SOBATKU, Aplikasi Nabung Tanpa Ribet dan Banyak Untungnya



Beberapa waktu lalu, saya mampir ke ATM di depan kantor tempat saya bekerja. Semakin menipisnya isi dompet mau tak mau membuat saya harus menarik beberapa lembar uang dari mesik ATM tersebut. Saat membuka dompet, saya kaget. Ternyata kartu ATM yang akan digunakan tidak ada di dompet saya. Saya berusaha mengecek kembali di berbagai sisi dompet. Namun tetap saja kartu ATM tersebut tidak ada.

Saya pun berusaha mengingat kapan terakhir kali saya menggunakan kartu ATM tersebut. Ah, rupanya saya menggunakannya beberapa hari sebelumnya untuk membayar tagihan belanja online di sebuah marketplace. Rupanya setelah melakukan pembayaran saya lupa mengambil kembali kartu ATM yang ada di dalam mesin.

Menyadari ini, saya pun mengecek saldo di tabungan dengan SMS banking. Alhamdulillah tidak ada transaksi mencurigakan dari rekening saya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, saya pun segera memindahkan sisa saldo di tabungan tersebut ke rekening lain sebelum akhirnya saya mengurus pembuatan kartu ATM baru.



Setelah mengalami kejadian seperti ini, mendadak saya teringat sebuah aplikasi baru yang saya ketahui melalui sosial media. SOBATKU begitu nama aplikasi ini. SOBATKU adalah tabungan online berbasis aplikasi yang memungkinkan kita untuk buka tabungan melalui ponsel yang kita miliki.

SOBATKU ini sendiri dikeluarkan oleh KSP Sahabat Mitra Sejati yang juga dikenal sebagai Sahabat UKM. KSP Sahabat Mitra Sejati dipimpin oleh pengurus yang profesional dan secara langsung didukung oleh Bank Sahabat Sampoerna. SOBATKU dikembangkan untuk menjawab perkembangan financial technology (fintech) dengan berbagai fitur nabung dan transaksi yang mudah, gratis dan praktis.



 



Saya kemudian mencoba mendaftarkan diri di tabungan online SOBATKU ini. Tentunya sebelumnya saya sudah meng-instal aplikasinya ponsel android saya. Nah, untuk bisa memiliki tabungan di SOBATKU ini, ternyata caranya sangat mudah. Kita tinggal mengisi data berupa nama sesuai KTP, nomor ponsel, alamat email, tempat tanggal lahir dan tentunya PIN yang akan kita gunakan. Oh ya ada juga pertanyaan keamanan yang berguna saat kita lupa dengan nomor PIN kita.

Jika semua langkah ini sudah dilakukan, maka "Selamat!", anda sudah memiliki rekening tabungan di SOBATKU. Mudah dan cepat sekali ya, prosesnya. Tak perlu ribet keluar rumah dan menunggu lama untuk pembuatan sebuah rekening tabungan. Bahkan kita juga tak perlu repot mengingat nomor rekening karena nomor ponsel yang kita gunakan akan otomatis menjadi nomor rekening tabungan di SOBATKU. Selain itu, menabung di SOBATKU ini juga bebas biaya administrasi loh!



Lalu setelah rekening dibuat, bagaimana cara menabungnya? Nah, di sini SOBATKU menawarkan 4 cara untuk bisa menabung. Pertama lewat bank transfer yang bisa melalui ATM, M-banking atau internet banking. Lalu bisa juga dengan setor tunai di jaringan Alfamrt/Alfamidi. Cara ketiga, bisa juga dengan setor tunai di cabang Sahabat UKM yang tersebar di seluruh Indonesia dan cara terakhir nabung lewat teman.

Dari keempat cara menabung di SOBATKU ini, cara kedua jelas paling menarik. Selama beberapa tahun terakhir, saya malas sekali sekali jika harus mengantri dan menyisihkan waktu untuk menabung di bank. Dengan adanya fitur menabung lewat jaringan ALFAMART, tentunya saya bisa menabung kapan saja saya mau. Bahkan bisa sambil belanja bulanan dengan memanfaatkan uang nganggur dari sisa belanja bulanan tersebut. Tapi harus diingat juga sih, nabungnya minimal 50 ribu ya.

Kalau proses nabungnya mudah, terus bagaimana cara mengambil uangnya? Kan tidak ada kartu ATM?

Nah, sama seperti proses menabung, kita juga bisa tarik tunai di jaringan Alfamart. Untuk proses tarik tunai ini, kita bisa mengambil minimal 50 ribu rupiah dan maksimal 500 ribu rupiah dalam satu kali pengambilan. Ini kayaknya bermanfaat banget kalau misalnya mau belanja di Alfamart tapi lupa bawa dompet. Tinggal bilang deh ke kasirnya mau tarik tunai melalui "Top Up Loket Sahabat", sebutkan nomor ponsel, kemudian sebutkan lagi 6 digit PIN OTP yang diterima lewat SMS ke kasir. Mas/Mbak kasir akan menyerahkan uang yang kita minta.

Selain bisa untuk menabung, SOBATKU ternyata juga memiliki berbagai fitur lain yang tak kalah dengan bank pada umumnya. Melalui aplikasi ini kita bisa tranfer ke rekening bank, bayar tagihan telepon atau listrik hingga beli pulsa. Doain aja ya sebentar lagi SOBATKU juga ada fitur untuk pembayaran belanja di marketplace. Heu.



Keuntungan lain dari membuka tabungan di SOBATKU adalah kita bisa memiliki kesempatan memenangkan Undian Milyaran Rupiah yang dilakukan setiap bulan. Untuk bisa mendapatkan hadiah undian ini, kita tinggal mengumpulkan poin yang didapat dari proses registrasi, upgrade status layanan, dan tentunya meningkatkan saldo tabungan.

Nah, dengan berbagai fitur yang dimilikinya sekarang, tentunya tidak ada alasan dong ya untuk mencoba aplikasi SOBATKU ini. Yuk teman-teman buka tabungan di SOBATKU!

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan SOBATKU. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi

38 comments:

  1. Praktis banget ya mbak nabung pake SOBATKU ini.
    Apalagi nomor rekeningnya gampang diinget.

    ReplyDelete
  2. wuih aplikasi zaman now bangte nih, makin bikin mudah menabung

    ReplyDelete
  3. iya. inovativ ya tabungannya

    ReplyDelete
  4. yup. praktis banget :)

    ReplyDelete
  5. SOBATKU..sudah gratis, praktis nggak pakai meringis pula karena mesti antri sana-sini. Kereeeen!

    ReplyDelete
  6. solusi buat toko online baruku.. metode pembayaran via sobatku :)

    ReplyDelete
  7. Mau nabung pun sekarang udah dipermudah pake sobatku ya mbak... ^^

    ReplyDelete
  8. Transaksi lewat Alfamart apa nggak kena biaya admin? Saya suka sedih kalau bayar2 di sana ternyata kena biaya admin :( Apalagi kalau mau nabung...ya jadi pikir2 lagi

    ReplyDelete
  9. keren nih, mempermudah transaksi khususnya saya yang belum punya atm

    ReplyDelete
  10. SOBATKU .. keren banget, gak ribet dan bisa mempermudah semua transaksi, apalagi belanja online (y)

    ReplyDelete
  11. Wah eny baru tau sama sobatkuu pengen nyoba deh nanti hhe.

    ReplyDelete
  12. Baru tau deh bisa lewat Alfamart. Praktis ya mbak, cocok banget nih buat ibu-ibu yang sulit antri ke bank.

    ReplyDelete
  13. Wah.. Skrg zaman udah serba keren yaaa.. Udah ga zaman lagi nabung pake ribet..

    ReplyDelete
  14. Wah aya baru tau nih na antung, sekarang nabung jadi makin praktis dan inovatif ya mba hihihi

    ReplyDelete
  15. Alfamart skrg multi fungsi banget ya. Apalagi gerai nya byk

    ReplyDelete
  16. Aku udah install ini. Membantu banget karena ngisi saldonya bisa
    lewat Alfamart. Jadi solusi banget
    kalo lagi nggak sempat ke bank

    ReplyDelete
  17. enak dong klo sudah nabung, praktis bgt ke alfamart tanpa bawa dompet. heee

    ReplyDelete
  18. yup-yup. bisa hemat waktu kan ya jadinya

    ReplyDelete
  19. iya nih saya juga berharap semoga nanti ada juga buat marketplace fitur pembayaran sobatku

    ReplyDelete
  20. yup. nggak repot jalan ke luar rumah lagi :)

    ReplyDelete
  21. kalau nabung sama tarik tunai nggak kena biaya, mbak

    ReplyDelete
  22. iya, mas. kalau nggak punya atau ketinggalan atm sobatku ini bermanfaat banget

    ReplyDelete
  23. iya. kalau buat fitur belanja online belum ada sih. tapi semoga ke depannya ada fiturnya

    ReplyDelete
  24. ayo dicoba aplikasinya, eny :)

    ReplyDelete
  25. yup. apalagi kalau alfamart-nya dekat rumah. hehe

    ReplyDelete
  26. yup-yup. teknologi memang berkembang terus yaa

    ReplyDelete
  27. iya ayaa. semoga aja ya nantinya sobatku ini fiturnya nambah dan makin keren :)

    ReplyDelete
  28. heeh. jadi makin sering ke alfamart sekarang jadinya

    ReplyDelete
  29. yup. apalagi bank jam operasionalnya cuma sampai sore dan harus ngantri juga

    ReplyDelete
  30. semoga bermanfaat yaa

    ReplyDelete
  31. iya bisa juga tuh begitu. pas mau bayar tinggal ambil uangnya lewat alfamatnya :)

    ReplyDelete
  32. Semoga dapet hadiah undiannya nih, jadi biar nabung terus....

    ReplyDelete
  33. fiturnya bisa melengkapi buat marketplace yang sudah ada nih, semoga sobatku bisa kerjasama dengan marketplace top di indonesia

    ReplyDelete