5 Menu Asam Manis untuk Sahur




"Bangun-bangun! Sudah waktunya sahur," begitu biasanya para ibu membangunkan anggota keluarganya saat jam sahur di bulan Ramadan.

Tak lama, satu persatu anggota keluarga pun beranjak dari tempat tidurnya. Di meja makan tampak sudah siap beberapa menu untuk disantap subuh itu. Sayangnya begitu para anggota keluarga sudah berkumpul di meja makan menu yang disajikan tersebut hanya sedikit yang disentuh.

"Kok sahurnya dikit? Ntar lemes loh," kata si ibu saat melihat anaknya makan hanya beberapa sendok makan.

"Nggak selera, Bu," begitu jawab si anak sambil mengelap tangannya yang baru saja dicuci.

Mendengar jawaban si anak, ibupun hanya bisa menghela nafas.

***

Fragmen di atas mungkin sering terjadi di sekitar kita. Memang salah satu permasalahan yang kerap timbul saat sahur adalah kurang berseleranya kita untuk makan. Ya, wajar aja sih. Bangun subuh mata masih kriyep-kriyep eh langsung disuruh makan. Belum lagi kadang menu yang disajikan sangat tidak menggugah selera. Makin hilanglah selera makan kita saat melihatnya. Karena itulah kadang seorang ibu yang biasanya bertanggung jawab akan menu sahur harus pintar-pintar mengatur menu sahur untuk keluarga.

Kalau saya pribadi sebenarnya tidak terlalu bermasalah dengan menu apapun, mengingat saya selalu lahap makan saat sahur (asal ada ikannya). Meski begitu ada salah satu menu sahur praktis yang sangat saya sukai jika disajikan saat jam sahur. Menu sahur tersebut adalah menu asam manis. Duh, kalau ibu saya sudah menyiapkan menu ini untuk sahur bisa dipastikan saya nambah berkali-kali. Mungkin karena perpaduan rasa asam dan manis itu ya yang membuat lidah bergoyang.

Untuk resep olahan asam manis ini sendiri biasanya sangat simpel. Cuma perlu bawang merah/bawang bombai, bawang putih, cabe, tomat dan sedikit air asam jawa/jeruk nipis untuk menambahkan rasa asam di masakannya. Masaknya pun nggak pakai lama dan kadang bisa dimakan berkali-kali. Nah, berikut adalah beberapa olahan asam manis yang bisa jadi pilihan untuk sahur:

Ikan Telang Asam Manis


Iwak telang atau yang biasa disebut tenggiri merupakan salah satu menu sahur yang selalu saya tunggu. Tenggiri yang digunakan tentu saja yang sudah dikeringkan dong ya. Biasanya ibu saya menambahkan sedikit gula merah untuk olahan telang asam manis ini. Selain enak dan menggugah selera, ikan telang asam manis ini juga bisa dinikmati sampai berhari-hari loh asal terus dipanaskan. Tapi ya kadang ikan telang asam manis udah habis dicemil duluan. Heu.

Resep :
  • Ikan asin telang tenggiri ( atau yang lain ), potong, cuci lalu goreng.
  • Air asam jawa
  • Gula merah, sisir
  • Cabe merah dan hijau , potong-potong
  • Cabe rawit bila suka pedas
  • Tomat atau belimbing wuluh , potong-potong
  • Bawang merah dan putih, iris tipis.
 Cara membuat
  1. Tumis bawang merah dan putih hingga wangi.
  2. Masukkan air asam gan gula merah.
  3. Bila gula merah sudah larut, masukkan ikan asin, cabe dan tomat, matangkan.
  4. Siap disajikan.

Ikan Pindang Asam Manis


Selain ikan telang, ikan pindang juga merupakan salah satu menu asam manis kesukaan saya. Cara pengolahannya juga tak jauh berbeda dengan ikan telang asam manis. Nah, biar asinnya nggak kebangetan biasanya si pindang ini direndam terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa garamnya.

Resep :
  • Ikan pindang asin, rendam dulu biar asinnya hilang
  • Air asam jawa
  • Cabe merah dan hijau , potong-potong
  • Tomat atau belimbing wuluh , potong-potong
  • Bawang merah dan putih, iris tipis.
 Cara membuat
  1. Tumis bawang merah dan putih hingga wangi.
  2. Masukkan udang. cabe dan tomat
  3. Tambahkan gula dan garam
  4. Masukkan air asam, tunggu hingga matang

Mandai

Bagi orang Banjar, mandai jelas bukan makanan asing lagi. Penganan yang terbuat dari kulit cempedak ini termasuk selalu ditunggu kehadirannya. Maklumlah, ya, dia hadirnya musiman. Untuk mengolah mandai ini, ada yang mengawetkannya dengan direndam di air garam, ada juga yang memasaknya langsung setelah kulitnya dibersihkan. Selain diolah menjadi menu asam manis, mandai juga bisa digoreng langsung seperti menggoreng ikan atau bisa juga dibikin masak pedas.

Resep :
  • Mandai
  • Cabe merah dan hijau , potong-potong
  • Tomat 
  • Bawang merah dan putih, iris tipis.
 Cara membuat
  1. Mandai digoreng kering/setengah kering, tiriskan
  2. Tumis bawang merah dan putih hingga wangi.
  3. Masukkan mandai, cabe dan tomat
  4. Tambahkan gula dan garam, tunggu hingga matang

Perut Ikan Gabus/Haruan Asam Manis

Saya baru mengenal olahan perut ikan gabus/haruan ini beberapa tahun yang lalu. Saat itu ada acara halal bihalal di rumah salah satu rekan kerja, dan salah satu menunya adalah perut ikan gabus/haruan ini. Waah, asli deh saya langsung suka sama olahannya yang lagi-lagi dibikin asam manis. Hihi. Saya sendiri pernah mencoba mengolah sendiri perut ikan gabus/haruan ini. Namun mungkin karena kurang pintar mengolahnya jadi bau amisnya masih terasa. Perut ikan gabus/haruan ini bisa didapat dari para penyiang ikan haruan yang ada di pasar. Biasanya saat menyiang ikan gabus/haruan, para penyiang ikan ini akan mengumpulkan bagian perutnya untuk ditawarkan kembali kepada mereka yang berminat.

Resep :
  • Perut ikan gabus yang dilumuri jeruk nipis
  • Cabe merah dan hijau, potong-potong
  • Tomat 
  • Bawang merah dan putih, iris tipis.
 Cara membuat
  1. Tumis bawang merah dan putih hingga wangi.
  2. Masukkan perut ikan gabus
  3. Masukkan cabe dan tomat
  4. Tambahkan gula dan garam, tunggu hingga matang
  

Udang Asam Manis


Udang merupakan salah satu makanan favorit saya sepanjang masa. Mau itu udang sungai atau udang laut saya tetap suka. Di rumah saya sendiri, udang paling sering dimasak asam manis dan termasuk menu yang sering menjadi rebutan antara saya dan adik. Apalagi kalau jenis udang yang dimasak itu udang sungai yang ukurannya agak besar. Duh, pasti ibu saya wanti-wanti agar makannya jangan banyak-banyak. Heuheu.

Nah, kalau hal yang paling bikin malas dari si udang ini adalah proses menyiangnya, apalagi kalau yang dibeli itu jenis udang sungai yang kecil-kecil. Asli deh bikin jari-jari mengembang saat menyianginya. Lucunya saya paling anti membeli udan yang sudah dikupas duluan. Selain karena harganya yang sedikit lebih mahal, saya juga selalu beranggapan kalau udang tersebut sudah tidak segar lagi. Karena itulah kalau berbelanja udang saya selalu memilih yang ukurannya agak besar atau udang laut.

Resep udang asam manis

  • Udang yang sudah disiang
  • Air asam jawa
  • Cabe merah dan hijau , potong-potong
  • Tomat atau belimbing wuluh Bawang merah dan putih, iris tipis.
 Cara membuat
  1. Tumis bawang merah dan putih hingga wangi.
  2. Masukkan udang. cabe dan tomat
  3. Tambahkan gula dan garam
  4. Masukkan air asam, tunggu hingga matang

Itulah dia 5 menu asam manis pilihan saya untuk sahur. Untuk resep tentunya tidak harus seperti yang saya tuliskan dan tergantung yang masak sukanya seperti apa. Nah, kalau kamu, sukanya menu apa?

22 Comments

  1. Suamiku juga suka sama masakan yang berbumbu asam manis mba, makanya aku jadi ikut-ikutan deh. Hehe.
    Dari 5 menu itu telang asam manis paling favorit deh, apalagi siang-siang bareng nasi panas, sayur bening, dan teh es.
    Duh, puasa ya, jadi pengen buka pake masak asam manis deh

    ReplyDelete
  2. kalau di rumahku yang doyan iwak telang dan pindang asam manis ini cuma aku sama mamaku. jadilah kalau bikin menu itu aku sendiri yang ngabisin berhari-hari. wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Makanan asam manis emang bikin seger, apalagi buat sahur.. karena Raya masih kecil blm ikutan sahur jd blm bisa protes soal makanan :D Kl buat suami sahur yg penting ada sayur & sambel biar lbh selera katanya..

    ReplyDelete
  4. Udang tepung asam manis, enak. Anak-anak jadi berselera makan.

    ReplyDelete
  5. bumbunya minimalis ya...sering pakai bumbu semacam ini tapi minus air asam/jeruk nipis, coba ah kapan-kapan. terimakasih tips nya mbak...

    ReplyDelete
  6. wah suaminya nggak ribet ya, mbak. kalau suami saya dikasih pete aja kayaknya biar lahap makannya. heu

    ReplyDelete
  7. waa jadi pengeeen. hihi

    ReplyDelete
  8. moga sukses ya bikinnya, mbak :)

    ReplyDelete
  9. Suka udang, tapi di sini cuma musim dingin aja melimpah jadi agak sedih juga jarang makan keluarga ikan.

    ReplyDelete
  10. Tdnya aku berharap ada fotonya :). Ada bbrp makanan yg aku ga kebayang, kyk mandai dan perut ikan haruan :D. Coba aku google deh mba.. Penasaran bgt itu seperti apa :D

    ReplyDelete
  11. nggak punya foto koleksi pribadi soalnya. semoga ketemu gambarnya yaa :)

    ReplyDelete
  12. kalau di India kayaknya jarang ada menu ikan, ya, mbak?

    ReplyDelete
  13. Ooo dikasih air asam jawa atau jeruk nipis yah? Saya pakai saos tiram, hehe. Tapi rasa asin ajah sih, gak terlalu suka asam. Kemarin nyetok banyak soalnya cek di priceza.co.id lagi promo...lumayan saos tiram bisa buat menu sate juga

    ReplyDelete
  14. kalau di rumah jarang masak pakai saus tiram, mbak. pernah nyoba masak pakai saus tiram malah nggak laku makanannya. heu

    ReplyDelete
  15. Paling sukaaa sama ikan pindang asam manis. Ribet gak sih mbak cara bikinnya ? pingin bikin sendiri apa daya badan males bergerak. Hahaha

    ReplyDelete
  16. bikinnya sih gampang aja, mbak. bawang merang, bawang puting digoreng trus masukin ikannya, masukin cabe, kasih air asam sama gula. tapi aku juga kadang suka gagal nih masaknya. seringnya dimasakin ibu. hehe

    ReplyDelete
  17. aduh, semua menu asam manis saya suka banget mbak. Jadi ngeces gini deh jadinya..huhu
    jadi dapet ide nih, buat sahur mau bikin sayap asam manis ah biar mirip-mirip dikit sama artikelnya mbak, :D

    ReplyDelete
  18. waah kalau sudah jadi bisa dong diposting hasilnya, mbak :)

    ReplyDelete
  19. mbak yg pindang asam manis boleh bagi resepnyakah? Btw baru tau soal mandai...penasaran wujudnya kayak apa sih?

    ReplyDelete
  20. kalau yang pindang itu resepnya : bawang merah, bawang putih ditumis, trus masukin lombok habis itu masukin ikan pindangnya trus kasih air asam, tambah gula. bisa juga ditambah tomat. gitu aja sih biasanya. biar nggak terlalu asin pindangnya direndam dulu.
    kalau mandai mungkin bisa lihat di sini https://ayanapunya.wordpress.com/2013/02/12/mengolah-mandai/

    ReplyDelete
  21. favorit saya udang asam manis, enaaak banget hehe.Suka nulis tentang kuliner? Coba nulis di belanga.id yuk. Lagi ada kompetisi berbagi foto dan kuliner #JadiKangenIbu. Hadiahnya jutaan rupiah. Cek https://belanga.id/kangenibu/ jangan lupa follow Instagram @belangaindonesia dan like Page FB Belanga Indonesia :)

    ReplyDelete
Previous Post Next Post