Wanita Bekerja dan Risiko Terkena Infeksi Saluran Kemih





"W nggak masuk ya, hari ini?" tanya saya pada salah satu rekan kerja saya satu hari di tahun 2015.

"Nggak. Dia sakit. Harus opname," jawab rekan kerja saya tersebut.

Saya langsung terkejut mendengar jawaban beliau. Seingat saya beberapa hari sebelumnya teman saya ini masih sehat-sehat saja.

"Sakit apa, Kak?" tanya saya lagi.

Kakak itu kemudian mendekat pada saya dan sedikit berbisik, "Infeksi saluran kemih."

Saya terdiam sejenak. Infeksi saluran kemih. Rasanya baru kali itu saya mendengar namanya. Penyakit jenis apakah itu? Apa penyebabnya? tanya saya dalam hati.

Setelah kembali bekerja, saya pun menanyakan perihal penyakit yang dideritanya pada teman saya W ini. Rupanya dia terkena infeksi saluran kemih ini disebabkan oleh kebiasaannya menahan pipis saat berada di kantor. Yah, namanya kantor kadang WC harus gantian kan, ya. Belum lagi kadang ada pekerjaan yang suka nanggung untuk ditinggalkan. Jadilah teman saya ini kadang lebih memilih menyelesaikan pekerjaannya terlebih dahulu. Siapa sangka karena terlalu sering menahan pipis ini ternyata membawa masalah untuk teman saya itu.

Saya sendiri kemudian mencari tahu lebih lanjut tentang penyakit Infeksi Saluran Kemih ini. Jadi infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan ini adalah infeksi bakteri yang menyerang daerah saluran kemih pada tubuh. Infeksi ini terjadi karena kuman masuk ke dalam saluran kemih dan bergerak menuju uretra. Penyebabnya sendiri adalah bakteri E Coli yang menempel pada saluran kemih. Untuk gejalanya umumnya sendiri antara lain munculnya keinginan untuk buang air kecil yang lebih sering namun keluarnya sedikit-sedikit dan muncul rasa nyeri saat buang air kecil. Nah, ironisnya, sebagai wanita kita memiliki peluang lebih besar untuk terkena anyang-anyangan ini. Hal ini karena saluran kemih pada perempuan lebih pendek dan lebih dekat dengan anus.



Selain kebiasaan menahan pipis, ternyata ada hal-hal lain yang juga bisa memicu munculnya gejala infeksi saluran kemih ini. Dan jujur saja kadang kita masih menganggap sepele hal-hal tersebut seperti memperhatikan kebersihan pakaian dalam, membersihkan kemaluan dengan benar setelah BAK/BAB, hingga mengecek kebersihan toilet yang digunakan. Sebagai wanita bekerja, kondisi toilet yang digunakan bersama-sama tentunya harus menjadi perhatian. Kalau saya sih lebih senang menggunakan toilet jongkok ketimbang toilet duduk. Namun jika toilet yang ada cuma toilet duduk maka pastikan untuk membersihkan terlebih dahulu bagian dudukan toilet yang akan digunakan.

Agar terhindar dari Infeksi Saluran Kemih, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, yakni:
  • Membersihkan kelamin dengan air bersih.
  • Jika membasuh vagina, lakukan pola dengan  membersihkan dari arah depan menuju belakang (vagina menuju anus) agar bakteri dari anus tidak menyebar ke organ intim.
  • Selalu ganti pakaian dalam setiap hari atau dua kali sehari jika sudah terasa tidak nyaman
  • Jangan biasakan menahan kencing.
  • Minum air mineral yang cukup, 8 gelas perhari.
  • Biasakan buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seksual.
Lalu bagaimana dong kalau sudah kena gejala infeksi saluran kemih? Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja memeriksakan diri ke dokter. Selain itu kita juga bisa mengkonsumsi produk yang bisa mengatasi gejala-gejala yang timbul dari infeksi saluran kemih. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Prive Uricran Cranberry Extract. Uricran ini merupakan salah satu produk dari Combhipar yang mengandung ekstrak buah cranberry yang dipercaya dapat menghilangan gejala Infeksi Saluran Kemih.
Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry Sediaan: Kapsul Dosis: 1-2 Kapsul / Hari Isi per Box: 30 Kapsul / Box


Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Sediaan: Powder Sachet Dosis: 1-2 Sachet / Hari Isi per Box: 15 Sachet / Box

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, dan sebagai antioksidan.

Produk Uricran sendiri terdiri atas 2 jenis yakni kapsul dan sachet. Kita tinggal pilih mau menggunakan produk yang mana. Untuk produk kapsul, kita bisa mengkonsumsinya sebanyak 1-2 kapsul/hari. Adapun untuk produk sachet kita tinggal menyeduhnya sebanyak 1-2 sachet/hari. Jadi, bagi teman-teman yang mulai merasa sering bolak-balik ke toilet karena pipis yang tak teratur, tidak ada salahnya untuk mencoba produk ini :)

19 Comments

  1. Mbaa, sebagai ibu bekerja, aku juga kuatir nih kalau terkena ISK
    Terima kasih sudah berbagi ya. Minum Urican memang pilihan yang tepat ya mba

    ReplyDelete
  2. iya nih, mbak. apalagi aku kerjanya sering duduk dan suka lupa minum. harus lebih hati-hati

    ReplyDelete
  3. Lha aku yg ibu rumah tangga juga kadang saking sibuk ngurusin atau beberes rumah, sering menunda buang air kecil yang ujung2nya malah bikin anyang-anyangan.

    ReplyDelete
  4. kadang memang kalau lagi sibuk kerja suka tahan pipis ya padahal bisa bahayaaaa makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  5. iya nih, biar sibuk harus tetap jaga kebersihan dan kesehatan ya :)

    ReplyDelete
  6. Kadang kalo meeting aku suka nahan kencing lho Mbak.. Duh semoga nggak berujung pada anyang-anyangan.. Apalagi sekarang ada uri-cran ya.. Thanks infonya Mbak.. :)

    ReplyDelete
  7. Saya ngalamin pas hamil besar kemarin. Ampek sekarang masih sering kambuh anyangan-anyangannya. Kalo pipis juga sakit. Hikz hikz…

    ReplyDelete
  8. Isshh, ngeri juga, aku juga seorang wanita yang bekerja. Dan merasa berdosa setelah membaca tulisan ini, karena aku kadang-kadang menahan kencing kalau lagi sibuk-sibuknya dengan pekerjaan :(

    ReplyDelete
  9. udah parah banget isk nya ya sampe opname..

    ReplyDelete
  10. harus banyak minum putih juga ya, apalagi kl bekerja di ruang ac, kita jarang haus. Aku dulu sedikit minum dan serung kena tp setelah banyak minum akhirnya gak pernah lagi

    ReplyDelete
  11. kalau kerjaan nanggung memang suka nahan-nahan pipis ya von. heu

    ReplyDelete
  12. iya, mbak. selain karena fokus ngerjain kerjaan bisa juga karena ngantri wc :)

    ReplyDelete
  13. yup. mbak :)

    ReplyDelete
  14. kadang meeting memang susah ditinggalin ya, mbak :)

    ReplyDelete
  15. wah semoga nanti sembuh ya, mbak anyang-anyangannya

    ReplyDelete
  16. aku juga masih sering begitu. heu

    ReplyDelete
  17. heeh kayaknya. beberapa kali sering kambuh juga

    ReplyDelete
  18. iya nih mbak saya juga termasuk yang suka lupa minum air putih. sekarang sih selalu sedia 1 gelas besar biar rajin minum air putihnya

    ReplyDelete
  19. saya juga suka nahan pipis, soalnya emang nggak nyaman kalau nggak di toilet di rumah…untungnya sih rumah nggak begitu jauh mbak masih bisa pulang. Tapi kalau keseringan pulang ya bisa diamuk ma bos hehehehe

    ReplyDelete
Previous Post Next Post