain Interior merupakan program studi yang memadukan ilmu seni dan teknik tentang ruang dan pengolahannya serta hubungannya dengan manusia sebagai penggunanya. Profesi Desain Interior memadukan kreativitas dan keahlian teknik serta keseimbangan antara fungsional dan estetika. Program Studi Desain Interior ini meliputi 3 yakni Techno Interior design, Commercial and hospitality design, Furniture and accesories Design.
 

S1 Creativepreneurship

Jurusan ini mungkin terdengar kurang familiar, ya? Program studi Creativepreneurship merupakan jurusan yang mempersiapkan lulusannya menjadi sarjana bisnis dengan fokus membangun bisnis pada industri kreatif dan/atau mengembangkan bisnis berbasiskan kreativitas. Program studi ini akan mengeksplorasi Creativepreneurship sebagai gaya kepemimpinan bisnis yang menggabungkan komersialisasi ICT dengan kecakapan berwirausaha secara praktis, berpengetahuan, berketerampilan dan bersikap, mengkreasikan ide bisnis baru yang inovatif, menumbuh kembangkan bisnis secara etis dan berkelanjutan, meningkatkan nilai perusahaan, serta aktif berkontribusi bagi masyarakat luas.
 
Pada program studi ini, mahasiswa akan belajar tentang
  • Menemukan ide dan peluang bisnis
  • Menganalisa persaingan, pasar, dan risiko bisnis
  • Merumuskan model bisnis dan rencana bisnis
  • Menjalankan bisnis rintisan (start-up)
  • Menumbuhkan dan mengembangkan bisnis
Bagi mereka yang mengambil jurusan ini, ke depannnya mungkin akan berhasil menjadi investor dan mentor handal seperti Han Ji Pyeong si Anak Baik atau Seo In jae yang sukses jadi CEO dalam drama Korea Start Up.
 

2+1+1 Program 

Selain empat program studi yang dijelaskan di atas, Binus Bandung juga memiliki program 2+1+1 Program yang memungkinkan mahasiswanya merasakan pengalaman belajar multi kampus dan kerja di dunia nyata. Dalam praktiknya, mahasiswa akan menjalani 2 tahun kuliah di kampus asal, 1 tahun kuliah di kampus BINUS di kota lain, dan 1 tahun mengambil salah satu dari 5 program enrichment, yaitu penelitian, merintis usaha (start up business), pengabdian sosial, studi ke luar negeri dan magang kerja di perusahaan.


Keunggulan Binus Bandung

 
 

Sebagai salah satu universitas swasta di Bandung, Binus Bandung tentunya memiliki beberapa keunggulan dibandingkan universitas lain. Keunggulan tersebut antara lain: 

Memiliki berbagai fasilitas yang mendukung mahasiswa 

Sebagai salah satu universitas yang menyediakan jurusan informatika, Binus Bandung memiliki berbagai fasilitas yang dapat mendukung mahasiswa belajar dengan maksimal. Binus Bandung juga memiliki metode pembelajaran yang canggih, ramah terhadap mahasiswa, dan berbagai teknologi yang terbaru untuk proses belajar mengajar.
 

Mengusung kearifan lokal

Setiap mahasiswa yang berkuliah di Binus Bandung tidak hanya mendapatkan ilmu saja akan tetapi juga bisa mempertahankan adat dan budaya Sunda sehingga budaya Sunda tidak pernah hilang. BINUS Bandung sangat percaya dengan menanamkan pelajaran budaya Sunda untuk anak-anak muda membuat budaya Sunda tidak pernah hilang, saat ini para anak muda lebih open minded sehingga mudah menerima adat budaya sebagai identitas mereka.
 

Menyediakan Tingkat Pendidikan dengan Teknologi Kreatif

Dalam metode pengajarannya, Binus Bandung menggunakan berbagai teknologi kreatif dengan memperhatikan pula suasana belajar yang kondusif dan inovatif. Para mahasiswa dalam pembelajarannya juga menggunakan layanan profesional yang berbasis ICT (Information and Communications Technology yang sangat baik dan mendukung mahasiswa menjadi lebih kreatif dan juga inovatif.
 

Binus Bandung mengembangkan karakter siap kerja

Selain mendapatkan ilmu sesuai dengan jurusan yang dipilihnya, mahasiswa Binus Bandung juga dibekali dengan pengalaman dalam dunia kerja selama masa kuliahnya. Untuk itu, Binus Bandung telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan juga universitas baik di dalam negeri maupun di luar negeri sehingga bisa memberikan pengalaman yang bagus untuk keterampilan mahasiswa di bidang pekerjaan.
 

Memberi Kontribusi Penelitian di Bidang Informatika

Sebagai universitas yang memiliki visi mencetak lulusan yang berkualitas, Binus Bandung juga memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk melakukan berbagai penelitian di bidang informatika sehingga Indonesia tidak kalah saing dengan teknologi dari luar negeri.

Tidak Hanya Akademik, Jiwa Sosial Mahasiswa juga Dikembangkan

Dalam upaya mengasah kepedulian dan jiwa sosial para mahasiswanya, Binus Bandung mengajak para mahasiswanya untuk terjun langsung ke masyarakat untuk bisa menciptakan rasa tanggung jawab anak muda terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan pengabdian kepada masyarakat ini, mahasiswa Binus Bandung akan mendapat ilmu sosial yang membuat mereka mereka tidak hanya peduli dengan diri sendiri dan juga kariernya saja akan tetapi juga peduli dengan masyarakat pada umumnya

 

Memiliki Peluang Karir yang Besar

Tak bisa dipungkiri kalau salah satu tujuan seseorang melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah adalah untuk meningkatkan kompetensinya dan mendapat karir yang bagus di masa depan. Binus Bandung sendiri merupakan universitas Swasta yang menghasilkan sarjana dnegan peluang karir yang besar. Lulusan Binus Bandung bisa berkarir sebagai programmer, game developer, bahkan mungkin mendirikan start up-nya sendiri.

 

Biaya kuliah di Binus Bandung dan program beasiswa

Tentunya teman-teman penasaran berapa sih biaya kuliah di Binus Bandung? Berdasarkan info yang saya dapatkan di website binus.ac.id, untuk tahun akademik 2021/2022, biaya kuliah di Binus Bandung adalah Rp. 12.500.000,00 untuk SPP semester 1, biaya lab Rp. 6.500.000,00 (dicicil 2 kali), biaya peralatan Rp. 3.500.000,00 dan biaya sumbangan Rp. 22.000.000,00. Lumayan juga, ya biayanya? Heu.

Nah, jika teman-teman merasa biaya kuliah ini lumayan besar, tentunya tak perlu khawatir karena Binus Bandung memiliki program beasiswa penuh maupun parsial untuk mereka yang berprestasi secara akademik maupun non-akademik di tingkat nasional dan international. Selain itu, jika kamu memiliki nilai yang bagus saat kelas 10 dan 11, kamu bisa mengajukan beasiswa di Binus Bandung untuk mendapat beasiswa penuh.

Demikian rekomendasi universitas Swasta di Bandung yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Baca Juga

Post a Comment

16 Comments

  1. binus trebukti sdh punya kualitas baik ya

    ReplyDelete
  2. Keren ya ada program 2 Plus 1 plus 1, penagalaman belajar makin seru dan kaya wawasan:)

    ReplyDelete
  3. BINUS emang bagus, apalagi yang di Paskal ini terhitung baru dan tempatnya enak banget strategis deket mall. Whuaa, baiklah noted dulu biayanya.

    ReplyDelete
  4. Bandung itu banyak sekali kampus swastanya, segala sudut kota dipenuhi sekolah tinggi atau universitas swasta. Perlu riset dengan rinci nih untuk memilih kampus mana yang terbaik kalau mau ngampus di Bandung ini.

    ReplyDelete
  5. Binus mah udah terkenal bgt bagus ya program program yang merek buat juga keren-keren. Jadi pengen kuliah lagi deh. Semoga ada umur ada rezeki. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Binus itu kampus swasta yang keren banget serta fasilitasnya yang lengkap dan canggih. Dan juga seolah-olah Binus itu seperti kampus rasa internasional

    ReplyDelete
  7. Binus memang kampus untuk bidang teknologi yang direkomendasikan. Sangat keren fasilitasnya dan juga tenaga pengajarnya.

    ReplyDelete
  8. Binus Bandung mah sudah paling enak untuk tongkrongan, lokasinya menyatu dengan mall 23 Paskal. Aku pernah juga ngisi acara film di sini. Enakeun dan nyaman.

    ReplyDelete
  9. Binus Bandung dekat rumahku nih
    Andaikan mau ke campus naik sepeda pun OK
    Dulu saya sering jalan pagi sampai sana, pulang nya jajan bubur ayam 😀😀😀

    ReplyDelete
  10. Referesi tempat kuliah yang bagus ini buat anak-anak remaja dan orang tua yang mau menyiapkan masa depan anak-anaknya.

    ReplyDelete
  11. Binus memang terkenal sebagai lembaga pendidikan yang bagus ya, harga yang mahal sesuai dengan kualitas pendidikan. saya baru tahu ada binus di bandung, kemana aja ya? hahahaha

    ReplyDelete
  12. Program binus 2+1+1 ini menarik bgt mbak.. Bisa ngerasain si tmpt lain jg ya bahkan ke luar. Jadi harapannya pengalaman dan pengetahuannya makin berkembang yaa.

    Meski swasta, binus ini sudah menggema di mana mana namanya ya. Itu nama2 jurusannya masih asing sih buat saya tp pas ada penjelasannya saya jadi tertarik jg pengen bljr lg. Hihi

    ReplyDelete
  13. Binus Bandung ini anak cabang ya Binus Jakarta ya Mbak? Waah menarik jurusna creativepreneurship nyaa. 2+1+1 programnya juga anti mainstream

    ReplyDelete
  14. Nama Binus seharusnya udah jadi pegangan kalau kampus ini bisa diandalkan. Btw, ini baru yah?

    ReplyDelete
  15. Pengen deh pindah ke Bandung biar nanti anak-anak gampang kuliahnya, mau negeri dan swasta banyak ya

    ReplyDelete
  16. Bandung ini memang kota impian yaa, semuanya hampir ada di sana. Kalo anak-anakku udah dewasa nanti dan pengen kuliah di Bandung, saya pasti akan mendukungnya

    ReplyDelete