Federal Matic Oli dengan 2x Revolusi Dingin untuk Motor Matic

"Motormu kayaknya sudah waktunya ganti oli, nih. Nggak enak dipakainya," kata suami saya setelah menggunakan Honda Beat saya beberapa waktu yang lalu.

Saya hanya nyengir mendengar perkataan suami tersebut. Jujur saat itu saya lupa kapan terakhir kali saya mengganti oli motor matic saya tersebut. Sebagai wanita, memang salah satu kelemahan saya adalah abai dalam hal perawatan motor. Pokoknya selama masih bisa hidup dan jalan saya akan menganggap motor itu baik-baik saja.

Payahnya, motor matic ini tidak seperti motor manual yang kalau ngadat masih bisa diutak-atik businya. Jadi kalau motor sudah mulai mogok, baru deh kepikiran untuk membawa si kuda besi ke bengkel. Padahal ya, melakukan perawatan rutin seperti mengganti oli motor bukan hal yang sulit. Tinggal beli trus isi selesai deh.



Oli motor sendiri memiliki banyak kegunaan untuk motor, diantaranya:

Mencegah keausan pada permukaan bagian-bagian mesin

Dalam melakukan pekerjaannya, gesekan yang terjadi antara mesin-mesin motor lama-kelamaan bisa mengakibatkan mesin-mesin tersebut menjadi aus. Karena itulah keberadaan pelumas sangat diperlukan untuk meminimalisir terjadinya gesekan keras pada bagian-bagian mesin tersebut. Jika tidak menggunakan pelumas, gesekan-gesekan yang terjadi antar mesin akan menyebabkan bertambah besarnya tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan operasional mesin.

Sebagai penghantar panas

Gesekan yang terjadi antar mesin tentunya akan menghasilkan panas. Keberadaan oli sebagai penghantar panas ini adalah membuat panas yang dihasilkan tersebut bisa terdistribusi dan terserap dengan baik, sehingga bisa memperpanjang usia mesin.

Mencegah timbulnya karat pada bagian mesin

Seperti yang kita tahu, material-material pada mesin rentan terkena karat. Apalagi jika tanpa pelumasan yang baik, bagian mesin akan cepat berkarat dan menimbulkan kemacetan pada operasionalnya, dan tentu saja, akan menghambat proses operasional kerja penggunaan mesin. Nah dengan adanya rutinnya dilakukan ganti oli akan mencegah timbulnya karat pada mesin motor.

Sebagai pembersih

Oli mesin juga bisa berfungsi sebagai pembersih mesih. Kadang tanpa kita sadari, dalam proses operasionalnya debu bisa menempel pada mesin. Adanya oli mesin akan memastikan kotoran tidak menempel pada bagian mesin yang terlumasi sehingga mesin bisa bekerja dengan baik dan lancar.

Sebagai penutup celah pada dinding mesin

Biasanya, pada sebuah mesin ada beberapa celah yang dibuat untuk menghindari kerusakan yang ditimbulkan akibat terjadinya gesekan yang disebabkan perputaran pada bagian mesin. Oli mesin akan memastikan bahwa tiap celah ini akan tertutupi dengan sempurna selama proses operasional kerja mesin dan menghindarkan dari potensi masuknya kotoran debu yang dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin itu sendiri.

Dalam memilih oli motor sendiri, sebaiknya kita juga mengetahui beberapa hal dasar yang bisa menjadi pertimbangan. Oli motor terbaik akan membuat tarikan mesin lebih enteng, oli tidak mudah berkurang, dan tentunya  irit bensin. Nah, bicara soal oli motor ini, ternyata ada loh produk oli yang khusus untuk motor matic seperti milik saya. Produk tersebut adalah Oli Federal Matic 2x Revolusi Dingin.

Oli Federal Matic 2x Revolusi Dingin ini merupakan salah satu produk dari Oli Federal yang memiliki Heat Protection Formula. Zat ini merupakan salah satu aditif yang berfungsi menjaga mesin berada dalam suhu yang stabil dan tidak mengalami panas berlebih. Hal ini tentunya yang bisa membuat motor menjadi 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, 2x Lebih Bandel. Wah, pastinya asyik banget dong ya kalau motor kita bisa seperti itu. 

Nah, dengan kelebihan yang dimilikinya ini, tentunya saya tak ragu dong memilih Oli Federal Matic untuk Honda Beat saya nanti. Apalagi kayaknya sudah saat lagi nih motor saya ganti oli :)



Referensi :

Federaloil.co.id

agenoli.com

20 comments:

  1. Naaa..ini ni oli yg kayak gini yg dicari, bikin mesin awet y mbak trnyat federal oil ini...nice info mbakkk...

    ReplyDelete
  2. Tosss laaaah... aku juga suka lupa kapan terakhir ganti oli. Baru pas mogok cuma bisa nyengir kuda. Dulu Babeh sampe berbusa tiap bulan ingetin untuk ganti oli. Kalau sekarang ada suami yang ngingetin plus ngasih uangnya kwkwkwk

    ReplyDelete
  3. aku aja kadang diingatin juga nggak langsung kebeli. hehe

    ReplyDelete
  4. iya, mbak. patut dicoba nih olinya :)

    ReplyDelete
  5. hahhahaa ini sama banget. Kadang suka males ganti oli. terus suka bingung juga kan, oli yang bagus buat matic itu yang gimana. Blognya cucok banget. Makasih infonya ya :)

    ReplyDelete
  6. iya. kalau ditanya paling bilangnya terserah mas bengkelnya aja. hehe

    ReplyDelete
  7. Kualitas oli dari Federal Oil memang sudah gak diragukan lagi deh, secara oli ini kan oli legend, sudah ada dari dulu. Good luck buat lombanya ya. BTW saya juga ikutan loh, kuylah mampir sejenak di blog Ndeso saya ya…. Thanks dan salam kenal

    ReplyDelete
  8. iya mba aku juga sering anter suami ganti oli, padahal aku lupa tiap berapa bulan sih harus ganti :)

    ReplyDelete
  9. Aku cowok tapi g ngerti otomotif. Bahkan kadang lupa motor sendiri kalo diparkir di tempat umum. Ahahah….

    Untuk masalah oli biasanya sih ada bapak. Bapakku kerja di bengkel… Jadi anaknya manja. Kalo ada apa apa tinggal ngomong kr bapak. Huhu

    ReplyDelete
  10. Kami juga memakai federal matic mbak, cocok banget

    ReplyDelete
  11. memang kalau untuk motor honda yang paling pas olinya ya federal ini :)

    ReplyDelete
  12. iya, ya mas. nama federal ini memang sudah terkenal yak

    ReplyDelete
  13. padahal rutinnya 3 bulan sekali, ya, mbak. tapi saya selalu bablas nih ganti olinya. heu

    ReplyDelete
  14. nggak semua cowok ngerti motor ya. adik laki-lakiku juga begitu. heu

    ReplyDelete
  15. mantap, mbak! :)

    ReplyDelete
  16. iya, ya, mbak :)

    ReplyDelete
  17. Aku udah pakai federal oil sejak lama. Dan motorku gapernah rewel walaupun dipake keluyuran jauh banget :D

    ReplyDelete
  18. memang bagus ya berarti oli federalnya :)

    ReplyDelete
  19. Federal Oli itu emang yahud mbak, dan salah satu oli yang sering saya pake. Apalagi buat motor yang sering banget diajak jalan-jalan. hehe klo sampean juga make berarti mbaknya smart :) (y)

    ReplyDelete
  20. Saya juga federal oil ni mbak, memang rajanya dingin federal ini.

    ReplyDelete