5 Film Bertema Penulis

Beberapa waktu yang lalu saya menonton film Genius yang dibintangi oleh Jude Law dan Colin Firth. Film ini bercerita tentang hubungan seorang penulis dengan editornya. Setelah menonton film ini, saya jadi ingat beberapa film lain yang juga bertemakan dunia kepenulisan yang sudah saya tonton. Beberapa diambil dari kisah nyata, namun ada juga yang murni kisah fiktif. Berikut adalah beberapa film berlatang belakang dunia penulis yang sudah saya tonton tersebut:

Genius (2016)


Thomas Wolfe, adalah seorang penulis muda yang sedang berusaha menerbitkan novelnya. Ia mengirimkan naskahnya kepada Max Perkins, seorang editor yang mengorbitkan F. Scott Fitzgerald dan Ernest Hemingway. Meski naskahnya super tebal, namun Perkins dengan insting editornya tetap berniat untuk menerbitkan tulisan Wolfe. Dengan bimbingan Max, Tom pun berhasil menerbitkan novel perdananya yang laris di pasaran.

Genius merupakan film yang menarik karena melalui film ini, saya diperlihatkan bagaimana hubungan seorang editor dengan penulisnya. Max Perkins sendiri dalam film ini digambarkan sebagai seorang editor yang cukup sabar dalam menghadapi Tom yang. Hal lain yang membuat saya berdecak kagum juga adalah bagaimana seorang editor bisa sanggup membaca naskah ratusan lembar. Pantas saja ya nggak banyak editor yang jadi penulis. Mereka terlalu sibuk memeriksa naskah sehingga naskahnya sendiri terbengkalai.

Trumbo (2015)



Dalton Trumbo adalah seorang penulis skenario. Karena keterlibatannya di partai komunis, Trumbo harus menjalani hukuman beberapa tahun di penjara. Selain itu namanya juga di-blacklist dari film Holyywood. Untuk bisa menghidupi keluarganya, Trumbo kemudian menulis skenario dengan menggunakan nama temannya. Naskahnya itu berhasil memenangkan Oscar untuk kategori skenario terbaik.

Setelah menyelesaikan hukumannya, Trumbo memulai kembali karirnya sebagai penulis skenario dengan nama samaran. Ia menulis naskah yang kemudian dikirimkan kepada rumah produksi yang memakai jasanya. Selama beberapa tahun Trumbo menghidupi keluarganya dengan cara ini. Hingga akhirnya Kirk Douglas dengn terang-terangan menggunakan naskah Trumbo dalam film terbarunya.

Hal menarik yang bisa saya ambil dari film ini adalah bagaimana Trumbo sebagai seorang ayah tetap berusaha bertanggung jawab atas keluarganya di saat dirinya berada dalam kesulitan.

Saving Mr. Banks (2013)

Saving Mr. Banks bercerita tentang cerita di balik pembuatan film Mary Poppins. Dalam film ini diperlihatkan bagaimana upaya Walt Disney membujuk P.L Traver, penulis Mary Poppin agar novel miliknya bersedia difilmkan. Alasan Walt Disney begitu bersikeras untuk bisa menjadikan sosok Mary Poppin menjadi nyata adalah karena putrinya yang sangat mengidolakan nanny tersebut. 

Traver sendiri awalnya bersikeras tak ingin Mary Poppin difilmkan. Namun kondisi ekonomi yang buruk pada akhirnya bersedia Mary Poppin diangkat ke layar lebar, namun dengan syarat tidak boleh ada unsur animasi dalam film tersebut. Traver pun terbang ke Amerika untuk turut serta dalam proses pembuatan film Mary Poppin. Sayangnya Traver bukanlah sosok yang menyenangkan untuk diajak bekerja sama. Film pun akhirnya rampung dan sukses besar. Sayangnya di balik kesuksesan Mary Poppins, Traver sempat menyimpan kekecewaan karena salah satu permintaannya tak dikabulkan Disney.

Selain bercerita tentang proses pembuatan film Mary Poppins, Saving Mr. Banks juga mengulik sedikit kisah P. L. Traver di masa kecilnya dan asal usul lahirnya kisah Mary Poppins. Dari film ini, kita juga bisa melihat bagaimana sulitnya bagi seorang penulis saat karakter yang mereka ciptakan akan dijadikan nyata.

Ruby Sparks (2012)



Bagaimana jika tokoh rekaan yang kau tulis muncul di dunia nyata? Begitulah kira-kira premis yang ditawarkan dalam film Ruby Sparks. Seorang penulis best seller bernama Calvin Weir-Fields sedang mengalami kebuntuan dalan penulisan novelnya. Ia kemudian menulis sebuah cerita tentang seorang gadis yang hadir di mimpinya dengan nama Ruby Sparks. Siapa sangka Ruby ini tiba-tiba muncul dalam kehidupannya. Keduanya pun menjalin hubungan. Uniknya, meski awalnya tokoh fiktif, Ruby ini nyatanya bisa dilihat oleh orang-orang di sekitar Calvin.

Hubungan Calvin dan Ruby semakin dekat. Calvin bahkan mengenalkan Ruby pada orang tuanya. Belakangan, Calvin sadar kalau Ruby bertindak sesuai dengan apa yang ditulisnya calam cerita. Hal ini kemudian dimanfaatkan Calvin saat hubungan mereka memburuk. Pada akhirnya, Calvin pun memutuskan untuk menyelesaikan kisah Ruby dalam kehidupannya.

Midnight in Paris (2011)



Midnight in Paris merupakan film karya Woody Allen. Filmnya sendiri berkisah seorang penulis bernama Gil Pender yang sedang berada di Paris bersama tunangannya, Inez. Karena merasa bosan dalam sebuah acara, Gil pun memutuskan untuk keluar. Tak lama sebuah mobil menghampirinya dan Gil pun menumpang di mobil tersebut. Siapa sangka ternyata mobil yang lewat di tengah malam ini membawa Gil ke sebuah tempat bertemunya para penulis tahun 1920-an seperti Fitzgerald, Hemingway dan para seniman lainnya. Gil yang sedang berusaha menyelesaikan novelnya ini tentunya sangat senang bisa bertemu dengan penulis idolanya. Ia bahkan berkesempatan menyerahkan naskah miliknya untuk dibaca oleh Gertrude Stein.

Selain bercerita tentang petualangn magis yang dialami Gil selama di Paris, film Midnight in Paris ini seolah memberikan sentilan pada kita yang kadang beranggapan bahwa masa lalu adalah masa yang lebih baik ketimbang masa yang sedang dijalani. Misalnya para remaja 80-an selalu berkata bahwa masa mereka adalah yang paling asyik, demikian juga remaja tahun 90-an dan berikutnya.

So, itulah 5 daftar film bertema penulis yang sudah pernah saya tonton. Semoga bisa jadi referensi bagi yang baca :)

20 comments:

  1. Bagus2 filmnya, mbak. Tapi belum satu pun yang pernah saya tonton. Balada orang2 yang jauh dari bioskop #eeeaaa

    ReplyDelete
  2. Saya juga modal donlot *sembunyi

    ReplyDelete
  3. saving mrs banks aku udh prnh nonton. menarik jg neh mbak ulasannya, krn aku ngak kepikiran ada film dg tema mirip gini hehehhe

    ReplyDelete
  4. Satu lagi mba antung..judulnya "the words" tapi endingnya bikin nyesek.. :'(

    ReplyDelete
  5. Saya sangat suka nonton film barat, tapi kalau ulasan film yg mbak antung buat ini saya belum ada nonton. Saya jadi penasaran film berjudul Ruby Sparks, baca sepenggal ulasannya aja sdh buat saya penasaran.

    ReplyDelete
  6. wah, satupun belum afa yang kutonton. eh tapi ada sih ttg yg nanny itu. sayangnya enggak tuntas, ketiduran.

    ReplyDelete
  7. ada yg udah ditonton tp yg lain jg bikin penasaran

    ReplyDelete
  8. Saya cuma baru pernah denger yang Midnight in Paris, tapi belum pernah nonton semua. Barat semua ya. hehe

    ReplyDelete
  9. belum pernah nonton semuanya *nangisdipojokan

    aku baru nonton film ghostbumps tentang penulis yg aneka hantu khayalannya keluar dari buku dan rusuh menguasai kota

    cari ah list film ini buat wiken nanti

    ReplyDelete
  10. aku cuma baru nonton midnight in paris :) thanks mbak atas rekomendasinya~

    ReplyDelete
  11. Hehe. Makasih, mbak :)

    ReplyDelete
  12. Oke deh. Ntar kucari filmnya. Makasih, winda :)

    ReplyDelete
  13. Moga ketemu filmnya ya, mbak :)

    ReplyDelete
  14. Alurnya agak ngebingungin yak? He

    ReplyDelete
  15. Ayo ditonton yang lainnya :)

    ReplyDelete
  16. Iya, film barat semua :)

    ReplyDelete
  17. Wah saya belum nonton tuh yang ghostbumps, mbak

    ReplyDelete
  18. Thanks juga udah mampir. Semoga bisa jadi referensi, ya :)

    ReplyDelete
  19. Belom ada satupun yang aku tonton mbak >.<
    Tertarik nonton Genius dan Saving Mr. Banks

    ReplyDelete
  20. met nonton, ya, yan :)

    ReplyDelete