Pola Diet Sehat Untuk Wanita Berusia 30 Tahun

January 02, 2018


Sebagai wanita, kita umumnya memimpikan memiliki bentuk tubuh yang indah dan berat badan ideal. Nah, untuk mewujudkannya, kita harus melakukan berbagai langkah yang terangkum dalam pola diet sehat. Saat ini, banyak kaum wanita yang merasa takut saat akan menjalani pola diet. Ini karena umumnya orang-orang melakukan pola diet yang salah, yakni pola diet ketat namun tidak memberikan hasil.

Dalam menentukan pola diet yang diinginkan, biasanya kita mengikuti berbagai tips kesehatan entah itu dari televisi, majalah atau media lainnya. Tips kesehatan wanita memang umumnya berisi langkah-langkah untuk membuat wanita memiliki berat badan ideal dan seputar kecantikan wajah. Bagi saya sendiri, saat memasuki usia 30 tahunan, saya mulai merasakan berbagai perubahan kesehatan tubuh dibandingkan sebelumnya seperti perubahan hormon dan lainnya. Karena itulah, uUntuk mempertahankan kesehatan tubuh di usia 30-an, tentunya kita harus melakukan pola diet sehat dengan langkah sebagai berikut:

Meningkatkan metabolisme

Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh umumnya berjalan lebih lambat. Hal inilah yang biasanya ditakuti kaum hawa, sehingga kita harus menjalankan pola diet untuk menjaga metabolisme tetap tinggi. Metabolisme yang terjaga akan membuat kita bisa memerangi penuaan yang biasanya terjadi dan kita akan selalu awet muda. Kita sebaiknya memperhatikan asupan gizi seimbang di usia 30-an berupa 3 nutrisi utama yakni karbohidrat, protein dan lemak. Asupan protein dari makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan guna meningkatkan metabolisme dan kalori yang terbakar.

Penuhi kebutuhan serat

Jika kebutuhan serat terpenuhi, maka kadar gula dalam darah juga dapat dikendalikan, dan sistem metabolisme tubuh tetap terjaga. Di usia 30, jenis makanan terbaik untuk dikonsumsi adalah buah-buahan dan aneka jenis sayuran. Selain itu, hindari makanan olahan dan lemak jenis demi terjaganya berat badan ideal.

Menjaga kadar hormon

Di usia 30 tahun, fungsi hormon kaum wanita biasanya mengalami perubahan drastis. Untuk menyikapinya, kita harus mengkonsumsi lebih banyak adaptogen atau tanaman hebal seperti ashwagandha, tulsi dan bubuk matcha yang berfungsi menjaga kadar hormon. Buah berry juga sangat membantu untuk menyeimbangkan hormon.

Demikianlah 3 poin tips kesehatan wanita yang bisa dilakukan bagi para wanita yang telah memasuki usia 30 tahun. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

51 komentar

  1. saya aja cowok ikut diet dengan olahraga dan mengatur pola makan
    soalnya badan makin melar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya cowok cepat melar kalau sudah nikah atau kerja. Heu

      Delete
  2. Aku memasuki usia 30 udah berasa banget beda nya mba 😄 cepat capek😄 perlu banget kayak nya menjaga asupan makanan

    ReplyDelete
  3. Buah berry itu emang bagus banget khasiatnya. Sayang susah di cari

    ReplyDelete
  4. Dari makanan diatas kayanya yang paling sering ku konsumsi cuma matcha. Ashwaganda itu gimana mbak bentuknya? Baru denger. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ashwaganda itu herbal dari India kayaknya

      Delete
  5. Ini perlu banget neh disimpan artikelnya buat nanti usia 30 tahun. Hihi *walau masih lama sih karena aku masih 17thn wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Mba antung, makasih udah share tentang hal ini. Artikel nya aya simpen buat nanti hihihi, sama nih kaya Ka rim, biar awet mudaaa 😍

    ReplyDelete
  7. Aswagandha, tulsi, waahh aku malah baru kali ini dgr itu.. Ntr lgs browsing :). Dan baru tau juga matcha bisa menjaga kadar hormon mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ketemu ya sama aswagandha dan tulsinya ;)

      Delete
  8. Aku sudah terapin nih mba di usia 28 ini hehehe.... Alhamdulillah lancar

    ReplyDelete
  9. Aswagandha, namanya unik. Hehheehe. Baru tahu juga kalau penting dikonsumsi bagi usia 30 ke atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Tapi kayaknya agak susah nyarinya di sini

      Delete
  10. Tak terasa usia saya juga memasuki kepala tiga, berarti juga kudu menerapkan diet sehat terutama serat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Kalau sudah 30 ini memang harus lebih aware soal makanan kayaknya

      Delete
  11. Blog yang menarik. Walau aku sudah 40+ boleh ikutan baca ya, hehe.

    ReplyDelete
  12. Harus sering konsumsi buah dan sayur ya. Noted. Terima kasih Mbak Antung tipsnya. Bisa jadi reminder bagiku meski belum memasuki usia 30.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Aku juga nih masih harus lebih sering konsumsi buah dan sayur

      Delete
  13. semoga sehat-seat terus ya Mba aamiin

    ReplyDelete
  14. ashwagandha, tulsi dan bubuk matcha ini cemana bentuknya mba hehehe jadi penisirin browsing ah hahaha karena sudah merasa usia kepala 3 juga ini tipsnya keren :)

    ReplyDelete
  15. Sebentar lg mau kepala 3 nih mbak, siap2 deh buat jaga pola hidup sehat. Makasih tips dietnya, save dulu ah soalnya skrg lg hamil

    ReplyDelete
  16. terimakasih tipsnya,,
    pas banget, tahun ini lagi pengen diet

    ReplyDelete
  17. kalau boleh nambahin sih olahraga juga wajib lho. jadi sehat luar dalam deh. klo pola makan sayur dan buah mah alhamdulillah sudah diterapkan sejak mulai memasuki dunia kerja 10 tahun lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya olahraga nggak boleh ketinggalan ya, mbak buat membentuk otot

      Delete
    2. Saya juga mau nambahi olahraga. Hehe. Buat kebugaran dan baik untuk sistem pernapasan juga mba

      Delete
  18. tanaman herbal yaaa.. aku minum jamu keliling doang nih mbaaa.. aku skrg pas 30 tahun hehe.. mau rutin olah raga juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mbak sering minum jamu gendong. Hehe

      Delete
  19. kok pas ya, sudah umur tiga puluhan.. trs hormon di badan lagi kacau balau.. mau diet tapi butuh komitmen besar.. uhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Diet itu harus benar-benar komitmen karena banyak godaannya

      Delete
  20. Saya sudah 30 ++++ dan memang terasa banget butuh asupan yang tinggi serat dan antioksidan

    ReplyDelete
  21. artikelnya perlu di bookmark nih mbak :D bagus banget... ibu saya langsung saya kasih liat tulisannya, biar menjaga pola asupan makan

    ReplyDelete
  22. Oh bubuk matcha bagus ya buat hormon

    ReplyDelete
  23. Umurku dah 32
    Dan emang kalo ga atur asupan ni bodi uda alarm mulai gampang capek dan pusing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Aku juga sekarang gampang banget kena flu

      Delete
  24. Oh, jadi ada perubahan-perubahan ya Mbak, aku 30 nya udah lewat 3 tahun lalu, tapi rasanya sama-sama aja *haha.. Cuma berasa nambah aja angka usianya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren, mbak. Ada teman di kantor juga modelnya gini. Dia mau makan sebanyak apa nggak gemuk-gemuk. He

      Delete
  25. Jadi PR semua nih buat aku. Disiapin dr skrg nggak apalah yah mbk. 1 tahun menuju 30. Doain bisa ya.

    ReplyDelete

Subscribe