5 Penyanyi Playback Pria Bollywood yang Wajib Diketahui

Bagi yang gemar menonton film Bollywood, sudah pasti tahu kalau film Bollywood takkan lengkap tanpa lagu dan tari-tarian. Adegannya pun tak tanggung-tanggung. Ada yang tokoh utamanya bernyanyi dan menari di tengah hujan, trus kadang dengan ajaibnya bisa pindah lokasi dari gunung ke laut. Para aktor Bollywood ini juga tahan banget dengan udara dingin. Adegan menyanyi di salju tapi pakaiannya serba tipis. Luar biasalah para pemain film India ini. Heuheuheu.

Dulunya saya mengira lagu-lagu yang kita dengar dalam film Bollywood ini dinyanyikan sendiri oleh pemainnya. Tambah keren dong ya. Sudah jago akting, suara cakep pula. Namun setelah bertahun-tahun mengikuti film Bollywood akhirnya saya pun mengetahui ada orang lain lain di balik adegan nyanyian Shahrukh Khan dan Kajol di Kuch-kuch Hota Hai dan tentunya film-film Bollywood lainnya. Saya sendiri mengetahuinya setelah membeli kaset soundtrack Kuch-kuch Hota Hai saat masih SMA dulu. Dari situlah saya tahu para penyanyi latar ini. Mereka ini kalau di kredit film disebut sebagai "Playback Singer."

Playback Singer ini sendiri suaranya kadang cocok-cocokan loh. Misalnya playback singer A cocoknya untuk aktor B, dan begitu pula sebaliknya. Namun biasanya sih satu playback singer ini bisa mewakili beberapa aktor/aktris sekaligus. Makanya dulu saya suka bingung kok ini artis pas ngomong sama nyanyi suaranya sama dengan artis yang di film itu. Ternyata playback singer-nya sama. Hehe.

Nah, untuk kali ini saya akan membahas 5 penyanyi playback singer pria yang suaranya kerap kita dengar di film-film Bollywood.
Udit Narayan



Udit Narayan merupakan salah satu penyanyi playback pria yang mungkin suaranya paling sering kita dengar di film-film Bollywood. Penyanyi yang berasal dari Nepal ini kerap menjadi playback Singer untuk Shahrukh Khan, Aamir Khan, dan aktor-aktor lain di tahun 90-2000an. Suaranya yang enak didengar dan kayak nggak pakai usaha mungkin menjadi alasan mengapa Udit Narayan bisa mendominasi dunia playback singer di tahun 80 hingga 2000-an. Bagi yang ingin mendengar suaranya, bisa tuh dicek di lagu Kuch-kuch Hota Hai.




Kumar Sanu



Kumar Sanu juga merupakan playback singer yang terkenal di tahun 80-90an. Kalau didengar sepintas suaranya agak mirip dengan Udit Narayan namun sedikit lebih ngebass. Kumar Sanu juga termasuk penyanyi yang kerap menjadi playback singer untuk Shahrukh Khan, misalnya seperti di lagu Ladki Badi Anjani Hai ini:



 Sonu Nigam



Nah, jika Udit Narayan dan Kumar Sanu dikenal memiliki suara renyah yang enak didengar, maka Sonu Nigam memiliki suara lembut dan bening, cocok untuk lagu romance. Sonu Nigam sendiri mulai saya ketahui namanya dari film Kal Ho Naa Ho yang dibintangi Shahrukh Khan.




Vishal Dadlani



Vishal Dadlani sebenarnya lebih dikenal sebagai komposer musik yang berduet dengan Shekar Ravjiani. Sebelum memulai karir sebagai komposer, Vishal sudah terlebih dahulu menjadi seorang penyanyi rock. Dengan jenis suaranya yang nge-rock ini, suara Vishal kerap digunakan untuk lagu-lagu nge-beat. Salah satu contohnya adalah lagu Dhoom Again untuk film Dhoom 2 yang dibintangi Hritik Roshan.



 Arijit Singh



Arijit Singh menjadi fenomena setelah sukses menyanyikan ost. Aashiqui 2 di tahun 2013 yang berjudul Tum Hi Ho. Setelahnya, hampir semua film romance Bollywood setelah Aashiqui memakai suara Arijit Singh dalam lagunya. Memang sih ya suaranya yang menyayat itu pas banget untuk lagu romantis. Tapi Arijit Singh tak hanya jago menyanyikan lagu mellow loh. Beberapa lagu nge-beat juga berhasil dibawakannya dengan baik. Nah bagi yang penasaran dengan Arijit Singh, inilah dia lagu yang membawanya ke puncak popularitas.



Itulah dia beberapa playback singer pria Bollywood yang suaranya kerap kita dengar di film-film Bollywood. Semoga bermanfaat yaa.

10 comments:

  1. Jd mksdnya yg nyanyi di film itu bukan artisnya, tp si playback singer ini ya mba? Aku bisa dibilang cm 2-3x sih nonton india.. Itu jg bukan yg model nari2 :p. Jd ga begitu ngeh dengan lagu2nya ini

    ReplyDelete
  2. sosok belakang layar, suaranya tersebar dimana2 namun muka mereka sangat jarang tampil di televisi,,,untung ada artikel in jadi bisa nambah pengetahuan

    ReplyDelete
  3. bukan, mbak. ada penyanyi khususnya :)

    ReplyDelete
  4. semoga bisa bermanfaat yaa :)

    ReplyDelete
  5. sayangnya saya gak suka nonton film india mbak, saya sukanya nonton film action sama comedy.. hehehe

    ReplyDelete
  6. selera orang beda-beda ya, mas :)

    ReplyDelete
  7. terima kasih :)

    ReplyDelete
  8. I love Bollywood movie apalagi kalo yang main aa Ukhan heheuuu baru tau nih wajah asli penyanyi nya tfs ya mba duh jadi pengen nonton lagi film nya

    ReplyDelete
  9. iya aku juga baru beberapa tahun ini tahu muka-muka penyanyi playback ini :)

    ReplyDelete